Jenis-Jenis Gitar Bass Berdasarkan Senarnya


Jenis-Jenis Gitar Bass Berdasarkan Senarnya - Pada artikel kali ini akan membahas mengenai jenis dari  gitar bass berdasarkan senarnya. Mungkin untuk kamu yang ingin membeli atau memilih gitar bass bisa dipengaruhi jumlah senar dari gitar tersebut. Setiap jenis alat musik mempunyai Range atau jangkauan nada masing-masing. Begitu juga pada gitar bass. Jangkauan nada yang dihasilkan dari instrumen gitar bass dapat dipengaruhi dari beberapa faktor.

Pertama, Jumlah dari Fetboard yang terdapat pada instrumen bass. Semakin banyak jumlah Fretboard pada gitar bass, semakin banyak pula jangkauan nada yang dihasilkan oleh bass tersebut. Jumlah Fret dari Instrument bass. Untuk jumlah Fret dari Instrument bass biasanya berjumlah 22 Fret atau 24 Fret. Namun, ada beberapa dari gitar bass memiliki 20 Fret. Contohnya pada gitar bass Fender Precission Classic. ada juga gitar bass yang menggunakan 24 Fret, Contohnya pada gitar bass Tune Maniac.

Kemudian yang kedua adalah jumlah senar yang terdapat pada Instrument bass. Berikut ini merupakan Jenis-Jenis Gitar Bass Berdasarkan Senarnya.

1. Gitar Bass yang Memiliki 4 Senar.

Gitar Bass 4 senar

Biasanya, gitar bass yang umum digunakan memiliki 4 senar dengan konfigurasi tuning open string yaitu E A D G (dari rendah ke tinggi).

2. Gitar Bass yang Memiliki 5 Senar. 

Gitar Bass 5 Senar

Sama seperti gitar bass sebelumnya (4 senar), hanya saja terdapat tambahan senar pada gitar bass 5 senar. Tambahan senar yang dimaksud yaitu senar B rendah yang posisinya di atas senar keempat (Senar E). Konfigurasi tuning open string Gitar bass 5 senar yaitu B E A D G. Gitar Bass dengan 5 senar biasanya digunakan untuk menjangkau nada yang lebih rendah dari bass standar (Gitar Bass 4 Senar)

3. Gitar Bass yang Memiliki 6 Senar.

Gitar Bass 6 Senar

Sama seperti gitar bass 5 senar, Hanya saja pada gitar bass 6 senar memiliki penambahan satu senar. Senar yang dimaksud yaitu tambahan senar C tinggi di bawah senar pertama (Senar G). konfigurasi Tuning Open String pada gitar tersebut yaitu B E A D G C. Bass dengan 6 senar tersebut biasanya digunakan untuk menjangkau nada yang lebih rendah dan lebih tinggi dari bass standar yang biasanya digunakan.


4. Gitar Bass yang Memiliki 7 Senar.

Gitar Bass 7 Senar

Pada gitar bass dengan senar yang memiliki lebih dari 6 senar sangat jarang kita jumpai di pasaran. Sedangkang pada gitar bass yang memiliki 7 senar, mempunyai konfigurasi Tuning Open String yaitu B E A D G C F. Sama seperti pada gitar bass 6 senar. Namun, terdapat tambahan senar F tinggi di bawah senar G. Gitar Bass dengan 7 senar fungsinya sama dengan gitar bass 6 senar. Hanya saja dalam bass ini terdapat nada tinggi yang dapat lebih ter "ekploitasi". Bass seperti ini biasanya diproduksi oleh Conklin, yang merupakan spesialis pembuat bass Custom.

5. Gitar Bass yang Memiliki 8 Senar.

Gitar Bass 8 Senar

Pada gitar bass yang memiliki 8 senar biasanya memiliki konfigurasi Tuning dengan bass standar 4 senar. Namun, pada setiap senarnya digandakan dengan senar yang nada nya satu Oktaf lebih tinggi.

6. Gitar Bass yang Memiliki 10 Senar.

Gitar Bass 10 Senar

Pada gitar bass 10 senar memiliki konfigurasi Tuning sama dengan bass gitar bass 5 senar (Standar). Namun, pada setiap senarnya juga digandakan dengan senar yang nadanya satu Oktaf lebih tinggi dari senar standarnya.

7. Gitar Bass yang Memilikki 12 Senar.

Gitar Bass 12 Senar

Pada gitar bass 12 senar, memiliki konfigurasi Tuning sama dengan bass standar 4 senar. Namun, pada setiap senar dirangkap 3, dengan 2 senar yang satu oktaf lebih tinggi atau 1 senar dengan oktaf tinggi di tambah dengan satu senar lagi dengan nada kelimanya ( E dengan B, A dengan E, D dengan A dan G dengan D). Termasuk bass langka, biasanya gitar bass ini diproduksi oleh Hamer dan Warwick.

Beberapa pemain bass profesional masih mengandalkan gitar bass 4 senar sebagai gitar andalan mereka seperti Marcus Miller, Jaco Pastorius, Flea, Arya Setyadi, Dan lain-lain. Namun, ada sebagian pemain Bass yang lebih memilih bass Multistring (bass senar ganda), dan menjadikannya ciri khas dalam permainan mereka.

Contoh pemain bass yang menggunakan 5 senar antara lain : Nathan East, Pemain Session player yang petikan bassnya banyak mengisi album-album musisi ternama, dan Stanley Clarke, yang menciptakan teknik Slap dan Pop yang kemudian dikenal sebagai funky thumb. Dan ada juga yang genre musik Rock seperti Jason Newsted (Metallica), Dave Ellefson (Megadeath), dan Rex Brown.

Kemudian ada pemain bass yang mengandalkan Gitar bass 6 senar sebagai senjata andalannya seperti John Pattitucci, dan John Myung (Dream Theater). Ada kalanya bass 6 senar masih dirasakan kurang, maka beberapa pemain yang lainnya menggunakan 7 senar untuk meng "ekploitasi" nada lebih banyak lagi, terutama dalam melakukan solo improvisasi.

Jika bass lima, enam dan tujuh senar dimaksudkan untuk menjangkau nada yang lebih rendah atau lebih tinggi, maka bass multi string dibuat dengan tujuan untuk menghasilkan suara nada ganda.

Buat kamu yang tidak tau maksud dari konfigurasi tuning open string yaitu E A D G (dari rendah ke tinggi). Mungkin gambar dibawah bisa menjadi pandangan kamu mengenai tuning open string yaitu E A D G. 

Gitar Bass

***
Tag : Musik
0 Komentar untuk "Jenis-Jenis Gitar Bass Berdasarkan Senarnya"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top