Tips and Trik, Cara Membersihkan Laptop dengan Benar

Tips and Trik, Cara Membersihkan Laptop dengan Benar

Hallo guys, balik lagi ni dengan saya, kali ini saya akan share tentang tips and trik loh, mudah mudahan artikel yang saya kirim ini bermanfaat buat kalian semua, oh iya jangan lupa untuk membaca artikel yang lainnya ya!, Oke langsung saja tanpa basa-basi. Laptop, merupakan salah satu perangkat yang sangat lekat dengan kehidupan kita sehari-hari, karena dengan laptop berbagai kegiatan dapat dilakukan dengan mudah, namun, dengan seringnya penggunaan laptop membuatnya tampak kotor, penting sekali menjaga laptop supaya tetap bersih dan nyaman saat dipakai, perawatan dan kebersihan yang dilakukan secara berkala maupun rutin membuat laptop tidak mudah rusak dan awet. Mungkin anda bertanya-tanya "Gimana sih cara membersihkan laptop dengan benar?". Artikel ini merupakan jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut.

Siapkan Alat Kebersihan
Pada saat mau membersihkan sebuah laptop, pasti anda mempersiapkan alat-alat kebersihan terlebih dahulu, sebelum itu ada empat hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga laptop tetap bersih. Antara lain Alkohol, Kain Microfiber, alat peniup debu dan, kapas. Menurut ahli kebersihan "Jolie Kerr".

Untuk membersihkannya pasti anda membutuhkan alkohol dengan 90% isopropyl, alkohol tersebut tidak akan menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen internal laptop, jika laptop anda di rasa terlalu kotor atau kotorannya terlalu tebal mungkin penggunaan spons melamin menjadi solusinya. Namun untuk penggunaannya diharapkan lebih berhati-hati karena sifatnya yang kasar.

Jika anda melihat promo-promo atau iklan yang menjual kebersihan untuk laptop jangan langsung tergiur dengan hal tersebut, anda bisa menggunakan alat-alat sederhana di rumah anda yang dapat menghemat biaya pengeluaran. Contoh alat kebersihan yang biasa saya gunakan yaitu : kayuputih, kapas, tisu, alat untuk mengorek telinga. Alat-alat tersebut mudah sekali anda temukan di rumah anda.

Mulai Untuk Membersihkan dari Dalam
Mungkin membersihkan kotoran pada keyboard cukup menarik, namun alangkah baiknya untuk membersihkan pada bagian dalam terlebih dahulu.

Dengan menggunakan alat peniup debu kotoran pada bagian laptop akan bertebaran, jadi menurut saya percuma anda membersihkan bagian body, keyboard atau pada bagian layar, karena itu mulailah untuk membersihkan pada bagian dalam laptop yang ada di sela-sela perangkat menggunakan udara bertekanan / kompresor.

bagian dalam laptop

Pada saat pertama kali membersihkan laptop, anda harus mematikan terlebih dahulu laptop tersebut, kemudian cabut cas laptop dan cabut batere laptop jika batre bisa di cabut. Setelah semua nya di lepas langkah selanjutnya membersihkan port pada laptop, baik port USB maupun port untuk microphone. Setelah itu arahkan kompresor ke lubang pembuangan panas pada laptop, setelah bagian dalam yang terletak di samping laptop siap. Lanjut membersihkan bagian dalam pada laptop

Pertama bersihkan kipas laptop, gunakan kompresor atau peniup udara untuk membersihkannya, pastikan pada saat membersihkan kipas laptop tidak memberikan udara bertekanan terlalu kuat, jika terlalu kuat di khawatirkan dapat merusak kipas atau salah satu baling-baling kipas ada yang patah. Dampak positif dari pembersihan kipas laptop yaitu dapat mengurangi panas pada laptop.

Untuk pengguna laptop yang merokok maupun yang memelihara hewan berbulu lebih berhati-hati, pasalnya debu, bulu maupun bekas abu rokok dapat dengan mudah masuk ke dalam bagian laptop dan di khawatirkan dapat membuat komponen pada laptop menjadi rusak, setelah semua bagian dalam laptop di bersihkan lanjut ke tahap selanjutnya yaitu membersihkan bagian luar laptop.

Membersihkan Bagian Luar Laptop
Bagian luar laptop merupakan bagian yang sering terkena kotoran dan debu, untuk bagian luar laptop harus sering-sering membersihkannya, untuk membersihkan bagian luar laptop gunakan kain lap microfiber dan alkohol, caranya tuangkan alkohol ke microfiber, jangan terlalu banyak menggunakan alkohol, jika terlalu banyak maka peras microfiber supaya kain tidak terlalu basah, kemudian bersihkan body laptop secara perlahan dan merata, untuk membersihkan keyboard laptop anda bisa menggunakan kapas dan alkohol, cukup tuangkan alkohol ke kapas secukupnya lalu bersihkan keyboard dan celah-celah laptop tersebut.

Membersihkan Bagian Luar Laptop

Jika ada kotoran yang masih menempel dan susah untuk membersihkan kalian bisa menggunakan spons melamin untuk membersihkannya, bersihkan secara perlahan body laptop menggunakan spons melamin, sifat spons yang kasar di takutkan dapat merusak body laptop, jadi hati-hati pada saat membersihkan body yang kotor.

Membersihkan Layar pada Laptop
Untuk membersihkan bagian layar pada laptop sangat berbeda, anda bisa menggunakan microfiber tanpa menggunakan alkohol, cukup bersihkan layar laptop menggunakan microfiber yang kering, jika masih kotor tambahkan sedikit air lalu bilas, microfiber kalau bisa jangan terlalu basah, lalu bersihkan layar laptop.

Membersihkan Layar pada Laptop

Untuk pembersihan hindari penggunakan kebersihan rumah tangga, karena sifat layar yang sensitif di khawatirkan dapat merusak layar, dan bahan dari kebersihan rumah tangga banyak mengandung bahan kimia yang cukup berbahaya.

Hilangkan Bau pada Laptop
Biasanya pada saat menggunakan laptop pasti anda merasa ada bau yang cukup melekat pada laptop anda, untuk membersihkannya mungkin anda bisa menggunakan arang sebagai penetralisir bau pada laptop, jika di rasa arang cukup sulit untuk di dapat anda bisa menggunakan pasir kotoran kucing, pada pasir tersebut terdapat partikel arang yang aktif.

Untuk menghilangkan Bau laptop menggunakan kotoran kucing anda bisa bungkus laptop pada sebuah kantong yang sudah didisi pasir untuk kotoran kucing, lalu biarkan selama 24-48 jam, jika di bungkus lebih lama lagi maka bau yang menyengat tersebut dapat hilang.

Oke, mungkin cukup sekian pembahasan kita mengenai tips and trik untuk membersihkan. Laptop dengan baik, jangan lupa untuk membaca artikel yang lainnya, jika ada pertanyaan atau saran bisa langsung Komen pada kolom di bawah ya. See you!

Jangan Lupa Berkunjung!!!
10 Tips Aman Sebelum Membeli Laptop Bekas
Pencegahan Maintenance pada Sistem Hidrolik
Perbedaan Sistem Kerja Hidrolik dan Pneumatic
~ Peralatan Material Handing yang Digunakan di Industri
8 Komentar untuk "Tips and Trik, Cara Membersihkan Laptop dengan Benar"

Bagus kan dlu barang tu

bagus gan blognya, isinya juga bermanfaat

terimakasih gan, semoga bisa di terapkan ke depannya

makasih banyak min sudah share disini solder uap

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top