Fungsi dari Komponen-Komponen Rem Cakram

Fungsi dari Komponen-Komponen Rem Cakram

Fungsi dari Komponen-Komponen Rem Cakram - Rem cakram, atau biasa disebut dengan (Disc Brake) adalah sistem pengereman yang banyak digunakan dibandingkan dengan rem tromol, hal ini disebabkan karena penggunaan rem cakram mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan rem tromol. Untuk rem cakram sendiri digunakan di kendaraan roda dua maupun roda empat.

Penggunaan rem cakram sedikit berbeda dengan komponen-komponen rem tromol, Namun mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk memperlambat laju kendaraan, menghentikan laju kendaraan dan untuk memungkinkan kendaraan dapat parkir. Pada kesempatan ini, saya akan membahas tentang komponen-komponen pada rem cakram beserta fungsinya. Langsung saja kita bahas di artikel berikut ini.

Komponen-Komponen Rem Cakram (Disc Brake Components)

1. Disc (Cakram)
Disc atau biasa disebut dengn piringan (cakram) pada umumnya terbuat dari beri tuang dan mempunyai bentuk solid dan berventilasi. Pada piringan cakram berputar bersama-sama dengan roda dan mempunyai fungsi sebagai bidang gesek pada rem untuk melakukakn proses pengereman. Piringan rem atau piringan cakram harus berputar stabil dan tidak boleh miring (Run Out), dan rem cakram tidak boleh melebihi batas spesifikasi.

Piringan (disc)

Selain itu pada ketebalan piringan cakram harus sama denagn setiap sisi (Keausan Merata). Jika piringan cakram mempunyai nilai (Run Out) yang melebihi spesifikasi dan ketebalan piringan tidak sama di semua sisi. Maka ketika pedal rem di injak akan terasa bergetar, hal ini berbahaya bagi pengendara pada saat melakukan pengereman.

2. Caliper
Caliper atau bisa disebut dengan silinder atau rumah piston, biasanya terpasang pada Steering knuckle, Sehingga komponen kaliper tidak ikut berputar dengan roda. Kaliper memiliki dua tipe yaitu tipe Floating Caliper dan tipe fixed Caliper. Ke dua tipe tersebut memiliki perbedaannya masing-masing.
Caliper Mobil (rem mobil)
Pada kaliper terdapat komponen piston yang digunakan untuk menerima tekanan hidrolik dari master silinder dan kemudian digunakan oleh piston untuk menekan Pad rem supaya terjadi proses pengereman.

Cara Kerja kaliper
ketika pedal rem diinjak,  maka tenaga dari pengemudi akan diteruskan ke Push Rod dan kemudian ke master silinder. Pada mater silinder tenaga dari pengemudi akan diubah menjadi tekanan hidrolik, kemudian tekanan tersebut akan disalurkan ke kaliper melalui sambungan pada pipa dan selang. Pada kaliper, tekanan hidrolik akan menekan piston, sehingga piston akan menekan Pad rem supaya terjadi proses pengereman.

Saat Pedal Rem Dilepas
Ketika pedal rem dilepas, maka tidak ada tekanan hidrolik yang menekan piston pada kaliper. Sehingga Pad Rem akan kembali ke posisi semula, hal tersebut dikarenakan Pad rem terlempar keluar dari gaya sentrifugal yang terjadi. Sehingga piston akan mengembalikan ke tempat semula karena tertekan oleh Pad Rem. Selain itu gaya sentrifugal yang mengembalikan posisi piston pada posisi semula, Seal yang ada pada kaliper juga berperan penting untuk mengembalikan piston pada tempat semula.

3. Brake Pad (Kampas rem)
Pad Rem merupakan istilah umum yang digunakan untuk menyebut ( Brake Pad ). Brake pad merupakan bagian dari sistem pengereman rem cakram yang berfungsi untuk menekan piringan cakram. Sehingga terjadi proses pengereman karena terjadi gaya gesek.
Brake Pad

Pada Pad rem ditambahkan beberapa komponen, yaitu pegas, klip dan Shims yang digunakan untuk mengurangi terjadinya goncangan, sehingga akan mencegah terjadinya bunyi saat pengereman dilakukan. Komponen pegas, klip dan Shims harus bebas dari karat, Hal ini supaya pada saat anda akan mengerem tidak terjadi rem blong atau Loss, dan Shims dapat digunakan kembali pada Pad rem.

Sekarang penggunaan Pad rem sudah dilengkapi dengan indikator kehausan, Hal ini digunakan pada beberapa model rem cakram. Indikator ini akan menghasilkan suara pada saat Pad rem telah mencapai batas keausan tertentu, sehingga pengemudi akan tahu ketika Pad rem akan habis dan dapat mencegah terjadinya kerusakan pada piringan cakram. Karena permukaan gesek pada Pad Rem telah habis. Untuk lebih jelasnya mengenai indikator yang ada pada Pad rem bisa dilihat pada gambar dibawah ini :


***
Tag : Automotive
2 Komentar untuk "Fungsi dari Komponen-Komponen Rem Cakram"

Makin paham part-part yang digunakan pada rem mobil

Mau nanya ni, kira-kira untuk penggantian kampas rem pada mobil kaau pemakaiannya tiap hari itu di ganti berapa bulan sekali ya?

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top