Perbedaan Microcontroller dengan PLC

perbedaan PLC dan Micro

Perbedaan Microcontroller dengan PLC - Mungkin sudah tidak asing dengan alat yang satu ini, PLC (Programmaleb Logic Control) adalah suatu sistem yang mana didalammnya terdapat memori internal yang dapat menjalankan suatu instruksi apabila kita memprogramnya sesuai dengan software yang telah tersedia. Namun, pada umunya PLC digunakan untuk pemakaian pada dunia Industri, alasan utama penggunaan PLC banyak digunakan di dunia industri karena untuk memantanance mesin sangat cepat apabila terjadi kesalahan / kerusakan program.

Mungkin diantara pembaca ada yang tidak tau dengan PLC bisa dilihat pada gambar dibawah, pada gambar di bawah merupakan salah satu contoh merk PLC. Pada dasarnya semua komponen atau part pada PLC memiliki kelebihan dan kekurangan, tidak terkecuali pada PLC ini.
Programmable Logic Control

Kelebihan PLC (Programmable Logic Control)

1. Pengaplikasian yang Serba Guna
Pada PLC, anda bisa mengaplikasikan PLC secara fleksibel, karena PLC sendiri dapat digunakan untuk berbagai kepentingan, baik untuk kebutuhan Industri maupun untuk pengaplikasian suatu sistem di lingkungan rumah, dengan fleksibelitasnya kepentingan untuk mengontrol beberapa komponen dalam berbagai sistem sangant mudah.

2. Jumlah Input dan Output yang Banyak
Untuk PLC sendiri memiliki jumlah input dan output yang cukup banyak, pada masing-masing coil sangatlah cukup banyak dan maka dari itu dapat untuk mengontrol berbagai komponen secara langsung dan karena banyaknya kontak yang dimiliki, hal ini dapat mempermudah dalam proses wiring.

3. Kecepatan Operasi PLC
Kecepatan operasi yang dimiliki oleh PLC dalam satu scan yaitu 0,01 second, hal ini dapat dipastikan bahwa kinerja dari PLC itu sendiri sangat efisien untuk melakukan kinerja di dunia industri.

4. Kemudahan dalam Sistem Koreksi dan Pengubahan Suatu Program
contohnya, jika anda sedang memprogram PLC dan program yang anda berikan cukup banyak tetapi pada saat anda ingin simulasi Program yang anda upload tidak sesuai dengan yang anda inginkan, hal ini sangat mudah untuk mengganti program yang salah, cukup dengan mengubah Program dengan menggunakan Software yang sudah tersedia.

5. Memiliki Kelebihan tersendiri
Pada PLC memiliki ketahanan yang cukup bagus dibandingkan dengan komponen elektronika lainnya seperti Kontaktor, Timer, Sistem Memori dan yang masih banyak yang lainnya, hal ini dapat dijadikan sebagai point keunggulan untuk PLC itu sendiri.

6. Dapat Menyederhanakan Komponen Sistem Kontrol
Dengan sistem yang disediakan oleh PLC seperti Timer dan Counter, anda dapat dengan mudah untuk memprogram suatu sistem yang cukup sulit, anda tidak memerlukan komponen tambahan seperti Timer dan Kontaktor dan tidak perlu susah-susah untuk wiring kabel banyak-banyak.

Kekurangan PLC (Programmable Logic Control)

1.  Harga yang Relatif Mahal
Tidak banyak yang tau, untuk membeli sebuah PLC butuh merogok kocek yang cukup dalam dantidak ekonomis kalau digunakan untuk mengontrol hal-hal yang simple, seperti mengontrol lampu dalam rumah. Untuk harga sendiri bervariasi, tergantung dengan merk dan Coil yang dibutuhkan (input dan ouput)

2. Program yang Masih Sulit
Ada beberapa oranga yang terbiasa dengan menggunakan daft dan pada saat disuruh untuk menggantinya ke dalam bentuk ladder diagram PLC, mereka merasa kesulitan, entah kenapa? menurut saya sendiri untuk mengubahnya cukup mudah dan apabila mengubahnya lagi ke sistem FBD malah lebih sulit.

3.  Sistem Operasi yang Tetap dan Tidak Berubah Ubah
Apabila anda menginginkan suatu sistem pengontrol yang cenderung itu itu terus dan tidak ada perubahan maka jangan mengaplikasikannya menggunakan PLC, karena hal itu tidak efisien untuk digunakan, mungkin alternatifnya anda bisa menggunakan Microcontroller.

Lanjut ke perbandingan pada Microcontroller, Dalah bidang elektronika khususnya programming ada peralatan elektronika yang bisa di aplikasikan sebagai sistem kontrol, selain dari PLC. Mungkin ada yang sudah mengetahui dengan peralatan elektronika yang satu ini, Apa Itu Microcontroller? ya pada dasarnya sama seperti dengan PLC, sama-sama sebagai pengontrol dalam suatu sistem. namun dalam segi ukuran PLC cenderung lebih besar, sedangkan untuk Microcontroller sendiri jauh lebih kecil dan minimalis, Microcontroller biasa dikenal dengan basis Arduino dalam pasaran luas. Jika anda ingin tau bentuk dari Microcontroller bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Pengaplikasian Arduino

Kelebihan Microcontroller 

1. Bentuk Fisik yang Simple dibandingkan dengan PLC
Untuk bentuk fisiknya sendiri, Microcontroller dalam segi ukuran lebih kecil dibandingkan dengan PLC, hal ini menjadi point yang unggul untuk peletakan tempat yang cukup sempit.

2. Memiliki Fasilitas Tambahan
Untuk fasilitas tambahannya sendiri yaitu dapat menambah sebuah input dan output dengan cara memprogramnya kembali lewat Komputer.

3. Harga yang Relatif Lebih Murah
Untuk harganya sendiri jauh lebih murah dibandingkan dengan PLC, salah satu contohnya untguk Arduino UNO sendiri harganya berkisar  RP.120.000 dibandingkan dengan PLC yang berkisar jutaan, Namun kembali lagi ke penggunaannya.

Kekurangan Microcontroller 

1. Bahasa Pemrograman yang Sulit di Mengerti
Bahasa yang digunakan untuk memprogram Microcontroller adalah bahasa Assembly, Virtual Basic dan Pemrograman C++, Ke 3 bahasa tersebut membutuhkan waktu untuk mempelajarinya, bagi masyarakat awam bisa dibilang bahasa tersebut cukup sulit.

2. Penggunaan yang Tidak Lazim Digunakan di Lingkungan Industri
Walaupun penggunaanya yang tidak lazim, namun tidak menutup kemungkinan bagi para ahli elektronika untuk membuat pengontrolan di lingkungan industri dengan menggunakan microcontroller, Dan anda bisa mendapatkan kelebihan jika anda bisa memadukan Pengontrolan menggunakan Micro dengan PLC.

Mungkin cukup sekian pembahasan artikel tentang " Perbedaan Microcontroller dengan PLC " Semoga bermanfaat buat pembaca sekalian, oiya kalo mau tau lebih lanjut mengenai PLC bisa berkunjung ke "Pengertian, Fungsi dan Jenis PLC", jika ada pertanyaan atau saran bisa langsung comment pada kolom dibawah ya, see you!.

***

Tag : PLC
8 Komentar untuk "Perbedaan Microcontroller dengan PLC "

Menurut saya sendiri. Penggunaan microcontroller bisa di aplikasiakan ke industri. Ga mesti PLC yang biasany di gunakan di industr

Kalo perbedaan PLC sama Smartrelay gmana?

bener, tapi untuk efisiensi pemakaian, PLC jauh lebih tahan dibandingkan dengan Microcontroller

Oke, saya bakalan ngebahas di artikel selanjutnya, sabar ya

Mantap gan artikelnya menambah wawasan

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top