Alat Pelindung Diri (APD) Helmet Pada Penerapan K3


Alat Pelindung Diri (APD) Helmet Pada Penerapan K3

Alat Pelindung Diri (APD) Helmet Pada Penerapan K3 - Pada dasarnya alat pelindung diri merupakan alat atau perlengkapan yang wajib digunakan untuk melindungi dan menjaga keselamatan pekerja pada saat melakukan pekerjaan yang mempunyai potensi bahaya atau resiko kecelakaan kerja. Alat pelindung diri (APD) yang harus digunakan sesuai dengan potensi bahaya, sehingga efektif untuk melindungi pekerja sebagai penggunanya. Pada artikel ini, saya akan menjelaskan kepada anda mengenai alat pelindung diri (APD) Helmet pada penerapan K3.

Pengertian Safety Helmet
Safety Helmet merupakan perlindungan kepala dari benda yang bisa mengenai kepala secara langsung dan menyerap Shock pukulan dari material yang cukup keras. Ciri-ciri dari safety helmet yaitu:
  • Helm harus terdiri dari tempurung keras dengan permukaan yang halus.
  • Lapisan peredam benturan dan tali pengikat ke dagu.
  • Tinggi helm sekurang-kurangnya 114 milimeter diukur dari puncak helm ke bidang utama yaitu bidang horizontal yang mempunyai lubang telinga dan bagian bawah dari dudukan bola mata.
  • Tempurung terbuat dari bahan yang keras, sama tebal dan homogen kemampuannya, tidak menyatu dengan perlinndungan muka dan mata serta tidak boleh mempunyai penguatan setempat
  • Talii pengikat dagu lebarnya minimum 20 milimeter dan harus benar-benar berfungsi sebagai pengikat helm ketika dikenakan di kepala dan dilengkapi dengan penutup telinga dan tengkuk
  • Peredam benturan terdiri dari lapisan peredam kejut yang dipasang pada permukaan bagian dalam tempurung dengan tebal sekurang-kurangnya 10 milimeter dan jaring helm atau konstruksi lain yang berfungsi seperti jaring helm.
  • Helm harus dilengkapi dengan pelindung telinga, penutup leher, pet yang bisa dipindahkan, tameng atau tutup dagu.
  • Helm tidak boleh mempengaruhi fungsi aura dari pengguna terhadap suatu bahaya. Lubang ventilasi dipasang pada tempurung sedemikian rupa sehingga bisa mempertahankan temperaturnya pada ruang antara kepala dan tempurung.
  • Helm harus bida dipertahankan di atas kepala pengguna dengan kuat melalui atau menggunakan tali dengan cara mengaitkan di bawah dagu atau melewati tali pemegang di bawah dagu yang dihubungkan dengan tempurung.
Keliling Lingkaran Bagian Dalam

Keliling Lingkaran Bagian Dalam

Jenis-Jenis Safety Helmet

1. Hard Hat Kelas A

 Hard Hat Kelas A

Dirancang untuk melindungi kepada dari benda yang jatuh dan melindungi dari arus listrik hingga 2.200 Volt

2. Hard Hat Kelas B

 Hard Hat Kelas B

Dirancang untuk melindungi kepala dari benda jatuh dan melindungi dari arus listrik hingga 20.000 Volt.

3. Hard Hat Kelas C

Hard Hat Kelas C

Melindungi kepala dari benda yang jatuh, namun tidak melindungi dari kejutan listrik dan tidak melindungi dari bahan yang korosif

4. Bump Cap

Bump Cap

Dibuat dari bahan plastic dengan berat yang ringan untuk melindungi kepala dari tabrakan dengan benda yang menonjol. Bump cap tidak boleh digunakan untuk menggantikan hard tipe apapun.

Hal-Hal yang Perlu Dihindari Saat Merawat Safety Helmet
  • Tidak boleh menulis atau menggambar dengan tipe-X, Spidol, Cat
  • Tidak boleh mencuci atau membersihkan dengan bahan kimia berbahaya
  • Hindari safety helmet dari paparan sinar matahari secara langsung pada saat penyimpanan
  • Penempelan seal tape yang terlarang
***
0 Komentar untuk "Alat Pelindung Diri (APD) Helmet Pada Penerapan K3"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top