Perbedaan Kaliper Rem Radial dan Rem Axial

Perbedaan Kaliper Rem Radial dan Rem Axial

Perbedaan Kaliper Rem Radial dan Rem Axial - Rem merupakan komponen yang sangat penting dalam sebuah kendaraan, mulai dari moda transportasi darat maupun udara pasti membutuhkan sebuah sistem pengereman. Sebenarnya ada banyak jenis rem yang digunakan oleh kendaraan roda 2 dan roda 4, mulai dari rem yang menggunaka cakram dengan sistem hidrolik maupun pneumatik dan ada yang menggunakan rem tromol dengan sistem mekanik. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai rem yang ada pada kendaraan roda 2, yaitu perbedaan antara kaliper rem radial dan rem axial, Sebenarnya perbedaan dari kedua kaliper rem ini merupakan ilmu lama yang baru saja saya ketahui setelah melihat dan mengetahui langsung dari teman saya. Saya pun baru memahami ke dua perbedaan dari keliper axial dan radial. Untuk memantapkan ilmu tersebut, banyak referensi yang saya dapatkan dari website yang membahas ke dua jenis kaliper tersebut. Untuk memberikan pemahaman mengenai ke dua jenis kaliper tersebut atau mungkin masih ada yang bingung mengenai ke dua jenis kaliper tersebut. Yuk langsung kita bahas bersama-sama.




1. Kaliper Axial ( KONVENSIONAL )

Kaliper Axial ( KONVENSIONAL )

Tipe kaliper yang satu ini banyak di adopsi oleh kendaraan pada umumnya. Seperti pada gambar di atas, secara sederhana untuk mengetahui mengenai kaliper axial bisa dilihat dari baut kalipernya. Baut yang menempel kaliper ke kaki shock ada di sampung. Selain itu pada konstruksi mounting kalipernya tegak dengan arah putaran cakram / Ban. Untuk kekurangan dari kaliper ini terkadang terdapat vibrasi jika rem digunakan berkali-kali dalam jangka waktu yang lama. Untuk kelebihannya sendiri, jenis kaliper rem axial lebih umum digunakan dan harganya lebih murah.

2. Kaliper Radial

Jenis kaliper radial identik dengan kendaraan moge (motor gede), bagi yang paham, penerapannya atau modifikasi kaliper rem ini bisa membuat bangga pemiliknya, karena pada dasarnya moge-moge tahun 2000 ke atas, sudah menggunakan sistem kaliper radial pada kaliper plus shock-nya.

Untuk bentuknya sendiri bisa dilihat pada gambar dibawah ini, dibandingkan dengan kaliper axial, baut pada kaliper radial menempel/ mengikat ke Shock yang ada pada bagian depan/ atas. Keunggulan dari arah kuncian baut searah dengan putaran cakram untuk mengurangi vibarsi dan mengoptimalkan proses pengereman. Untuk kelemahannya sendiri harga yang di tawarkan untuk kaliper ini cuup mahal.



Kesimpulan
Kalo dilihat dari fungsinya, kedua jenis kaliper ini fungsinya sama-sama untuk mengerem. Namun untuk kenyamanan menurut saya lebih nyaman menggunakan kaliper radial. Gimana menurut anda mengenai ke dua jenis kaliper tersbeut? langsung Comment di bawah ya!, Salam Automotive.

***
Tag : Automotive
0 Komentar untuk "Perbedaan Kaliper Rem Radial dan Rem Axial "

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top