Alat Pelindung Diri (APD) Mulut dan Hidung Pada Penerapan K3

Alat Pelindung Diri (APD) Mulut dan Hidung Pada Penerapan K3

Alat Pelindung Diri (APD) Mulut dan Hidung Pada Penerapan K3 -  Pada dasarnya alat pelindung diri merupakan alat atau perlengkapan yang wajib digunakan untuk melindungi dan menjaga keselamatan pekerja pada saat melakukan pekerjaan yang mempunyai potensi bahaya atau resiko kecelakaan kerja. Alat pelindung diri (APD) yang harus digunakan sesuai dengan potensi bahaya, sehingga efektif untuk melindungi pekerja sebagai penggunanya. Pada artikel ini, saya akan menjelaskan kepada anda mengenai alat pelindung diri (APD) Mulut dan Hidung pada penerapan K3.

Pengertian Alat Pelindung Mulut dan Hidung
APD mulut dan hidung adalah Alat yang bisa melindungi mulut dan hidung dari partikel-partikel, uap dan gas berbahaya yang bisa mengganggu saluran pernafasan dan membahayakan bagi kesehatan pekerja. Untuk jenis-jenis dari alat pelindung mulut dan hidung yaitu Masker dan Respirator. 

Jenis-Jenis Alat Pelindung Mulut dan Hidung

1. Masker (Penahan Debu)

Masker (Penahan Debu)

Masker adalah alat yang digunakan untuk melindungi alat pernafasan dari risiko bahaya seperti debu, bau dari bahan kimia yang ringan atau partikel kecil yang kasar serta beracun di udara. Untuk bentuk fisiknya bisa dilihat pada gambar dibawah ini

2. Respirator

Respirator

Respirator merupakan alat yang digunakan untuk melindungi alat pernafasan dari resiko bahaya seperti asap solder, bau bahan kimia, debu, uap, gas seperti partikel mist dan partikel fume. Respiarator sering digunakan oleh teknisi mesin solder, operator pengecetan dan proses bahan kimia lainnya.Kemudian respirator terbagi menjadi 4 tipe, yaitu:
  • Non power Air Purifying Respirator (NAPR)
  • Supplied-Air Respirator (SAR)
  • Powered Air-Purifying Respirator(PAPR)
  • Self Contained Breathing Apparatus (SCBA)
Non Power Air Purifying Respirator (NAPR)
NAPR merupakan pemurnian udara dari kontaminasi dan hanya bisa digunakan pada atmosfer yang mengandung oksigen minimal 19.5%> NAPR sendiri memurnikan udara yang terkontaminasi oleh partikel, uap, gas dan aerosol sebelum udara tersebut masuk ke dalam sistem pernapasan. Aliran udara ke dalam sistem pernapasan melalui NAPR dialirkan secara alami oleh pernapasan si penggunanya tanpa ada bantuan dari sistem lain. NAPR terbagi menjadi 3 jenis, yaitu:
  • Respirator Gas dan Uap Biasanya digunakan ketika ada gas dan uap berbahaya di udara. Lalu menggunakan filter kimia untuk menghilangkan gas atau uap yang berbahaya dan dibuat untuk melindungi terhadap gas atau uap serta memberikan perlindungan hanya selama kapasitas menyerap filter ini belum habis.
Respirator Gas dan Uap
  • Respirator Kombinasi Biasanya digunakan dalam atmosfer yang mengandung bahaya dari kedua partikulat dan gas. Kemudian respirator ini memiliki filter dari respirator partikulat dan filter respirator gas/uap dengan massa yang lebih berat.
Respirator Kombinasi
  • Particulate Respirator digunakan untuk menangkap partikel udara seperti debu, kabut dan asap, Lalu respirator ini tidak melindungi terhadap gas dan uap, pada umumnya akan lebih efektif pada saat partikel menumpuk pada raung filter dan konektor antara serat.
Particulate Respirator

Power Air-Purifying Respirator (PAPR)
Merupakan respirator yang pemurnian udaranya dengan menggunakan pompa udara untuk mendorong atau menarik udara menuju repirator atau penyaring. Umumnya pompa udara tersebut menggunakan baterai. Karena PAPR adalah sistem pemurnian udara maka PAPR tidak boleh digunakan pada area Immediate Dangerous to Life and Health (IDLH).

Power Air-Purifying Respirator (PAPR)

Supplied-Air Respirator (SAR)
Merupakan respirator dengan sistem pemberian udara segar dari luar area yang terkontaminasi, supply udara menggunakan selang dari tanki penyimpanan udara. SAR tidak memiliki filter kontaminan udara atau catridge. Jadi kualitas udara yang disuplai sangat tergantung dari udara luar sumber penyimpan udara eksternal

 Supplied-Air Respirator (SAR)
Self Contained Breathing Apparetus (SCBA)
SCBA adalah alat bantu atau pernapasan untuk waktu tertentu sesuai dengan jumlah oksigen yang tersedia pada alat tersebut. SCBA menyimpan udara (oksigen) terkompresi, terkompresi atau oksigen cair, atau bahan kimia yang menghasilkan oksigen. Alat ini tidak memerlukan pasokan udara dari tempat lain atau dari udara luar.
Self Contained Breathing Apparetus (SCBA)


***
0 Komentar untuk "Alat Pelindung Diri (APD) Mulut dan Hidung Pada Penerapan K3"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top