5 Jenis Ukulele

Jenis-Jenis Ukulele
Jenis-Jenis Ukulele
5 Jenis Ukulele - Ukulele adalah salah satu keluarga String Instrument yang umumnya mempunyai 4 senar. Jika dilihat dari bentuknya, bisa dibilang ukulele ini merupakan gitar kecil. Berbeda dari gitar, ukulele mempunyai Tuning sendiri. Ukurannya yang kecil dan sangat mudah dibawa merupakan salah satu keunggulan dari Ukulele dibandingkan alat musik lainnya seperti piano dan gitar. Namun, dibalik keunikannya, ukulele memiliki beberapa jenis dan harga yang berbeda sehingga membuat pemula sulit untuk memiliki gitar ukulele.

Berdasarkan ukurannya, ukulele dapat dibedakan menjadi 4 jenis. Yaitu, Concert, Soprano, dan Tenor memiliki jenis Tuning yang sama, yaitu G-C-E-A. Sedangkan jenis Bass dan Baritone mempunyai Tuning sendiri. Berikut ini penjelasan tentang jenis-jenis ukulele. Jika kamu memutuskan untuk membelinya. Jangan salah Beli ya!

Soprano
Soprano Ukulele
Untuk tipe dari Soprano, Memliki ukuran yang paling kecil dengan ukuran Fingerboard berkisar 33 cm. Karena ukurannya yang kecil, tipe ukulele ini sangat mudah untuk dibawa kemana pun kamu mau. Ukulele ini sangat cocok untuk kamu yang mempunyai jari-jari tangan kecil. Jika dibandingkan dengan jenis ukulele lainnya, Ukulele ini sangat Recommended bagi amu yang ingin memulai belajar ukulele. Untuk jenis ukulele yang satu ini mempunyai suara dan bentuk yang sangat khas. Bentuk dan suaraya yang mirip dengan ukulele tradisional yang sering digunakan di Hawaii.

Concert


Ukulele concert

Jenis dari ukulele concert memiliki Fingerboard sedikit lebih besar dan panjang, panjang dari ukulele ini sekitar 23" Inch dan Untuk jumlah Fret  bisa 15 - 20. Jika dibandingkan dengan ukulele saprano. Perbedaannya memang tidak teralu banyak, hanya sekitar 3 cm saja. Sebab, ukurannya yang tidak terlalu jauh berbeda. Untuk suara yang dihasilkan bisa dibilang serupa. Ini merupakan pilihan terbaik untuk kamu yang mempunyai jari-jari tangan lebih besar. Dengan ukuran Fingerboard yang lebih panjang maka dapat memudahkan kamu dalam mengatur Pitch. Tipe ini merupakan tipe yang paling umum digunakan.

Tenor

tenor ukulele

Jika kamu ingin memainkan ukulele pada area yang lebih luas, mungkin tipe ukulele yang satu ini cocok untuk kamu yang ingin main secara leluasa. Ukulele Tenor, dengan ukuran Fingerboard sekitar 43 cm membuat kamu dapat memainkan Pitch dengan lebih stabil. Selain dari segi ukuran, yang membedakannya juga ada pada suara yang dihasilkan. Suara ukulele dengan jenis ini lebih mirip seperti gitar. Ukulele Tenor sangat cocok untuk kamu yang senang bermain dengan genre melodi.

 Baritone

Ukulele Baritone

Ukulele Baritone merupakan ukulele dengan tuning yang sama dengan gitar, yaitu D-G-B-E, Namun memiliki ukura Fingerboard yang lebih kecil sekitar 50 cm. Tipe ukulele ini merupakan yang paling sedikit dimainkan jika dibandingkan dengan 3 tipe ukulele lainnya. Awanya janis ini menjadi fungsi Bass dalam susunan ukulele. Namun, sejak kehadiran Bass, Jenis Baritone menjadi semacam penengah dari keduanya,. Karena ukulele jenis Bass masih belum familiar, banyak orang yang masih menggunakan fungsi ukulele baritone sebagai ukulele Bass.

Bass

Ukulele Bass

Ukulele BassI. Ukulele yang satu ini merupakan ukulele yang berkembang dengan sebuah inovasi alat musik baru yang berbeda dari ukulele biasanya. Ide ukulele ini pertama kali dicetuskan oleh sebuah perusahaan kecil, Road Toad. Pada tahun 2007, Road Toad bekerja sama dengan kala, salah satu pembuat Ukulele tersohor, mereka membuat ukulele ini dengan harga yang terjangkau. Ukuran dari ukulele ini sebesar ukulele baritone. Namun, dengan suara Bass tentunya tuningnya menjadi E-A-D'-G'.

Jangan lupa berkunjung ya!!!
***
Tag : Musik
0 Komentar untuk "5 Jenis Ukulele"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top