Mengenal Ragum dan Fungsinya

Mengenal Ragum dan Fungsinya

Mengenal Ragum dan Fungsinya - Ragum merupakan alat bantu yang sangat berguna dalam dunia teknik. Ragum biasanya digunakan untuk mencekam benda kerja yang akan dikerjakan atau diolah. Tanpa adanya ragum, seorang operator akan kesulitan untuk melakukan pekerjaan kerja bangku. Biasanya ragum digunakan dalam melakukan kerja bangku seperti memotong, mengikir dan lain sebagainya. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas "Mengenal Ragum dan Fungsinya".

Bagian Utama Pada Ragum

Bagian Utama Pada Ragum
Rahang atau Mulut Ragum
Rahang ragum merupakan bagian yang bersentuhan langsung dengan benda kerja. Rahang ragum juga berfungsi untuk menahan benda kerja agar tidak bergeser. Pada bagian ini terdiri dari 2 rahang, yaitu rahang gerak yang jaraknya bisa diatur dan rahang tetap.

Slide
Slide merupakan bagian ragum yang bisa keluar atau masuk ke dalam body ragum. Bagian ini dapat membantu rahang untuk bergerak mengatur seberapa jarak yang mampu dijangkau oleh ragum.

Handle
Handle merupakan bagian yang berfungsi untuk mengatur keluar masuknya ulir, Sehingga kalian bisa mengatur seberapa kuat ragum tersebut dapat menjepit benda kerjanya.

Screw Pada Ragum
Screw merupakan bagian yang membantu slide untuk keluar maupun masuk body. Ulir pada screw berperan untuk melakukan poros transportir. Bagian ini penting untuk menunjang kekuatan pencekaman pada ragum.

Body Pada Ragum
Pada bagian badan ragum. Badan ini tidak bergerak. Dan semua bagian ragum terikat pada bagian body.

Alas Pada Ragum
Bagian paling bawah ragum yang berfungsi sebagai tempat pengikat dengan meja kerja.

Pada ragum dibagi menjadi 4 golongan. Yaitu ragum untuk pengerjaan logam, ragum untuk pengerjaan kayu, ragum tangan, dan ragum mesin. Mari kita bahas apa saja perbedaan dan fungsi masing-masing ragum.

Jenis-Jenis Ragum 

Ragum Pengerjaan Logam (Metalworking Vices)


Ragum Pengerjaan Logam (Metalworking Vices)

Ragum yang digunakan untuk menjepit benda kerja berbahan logam biasanya menggunakan (metalworking Vices). Kekuatan pencekaman pada ragum ini sangat kuat. Sehingga memudahkan operator untuk memproses benda kerja. Pada umumnya ragum ini digunakan pada proses kerja bangku seperti, pemotongan, pengeboran, pengikiran, penguliran (dengan melakukan pengerjaan tap atau seney). Ragum ini juga bisa digunakan untuk menjepit benda kerja berbahan kayu atau plastik. Namun, pencekamannya harus lebih hati-hati dibandingkan dengan pengerjaan menggunakan bahan logam. Jika dicekam terlalu kuat, permukaan benda kerja akan rusak bahkan bentuknya dapat berubah.

Untuk peletakannya biasanya ragum ini selalu diikat di bagian atas meja dan sudah didesain khusus untuk pencekaman yang kuat. Rahang pada ragum ini terbuat dari baja yang dikeraskan dan permukaannya dibuat kasar. Hal ini bertujuan supaya pencekamannya lebih kuat dan benda kerja tidak bergeser.

Ragum Pengerjaan Kayu (Woodworking Vices)

Ragum Pengerjaan Kayu (Woodworking Vices)
Ragum jenis ini digunakan untuk benda kerja yang berbahan dasar kayu. Perbedaan dengan ragum pengerjaan logam (metalworking vices) bisa dilihat pada pemasangan ragum di meja kerja. Ragum ini selalu diikat di bagian bawah meja dan umumnya diikat secara permanen. Permukaan rahang pada ragum jenis ini lebih lembut bahkan rata disbanding dengan ragum untuk pengerjaan logam. Sehingga tidak merusak bahkan membekas pada benda kerja yang dijepit.

Ragum Tangan (Hand Held Vices)

Ragum Tangan

Ragum Tangan mungkin tidak asing lagi di dengar. Ragum jenis ini bisa dibawa kemana saja karena tidak perlu diikat pada benda apapun dan ukurannya kecil. Cukup digenggam menggunakan tangan saja kalian bisa mengerjaan kerja bangku dalam posisi yang bermacam-macam. Ragum ini fungsinya hampir sama dengan tang. Namun kekuatan pencekamannya lebih kuat dibandingkan dengan tang biasa. Pada umumnya ragum ini digunakan oleh  pemancing yang ingin membengkokkan mata pancingnya.

Ragum Mesin (Machine Vices)
Ragum Mesin biasanya digunakan untuk menjepit benda kerja pada mesin. Mesin yang menggunakan ragum jenis ini antara lain mesin bor dan mesin frais. Ragum ini digunakan untuk memudahkan pengguna dalam melakukan proses pengeboran, pengefraisan, dan lain-lain. Ragum jenis ini sangat dibutuhkan karena bisa saja proses pada mesin sangat berbahaya bagi operator dan menggunakan ragum ini jauh lebih aman untuk digunakan.

Ragum Mesin Biasa

Ragum mesin biasa

Ragum mesin biasa yaitu ragum biasa yang kedudukannya diikat pada meja mesin. Pemasangan ragum jenis ini harus diperhitungkan dengan benar supaya terpasang lurus pada meja mesin, Sehingga benda kerja yang diproses tidak mengalami  penyimpangan.

Ragum putar (swivel machine vices)
Ragum Putar Yaitu ragum yang rahangnya dapat diputar sesuai dengan kebutuhan. Ragum ini ada tiga macam, yaitu:
  • Ragum putar 1 aksis, Ragum yang bisa diputar 360° secara horizontal. Sehingga memungkinkan operator menggunakan berbagai sudut.
  • Ragum putar 2 aksis, Yaitu ragum yang bisa diputar 360° secara horizontal dan dapat juga membuat sudut secara vertikal sampai 90° Sehingga memungkinkan operator menggunakan berbagai sudut secara horizontal dan vertikal.
  • Ragum putar 3 aksis, Yaitu ragum yang bisa diputar pada 3 aksis. 360° secara horizontal, 90° secara vertikal baik secara melintang maupun membujur. Ragum ini merupakan ragum paling fleksibel dibanding ragum yang sebelumnya.
 ***
Tag : Mechanical
0 Komentar untuk "Mengenal Ragum dan Fungsinya"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top