Fungsi dan Jenis-Jenis Alat Penanda

Fungsi dan Jenis-Jenis Alat Penanda

Fungsi dan Jenis-Jenis Alat Penanda - Pada saat mempelajari dasar ilmu mekanik, pasti kalian akan mengenal jenis-jenis peralatan perkakas sepeti gergaji tangan, alat penanda, alat pemotong dan sebagainya. Semua jenis peralatan perkakas tersebut memiliki peran dan fungsinya masing-masing yang dapat membantu kalian untuk mengolah suatu benda menjadi bentuk yang kalian inginkan. Salah satu peralatan perkakas yang saya bahas kali ini yaitu Alat Penanda, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai "Fungsi dan jenis-jenis dari alat penanda".

Penggores

Penggores

Fungsi dari penggores digunakan untuk membuat garis, khususnya penandaan pada permukaan baja dan logam, penggores juga memiliki beberapa jenis yang sering digunakan, seperti :
  • Penggores sederhana
  • Penggores dengan salah satu ujungnya bengkok.
  • Penggores yang dapat diubah-ubah ujungnya.
  • Penggores dengan ketinggian yang dapat diatur sesui skala yang penggunaanya dilakukan diatas meja pengukuran kerataan. 
Alat Cap (Stampt)

Alat Cap (Stampt)
 
Cap digunakan untuk menandai logam dan beberapa bahan bukan logam dengan nomor, huruf, angka, dan tanda-tanda lainya. cap juga memiliki beberapa jenis, yaitu:
  • Cap nomor
  • Cap huruf
  • Cap tanda
Kemudian pada Cap huruf dan nomor dapat diperoleh dalam set yang terdiri dari : 0,5 0,75 1,0 1,5 2,0 2,5 3,0 4,0 5,0 mm dan seterusnya. 

Penitik 

Penitik

Fungsi dari penitik yaitu untuk membuat titik pusat yang lengkung atau titik-titik garis. Biasanya pada saat mau membuat lubang pada benda kerja, maka semelum dilakukan pengeboran harus di beri tanda terlebih dahulu pada titik yang akan di bor menggunakan penitik.

Jangka

Jangka

Jangka berfungsi sebagi penanda untuk sebuah garis lengkung atau lingkar sesuai sudut yang kita inginkan, jagka dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Jangka tusuk, yaitu untuk melukis busur dan lingkaran dengan teliti.
  • Jangka hati dipergunakan untuk membuat garis pada permukaan logam sejajar dengan sisi benda.
***
Tag : Mechanical
0 Komentar untuk "Fungsi dan Jenis-Jenis Alat Penanda"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top