Peralatan Material Handling yang Digunakan di Industri


Material Handling Hidrolik

Peralatan Material Handling yang Digunakan di Industri - Mungkin ada yang sudah tau atau tidak asing sedikitpun dengan Material Handling, atau ada yang bertanya-tanya apasih Material Handling itu? Untuk pengertian sederhananya Material Handling adalah pengendalian terhadap produk yang ada di idustri maupun pada Gudang industri, Kegiatan Material Handling tidak lagi menggunakan tenaga manusia atau manual melainkan di bantu dengan alat berat yang sudah canggih untuk memindahkan barang pergudangan maupun barang produksi, biasanya alat-alat tersebut di sebut dengan Peralatan Material Handling. 
    
    Namun, sebagian besar alat tersebut mempunyai karakteristik dan harga yang berfarian, mulai dari harga yang terjangkau untuk perusahaan sampai yang mahal namun mempunyai kualitas yang bagus, di antara alat tersebut mempunyai karakter masing-masing dan penggunaan yang berbeda-beda. Berikut ini peralatan material handling yang biasa digunakan di industri :

1. Hand Pallet

Hand Pallet

Dari gambar di atas mungkin tidak asing dengan alat yang satu ini, Alat yang satu ini sering kali digunakan untuk  mengangkat barang secara efisien, mudah dan hemat waktu. Hand Pallet memiliki julukan truck kecil yang di lengkapi empat buah roda kecil, satu kemudi pada bagian belakangnya dan terdapat dua buah "garpu" yang digunakan sebgapai pengangkat sebuah barang. dengankan adanya 2 buah roda "garpu" dapat mempermudah pengguna untuk menggunakan Hand Pallet, karena ke dua roda tersebut dapat membantu meringangkan beban saat membawanya. Penggunaan Hand Pallet mepunyai peranan penting dalam aktivitas perpindahan barang yang mempunyai bobot cukup berat (ibaat kata manusiapun tidak bisa memindahkan barang tersebut) sangat merepotkan bagi seseorang untuk membawa barang yang memiliki bobot puluhan kilo bahkan ratusan kilogram, Untuk mengangkat barang yang mempunyai beban lebih bisa-bisa menyita waktu dan menguras tenaga. Oleh sebab itu, di ciptakanlah sebuah alat untuk memindahkan benda dari satu sisi ke sisi yang lainnya secara mudah walaupun mempunyai beban lebih.


2. Hand Stacker
Hand Stacker

Penggunaan Hand Sacker sa,a halnya seperti hand pallet untuk pemindahan dan pengangkatan benda, baik pemindahan barang dari truck ataupun untuk menata barang-barang perusahaan / pergudangan ke dalam rak yang berukuran lebih besar dengan ketinggian yang sulit untuk di jangkau bagi manusia, system yang digunakan Hand Stacker menggunakan prinsip kerja Hydraulic. Alat ini bisa difungsikan dengan baik saat pemindahan di jalan yang mempunyai permukaan halus, untuk mekanisme roda dari Hand Stacker sendiri mempunyai beberapa roda yang masing-masing dari roda tersebut memiliki peranan yang berbeda-beda, untuk mengangkat sebuah benda, penggunaan Hand Stacker menggunakan sistem pemompaan secara manual maupun elektik pada saat pengangkutan garpu. Penggunaan pemompaan secara manual lebih membutuhkan teanaga ekstra di bandingkan dengan pemompaan secara elektrik yang mampu memompa sendiri caitan oli hydraulic. Untuk kapasistas yang mampu di angkat dari alat ini berkisar 1-3 Ton. Dengan Ketinggian daya angkat berkisar 1 sampai 6 Meter.

3. Lifting Scissors
Lifting Scissors

Selanjutnya untu Alat pemindah barang yang satu ini merupakan alat angkut yang bisa kita gunakan untuk menjangkau ketinggian yang sulit untuk di jangkau, Karena adanya batasan masalah tersebut maka terciptalah alat yang satu ini agar mempermudah pekerjaan manusia. Lifting Scissors sendiri dioperasikan secara Full Electric dengan di bekali sistem Hydraulic dan Keamanan K3 ketiinggian untuk operator. Agar operator bisa menggunakana alat ini, maka pengoprasiannya di desain secara sederhana dan mudah di pahami. Untuk kegiunaan disisi lain dari alat ini biasanya difungsikan untuk memperbaiki maupun instalasi Kaca Gedung, Pembuatan atap, renovasi, pengangkutan barang-barang yang ada di pabrik (pergudangan industri) dan masih banyak yang lainnya (sebenarnya masih banyak kok fungsi lain yang bisa di aplikasikan).

4. Forklift

Forklift

Forklift, Alat yang satu ini mungkin tidak asing di dunia industri terutama untuk departemen store atau bongkar muat barang, Forklift merupakan sebuah kendaraan yang di aplikasikan sebagai alat angkut untuk memindahkan suatu barang yang memiliki kapasitas lebih besar, Forklift sendiri sangat cocok digunakan untuk Indoor atau Outdoor, selain itu alat ini dibekali dengan sistem oprasi yang mudah digunakan dengan pengoprasian alat angkut menggunakan sistem elektro hidrolik. 

    Forklift terbagi menjadi dua varian, yaitu Forklift yang berbahan bakar bensin dan ada yang bersumber dari tenaga baterai. Untuk yang menggunakan bahan bakar bensin bisa dibilang cukup boros dalam konsumsi bahan bakar. namun, tenaga yang didapat untuk mengangkat dan membawa barang lebih besar, sedangkan untuk yang menggunakan baterai cukup hemat dalam penggunaannya serta lebih ramah lingkungan. Sekarang forklift yang menggunakan baterai sering di gunakan di perusahaan yang modern. Untuk pengisian baterai sudah di lengkapi dengan sistem manajemen baterai canggih untuk memaksimalkan pengecasan dan konsumsi baterai. Pada kapasitas yang dapat di angkat oleh forklift bermacam-macam. Secara umum pencapaian angkut barnag yang bisa di angkut berkisar antara 1 Ton - 10 Ton dengan daya angkat dari masing-masing unitnya yang mampu untuk menjangkau ketinggian mulai dari 3 - 6 meter.

Cukup sekian pembahasan dari penyusun mengenai Alat-alat yang biasa digunakan untuk mempermudah dalam pengoprasian maupun aktivitas yang ada dalam Store sebuah perusahaan. Jika ada pertanyaan atau saran bisa comment di bawah ini. See you !


***
Tag : Hydraulic
0 Komentar untuk "Peralatan Material Handling yang Digunakan di Industri"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top