Metode Pemotongan dan Jenis-Jenis Mesin Frais

Metode Pemotongan dan Jenis-Jenis Mesin Frais

Metode Pemotongan dan Jenis-Jenis Mesin Frais - Pada artikel kali ini akan membahas mengenai jenis-jenis mesin frais. Mesin frais merupakan salah satu jenis mesin perkakas yang juga banyak digunakan pada proses manufaktur, selain mesin bubut. Mesin frais juga bisa digunakan untuk melakukan proses pemotongan yang mana permukaan benda kerja dikerjakan oleh suatu kumpulan sisi iris pada gigi yang banyak yang disebut pisau frais atau bisa disebut juga dengan milling cutter. Jika pada proses pembubutan, prinsip kerja mesin bubut dengan benda kerja berputar kemudian alat potong yang berupa pahat menyayat dengan gerakan lurus Sedangkan, prinsip kerja pada mesin frais yaitu memanfaatkan pisau frais untuk bergerak berputar, sedangkan pada benda kerja yang  terpasang pada meja dalam keadaan bergerak mendatar, tegak maupun berputar dengan lambat. Bentuk dasar dari masing-masing gigi hampir sama dengan pahat bubut, Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah.
Metode Pemotongan Pada Mesin Frais

Metode Pemotongan Pada Mesin Frais
Pada pemesinan frais ada dua macam cara atau metode pemotongannya. Metode pemotongan mesin frais yang dimaksud yaitu metode atau cara pisau frais melakukan penyayatan terhadap benda kerja, khususnya pada arah pemotongannya. Kedua metode pemotongan tersebut yaitu:
  • Metode pemotongan Up miling Cara ini  dengan memanfaatkan setiap gigi memulai pengefraisan dengan bahan yang tipis, pada permukaannnya tidak akan terjadi pecahan-pecahan. Tatal dimulai dari ujung yang tipis dan beban yang bekerja pada gigi pada waktu pengefraisan berangsur-angsur naik dan pisau frais pada waktu meninggalkan benda kerja secara tiba-tiba. Metode up milling sangat sesuai untuk benda kerja yang menggunakan material keras
  • Metode pemotongan Down miling Metode ini melakukan proses pemotongan dimulai dari bagian tatal yang tebal terlebih dahulu sehingga pada waktu gigi meninggalkan benda kerja turun berangsur-angsur. Ketika melakukan pemotongan awal akan terjadi beban yang maksimum. Metode ini tidak cocok untuk digunakan pada pekerjaan benda-benda tuangan karena benda-benda ini mempunyai permukaan yang keras, namun metode ini lebih cocok untuk benda kerja dari material yang relatif lunak.
Metode pemotongan mesin frais

Jenis-jenis mesin frais

Jenis-jenis mesin frais

Pada dasarnya jenis-jenis mesin frais dibedakan menjadi 2 tipe yaitu mesin frais universal dan mesin frais vertikal

A. Mesin Frais Vertikal
Mesin frais vertikal mempunyai sumbu utama berupa spindel dengan posisi tegak lurus dengan meja mesin. Kepala tegaknya bisa diputar sehingga kedudukan sumbu utama dapat menyudut terhadap sumbu mesin. Selain itu, pada mesin frais vertikal mempunyai spindel yang vertikal pada mejanya dan dapat ditambahkan peralatan yang memungkinkan benda kerja untuk berputar. Alat iris yang digunakan di dalam mesin tersebut yaitu mata end miling. Mesin ini juga dapat digunakan untuk proses pengeboran, reaming tinggal menganti alat potongnya saja untuk melakukan pengeboran pada benda kerja.

B. Mesin Frais Universal
Mesin frais universal memiliki sumbu utama berupa spindel yang terletak sejajar dengan meja mesin. Meja mesin pada jenis ini dapat diputar mendatar dan membuat sudut sekitar 45 derajat ke arah tiang 

***
Tag : Mechanical
0 Komentar untuk "Metode Pemotongan dan Jenis-Jenis Mesin Frais"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top