10 Tips Aman Sebelum Membeli Laptop Bekas

10 Tips Aman Sebelum Membeli Laptop Bekas

Tips-Tips Aman Sebelum Membeli Laptop Bekas

Bagi anda yang ingin memiliki sebuah Laptop, mungkin anda sedang mempertimbangkan Laptop bekas untuk dibeli. Pada artikel kali ini saya akan share kepada anda Tips-Tips Aman untuk membeli laptop bekas yang digunakan untuk keperluan anda sendiri, Alasan untuk membeli laptop bekas beragam, namun yang utama karena Budget anda yang cukup untuk membeli laptop bekas, Tenang saja, pada artikel kali ini anda bisa membeli laptop dengan aman dan anda bisa mempertimbangkannya.

Berawal dari pengalaman saya, Saya memiliki seorang teman yang membeli laptop bekas di sebuah toko, pada saat itu kebetulan harga laptop yang di jual cukup menarik perhatian teman saya, dari segi tampilan laptop tersebut tampak mulus dan kelihatan seperti baru. Namun pada saat sudah di beli dan di pakai selama 2 minggu laptop tersebut mengalami kendala. Pada saat saya periksa rupanya laptop tersbut cepet panas, kemudian saya bongkar laptop tersebut dan hasilnya fan pada laptop tersebut tidak berputar, saya tanyakan kembali ke teman saya kalo dia membeli laptopnya dengan harga miring dan teman saya kurang teliti saat membeli laptop tersebut.

Dari masalah tersebut timbul ide, saya membuat artikel menganai tips aman membeli laptop bekas. Mungkin dari anda ada yang mengalami hal tersebut, untuk menangani hal tersebut artikel ini bisa jadi solusinya, saya akan membagi tips tersebut.

Sebelumnya saya mohon maaf jika saya sok tau. Namun, hal tersebut saya dapat dari pengalam teman saya dan saya akan menjabarkan tips-tips tersebut supaya anda paham. Baik tanpa basa-basi langsung ke Tipsnya, yuk di simak!.

Tips Sebelum Membeli Laptop Bekas

1. Cari Laptop? Jangan Beli Secara Online
Zaman sekarang merupakan zaman dimana orang mulai Shopping secara online, apa-apa serba Online, mulai dari kebutuhan keseharian sampai kebutuhan sekunder (Mobil,laptop,Motor dan sebagainya), Untuk membeli sebuah laptop bekas saya saranin untuk tidak membelinya secara online. Tapi untuk laptop baru tidak masalah.

Alasan utama yaitu anda tidak tau kondisi sebenarnya dari laptop tersebut, anda tidak bisa memeriksa laptop tersebut secara langsung. Banyak yang tertipu dengan penjual suka menipu, yang awalnya dibilang latop tersebut bagus, yang ini lah yang itu lah bla bla bla, namun di balik hal tersebut pas sudah di tangan pembeli laptop tersebut rusak, apalagi beli laptop bekas secara online, anda tidak bisa komplin tentang laptop yang anda beri rusak. disitulah saya saranin untuk membeli laptop secara offline atau langsung beli ke pemilikinya / Toko,

Untuk pembelian laptop secara online bisa saja namun secara online di facebook dengan melakukan pertemuan atau biasa di sebut dengan COD, dengan hal itu anda bisa melihat spresifikasi, kondisi yang ada pada barang tersebut, jika kurang cocok dengan gambar yang ada di foto anda bisa langsung menolak membeli laptop tersebut. Saran saya jangan beli laptop Online jika kurang percaya dengan barang tersebut.

2. Pastikan Kondisi Kelengkapannya.
Tahap yang ke dua yaitu memeriksa kelengkapan yang ada pada laptop tersebut, mulai dari mouse (jika ada), Kondisi Battre, kondisi Keyboard, Mouse pad dan Charger ( yang paling utama), kemudian periksa kondisi luar laptop apakah ada cacat pada bagian body, setelah melihat bagian luar periksa kondisi LCD, apakah kondisinya masih memumpuni atau ada garis-garis bekas jatuh, 

Pastikan Kondisi Kelengkapan laptop

Untuk bagian spesifikasinya anda lihat terlebih dahulu di internet baru periksa pada laptop yang ingin anda beli, apakah laptop terssebut spesifikasinya masih sama dengan kondisi awal atau sudah di ubah-ubah (mulai dari Ram, Hard disk dan CD room). 

Untuk memastikan laptop tersebut bukan barang curian, mungkin anda bisa meminta bekas garansi dari laptop tersebut, hal itu dapat menjamin anda bahwa laptop tersebut bukan barang curian. Pastikan pada saat beli anda mendapatkan kelengkapan yang memadai. dengan adanya kelengkapan yang cukup seperti mouse, tas laptop, dan sebagainya, jika anda ingin menjualnya bisa menjadi nilai Plus untuk anda.  

3. Periksa Kondisi Segel Laptop
Pada saat membeli laptop bekas, anda bisa mengecek terlebih dahulu kondisi segel tersebut, biasanya segel pada laptop berada pada tutup baut untuk laptop, jika Stiker segel tersebut tidak ada maka kemungkinan laptop tersebut pernah di bongkar atau sudah di ganti part laptopnya.  

Pastikan segel laptop masih utuh dan belum ditimpa dengan segel yang ke dua maupun yang ke tiga, Segel masih satu lapis maksud dari saya. karena dengan kondisi segel yang masih utuh, Insya Allah bisa sebagai pertanda laptop belum pernah dibongkar, dan hal tersebut bisa jadi tanda laptop tersebut aman.

4. Pastikan Tidak Ada Kecacatan Pada Layar
Tips yang ke empat sebelum membeli laptop yaitu periksa terlebih dahulu layarnya, pastikan kondisi layar tidak buram, berbintik-bintik, dead pixel, garis-garis dan lain-lain. Kemudian goyang sedikit laptop, maksud dari itu pada saat di goyangkan apakah laptop mati atau tidak, Berubah menjadi putih atau layar yang bergelombang.

Jika semua sudah aman lanjut ke tips selanjutnya.

5. Periksa Kondisi Body Laptop
Pada step selanjutnya yaitu memeriksa kondisi Body laptop, yang paling utama anda periksa yaitu kondisi mouse pad nya, apakah mouse pad nya sudah rusak atau belum, yang ke dua periksa kondisi keyboardnya, hal ini untuk memastikan kepada anda apakah ada huruf yang tidak bisa di tekan atau hurufnya terbalik.

Pemeriksaan Body Laptop

Lanjut ke pemeriksaan Engsel layar, Engsel layar disini berperan penting pada kondisi laptop anda. Jika anda kurang teliti dalam memeriksa, bisa jadi engsel laptop anda sudah pernah rusak dan di ganti atau bisa saja engselnya sudah keras dan pada saat mau di tutup layarnya terasa berat untuk menutupinya. Untuk yang lain lainnya pastikan kalian sudah memeriksa pada bagian baut laptop, hal tersebut sangatlah penting, takutnya pada saat membeli ada beberapa baut yang copot dan body mudah untuk lepas.

6. Periksa Tombol-Tombol Keyboard
Sebagai alay input pada laptop pastikan kalian sudah memeriksa pada bagian input untuk laptop, contohnya Keyboard pada laptop, mungkin kalian pada tau pada saat membeli laptop bekas ada beberapa laptop yang saat di pencet berubah dengan apa yang ada di layar, salah satu contohnya anda memencet tombol "P" sedangkan yang ada di layar malah keluar huruf "F", hal tersebut saya anjurkan untuk meneliti kembali, karena keyboard adalah inputan yang penting dalam laptop.

Periksa Tombol-Tombol Keyboard

Contoh yang lainnya, pada saat menekan tombol "Caps Lock" maka yang keluar malah "enter", hal tersebut bisa saja terjadi, jadi jika semisal anda sudah membeli laptop bekas dan sudah terlanjur dengan kenak dengan contoh di atas, saya saranin untuk segera mengganti keyboard laptop tersebut.

Untuk mengenal ciri-ciri kerusakan pada keyboard pada laptop biasanya pada saat membeli laptop bekas saya sarankan anda untuk mengetik semua huruf di Microsoft Word, jika tidak ada angaka yang terbalik tahap selanjutnya memeriksa mekanikal pada keyboard tersebut seperti tekanan keyboard pada saat sedang mengetik, jika setelah di tekan tombol pada keyboard tidak kembali maka kemungkinan pegas pada laptop tersebut sudah rusak. pada saat membeli laptop pastikan kalian memeriksa keyboard tersebut. Jika di rasa tidak ada kendala langkah selanjutnya memeriksa Touch Pad.

7. Pastikan TouchPad Dalam Kondisi Bagus


Touch Pad

Touchpad termasuk dalam perangkat keras pada laptop, fungsi touchpad itu sendiri berfungsi untuk menggantikan mouse, selain itu laptop suda di lengkapi dengan touchpad untuk melengkapi kebutuhan user, Pada saat membeli laptop pastikan kalian memeriksa kondisi touchpad terlebih dahulu, kalian bisa memeriksa touchpad tersebut dengan memeriksa body touchpad itu sendiri, apakah permukaan touchpad tersebut masuh bagus atau tidak, kamudian kalian bisa memeriksa tingkat sensitif pada touchpad, setelah itu periksa posisi scroll pada touchpad, jika di rasa semua aman dan dalam kondisi normal kalian bisa lanjut ke tahap selanjutnya, yaitu memeriksa kondisi DCD/CD Drive.

8. Periksa Terlebih Dahulu DVD/CD Drive
Pada bagian laptop, pasti tidak asing dengan bagian yang satu ini, bagian yang satu ini merupakan part yang penting sekali, fungsinya untuk memindahkan file dalam bentuk hardware atau biasa berbentuk CD ke dalam laptop berupa file. Pada saat membeli laptop bekas kalian harus perhatikan part tersebut terlebih dahulu,

Untuk memeriksa kondisi CD/DVD Driver dalam kondisi bagus, biasanya kalian bisa lihat pada bagian cover luarnya, jika di rasa tidak ada retakan atau ke cacatan dalam Cover DVD/CD Drive tersebut, kalian bisa memencet tombol untuk memasukan DVD/CD tersebut, setelah terbuka pastikan pas keluar dalam kondisi tidak mengendat-ngendat, kemudian periksa mata pembaca untuk membaca file pada DVD/CD jika di rasa kotor kalian bisa membersihkannya menggunakan cairan khusus untuk membersihkan Matanya atau kalian bisa menggunakan minyak kayu putih / minyak angin.

9. Periksa Kondisi Pada Hard Disk
Hard Disk merupakan perangkat kersa pada sistem komputer, Hard Disk berperan penting dalam sebuah bagian laptop maupun komputer, hard disk adalah perangkat keras pada laptop maupun komputer yang berperan menyimpan file atau dokumen, Kapasitas yang di tawarkan oleh hard disk itu sendiri bermacam-macam, ada yang 512 MB, 300 MB bahkan ada yang sampai 2 Tera Byte.

Untuk memeriksa kondisi pada Hard Disk kalian bisa membuka cover bagian bawah pada laptop, kemudian kalian cari posisi hard disk dimana, setelah ketemu posisinya kalian bisa mengecek kembali body pada hard disk tersebut apakah ada kecacatan, rusak, atau retak. Jika tidak ada bagian body hard disk yang rusak selanjutnya cek kapasitas file, jika di rasa aman pada kapasitas file lanjut dengan mencoba transfer file ke hard disk, jika pada saat di transfer file tidak menerima berarti hard disk tersebut sudah rusak, jika masih mau menerima file berarti masih dalam keadaan normal.

10. Periksa RAM, Sound Speaker dan Port Sound.
Sound Speaker dan Port Sound.
Pada tahap terakhir kali  ini pasti tidak asing dong dengan judul di atas, kalian bisa memeriksa terlebih dahulu kondisi RAM, pada saat memeriksa RAM pastikan kondisi body tidak ada yang lecet, kemudian pada saat RAM sudah di pasang pastikan kinerja pada RAM tersebut berjalan dengan Normal.

Lanjut ke tahap pemeriksaan Speaker, mungkin di antara kalian tau apa itu Speaker, pasti speaker sangat di butuhkan dalam laptop, untuk memeriksa speaker tersebut pastikan kalian menyalakn sebuah musik dan kalian mendengarkannya secara saksama, jika di rasa ada berdengung atau bass yang sudah pecah di dengar, saya saranini untuk tidak mengambilnya.

Kemudian Cek Port untuk Sound Sistem, biasanya pada laptop ada 2 bagian port yaitu port untuk headset dan port untuk Mic, cukup mudah untuk memeriksanya kalian cukup menggunakan headset dengan mic kemudian kalian coba satu persatu apakah mic dan speaker berjalan dengan bagus.

Oke, cukup sekian pembahasan artikel kali ini, jika ada pertanyaan maupun saran bisa di comment pada kolom comment di bawah ini, jangan lupa untuk selalu pantau perkembangan blog kami ya, See You!

Jangan Lupa Berkunjung!!!
Pencegahan Maintenance pada Sistem Hidrolik
Perbedaan Sistem Kerja Hidrolik dan Pneumatic
Peralatan Material Handing yang Digunakan di Industri
~ Pengenalan Mesin Press dalam Dunia Industri


2 Komentar untuk "10 Tips Aman Sebelum Membeli Laptop Bekas"

cuakup bagus untuk menambah wawasan...

mudah-mudahan dapat membantu agan kedepannya saat membeli laptop

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top