8 Manfaat Biji Pepaya Bagi Tubuh

8 Manfaat Biji Pepaya Bagi Tubuh

Manfaat Biji Pepaya - Banyak orang yang suka mengonsumsi buah pepaya. Namun tidak tahu bahwa biji dari buah pepaya tersbeut, ternyata bisa dimakan loh!. Biji yang mempunyai bentuk bulat kecil dan berwarna hitam tersebut ternyata menyimpan manfaat yang tidak jauh berbeda dari dagingnya. "Mau tau apa saja manfaat dari biji pepaya bagi kesehatan? ". Berikut ini beberapa manfaat biji pepaya yang bisa Anda dapatkan.

Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan

Sebelum menjelaskan tentang khasiat dari biji pepaya, perlu Anda ketahui bahwa biji tersebut mempunyai rasa yang cukup kuat. Oleh karena itu, Anda juga harus bisa mengolah biji tersbeut dengan benar. Selain itu, perlu anda ketahui juga bahwa kandungan yang ada didalam biji pepaya yaitu senyawa polifenol dan flavonoid. Kedua senyawa ini merupakan senyawa fitokimia alami yang berperan sebagai antioksidan. Kandungan biji pepaya lainnya yang tidak boleh terlewatkan yaitu serat yang terkandung didalamnya. Serat pada biji tersebut dipercaya bisa menurunkan kolesterol dan tekanan darah pada tubuh. Berikut ini beberapa manfaat biji pepaya yang berguna untuk kesehatan Anda.

1. Merawat dan Menyehatkan Saluran Pencernaan
Selain daging dari buah pepaya yang sudah cukup populer untuk mengatasi masalah pencernaan, manfaat dari biji pepaya ternyata juga bisa digunakan untuk hal yang sama. Khasiat dari buah pepaya ini didapatkan karena bijinya mengandung senyawa enzim antibakteri yang berguna dalam melawan racun yang membahayakan saluran pencernaan. supaya manfaat dari biji pepaya bisa dirasakan dengan maksimal, Anda bisa mengonsumsi satu sendok biji pepaya setiap harinya.

2. Menjaga Kesehatan Ginjal
Anda yang mempunyai masalah dengan ginjal, sepertinya harus mendapatkan manfaat dari biji pepaya. Mengkonsumsi biji pepaya bisa membantu proses pembuangan racun pada ginjal. Cara mengonsumsinya dengan mengambil ekstrak biji pepaya yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan satu sendok air perasan lemon. Mengkonsumsi dua kali dalam sebulan bisa membuat kondisi ginjal anda semakin sehat.

3. Mencegah Terkena Kanker



Biji pepaya mempunyai kandungan (phytonutrient isothiocyanate) yang mana kandungan tersebut bisa menurunkan risiko terkena kanker dengan signifikan. Jika rutin mengonsumsi biji pepaya, hal tersebut bisa membuat Anda lebih baik dalam mencegah terjadinya kanker prostat dan kanker payudara. Kandungan dari biji pepaya lainnya yaitu likopen. Likopen merupakan antioksidan yang mampu mengurangi radikal bebas penyebab kanker.

4. Mengatasi Parasit Pada Pencernaan
Hasil dari sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa manfaat biji pepaya bisa didapatkan karena enzim proteolytic yang terkandung didalamnya untuk membantu menyingkirkan parasit yang ada di perncernaan. Enzim ini membantu memecahkan protein sekaligus parasit beserta dengan telurnya. Meski demikian, temuan ini terkait dengan hal dibutuhkannya penelitian lanjutan. Supaya khasiat dari biji pepaya optimal dalam menyingkirkan infeksi parasit, Anda bisa mencampurkannya dengan 1 hingga 2 sendok bubuk biji pepaya dalam 1 gelas air hangat. Minumlah di pagi sebelum sarapan selama 3 hari berturut-turut.

5. Mengatasi Inflamasi

Biji pepaya mengandung enzim papain dan enzim chymopapain yang mampu untuk mengurangi inflamasi yang terkait dengan beberapa masalah kesehatan seperti nyeri sendi, asma, asam uarat dan arthritis. Cobalah untuk mengkonsumsi 1 sendok biji pepaya setiap harinya jika peradangan disebabkan karena asam urat atau arthritis.

6. Digunakan Sebagai Anti-bakteri dan Anti-Jamur
Beberapa bakteri seperti Salmonella, E.coli dan Staph bisa dilawan hanya menggunakan beberapa butir biji pepaya saja. Selain itu, biji yang mempunyai rasa yang cukup kuat tersebut juga ampuh menangkal infeksi yang disebabkan oleh virus. Oleh karena itu, cara yang paling ampuh untuk menyembuhkan seseorang yang keracunan dengan mengkonsumsi biji pepaya.

7. Membantu Menjaga Kesehatan Hati



Manfaat dari biji pepaya berikutnya yaitu kemampuannya untuk menyembuhkan sirosis atau kerusakan pada hati kronis. Selain itu, khasiat dari biji pepaya juga mampu untuk menjadi agen detoks bagi organ hati. Cara mengolahnya yaitu tumbuklah 5 sampai 6 biji pepaya dan tambahan pada minuman atau makanan. Konsumsi 2 kali sehari selama sebulan penuh supaya organ hati menjadi lebih sehat.

8. Mampu Mengatasi Nyeri pada Otot
Karena mengandung enzim anti-inflamasi, manfaat dari biji pepaya yang bisa anda didapatkan yaitu menurunkan nyeri pada otot. Mengkonsumsi satu sendok biji pepaya untuk mengatasi masalah terkait nyeri otot.
***
0 Komentar untuk "8 Manfaat Biji Pepaya Bagi Tubuh"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top