Pengenalan Mesin Press dalam Dunia Industri

Pengenalan Mesin Press dalam Dunia Industri

Hallo para pembaca sekalian, kali ini penyusun bakalan membahas dunia technic, dan mungkin di antara pembaca sekalian mengetaui, apa itu hidrolik? mungkin bagi yang belum mengatahui hidrolik bisa berkunjung di blog penyusun mengenai pembahasan tentang Hidrolik. Kali ini penyusun tidak membahas hidroliknya, melainkan pengaplikasian dari sistem hidrolik kemana sih kalau di dunia indutri?. Yuk, untuk lebih jelasnya kita bahas satu persatu.

Pengenalan Mesin Press
Pada kesempatan ini, penyusun akan membahas pengenalan mesin press yang digunakan di dunia industri. Mesin Press adalah sebauh mesin yang di rancang untuk menghasilkan sebuah tekanan tinggi yang di aplikasikan untuk menekan untuk mempermudah pekerjaan manusia seperti menghancurkan suatu benda, mendorong maupun mengangkat. Mesin press terdiri dari tiga bagian utama yang disebut dengan frame,ram dan bed. Baik kita lanjut saja ke tahap pengenalan jenis-jenis dari mesin press itu sendiri.

Jenis-Jenis Mesin Press di Dunia Industri
Sebenarnya mesin press mempunyai banyak jenis, namun yang bakalan kita bahas di sini mngenai pengaplikasiannya di dunia industri.

1. Mesin Press Hidrolik
Mesin press Hidrolik merupakan mesin press yang bekerja dengan berdasarkan dari hukum paskal, yaitu dengan memanfaatkan tekanan yang diberikan pada cairan hidrolik agar penekanan cairan tersebut dapat menekan atau membentuk sesuai dengan media yang ada. Komponen utama untuk mesin press itu sendiri yaitu  Silinder, Pipa, Piston, Cairan Oli Hidrolik dan beberapa komponen pendukung lainnya.
Press Hidrolik
Pada mesin ini terdapat 2 buah silinder, yaitu silinder kecil dan silinder master atau biasa di sebut dengan silinder besar. Pada sistem mekanisnya, cairan hidrolik akan dimasukan ke dalam silinder kecil. kemudian piston didorong untuk memampatkan cairan oli tersebut yang nantinya akan mengalir ke silinder master (silinder besar) melalui selang maupun pipa sebagai media pengantarnya. Kemudian untuk menekan kembali cairan hidrolik agar silinder besar mampu untuk menekan sebuah objek (press), di butuhkan tekanan pompa oli dari silinder kecil berkali-kali agar cairan mampu di tekan. fungsinya agar carain oli dari silinder kecil mendorong silinder besar, namun untuk menstabilakn silinder besar membutuhkan banyaknya valve (katup) seperti Relief, Check Valve dan masih banyak lagi.  agar dapat pengontrol cairan oli tersebut dibutuhkan sebuah solenoid, sehingga tekanan yang dihasilkan pada silinder besar dapat terkontrol tanpa mengembalikan cairan oli ke silinder kecil secara cepat.

Selain menggunakan cairan oli hidrolik, dibutuhkan tekanan udara untuk menstabilkan tekanan tersebut dan penekananpunnya menjadi bagus dan efisien. Untuk lebih jelasnya, pembaca bisa lihat pada gambar di atas merupakan mesin press yang di aplikasikan membengkokkan plat yang berbahan mild steel tebal, alumunium dan stainless steel

Untuk Ketahanannya, mesin ini memiliki daya ketahanan yang sangat bagus dan bisa penyusun bilang mesin ini awet apabila sering digunakan dibandingkan dengan mesin press electrikal (penggunaan energi listrik). Pada mesin ini dilengkapi akurasi kontrol tekanan seperti spidometer untuk pengontrol sebuah tekanan. untuk perawatannya terbilang cukup mudah, dan untuk penggantian atau penambahan fluida cukup cepat dan mudah.

2. Mesin Press Manual
Mesin Press Manual, merupakan Mesin Press sederhan yang menggunakan tenaga dorong atau pompa secara manual, jenis mesin press yang satu ini sangat mengandalkan tanaga manusia sebagai sumber tekanan pada benda kerja. Caranya yaitu dengan menggerakkan tuas pada pompa penekan tersebut ke atas bawah, pada saat memompa pastikan pembaca sekalian bisa merasakan tekanan yang makin lama sedikit lebih berat agar mendapatkan tekanan yang maksimal. 

Bicara tentang harganya sendiri, untuk harga mungkin mesin press yang satu ini lebih hemat biaya operasionalnya, namun, karena sumber tenaganya berasal dari tekanan yang dihasilkan dari kita sendiri, mesin manual ini hanya bisa digunakan untuk membengkokan atau membentuk plat besi tipis dengan ketebalan kurang dari 1mm hingga 2mm dan plat tersebut berbahan alumunium.
Manual Mress Machine
3. Mesin Press Mekanikal  (Mechanic Press Machine )
Selanjutnya, untuk mesin yang terakhir yaitu Mesin Press Mekanikal, Siapa sih yang tidak kenal dengan mesin press yang satu ini, mesin yang cukup populer di kalangan industri, mesin ini membuat pekerjaan menjadi ringan, selain mendapatkan sebuah tekanan yang sangat besar, kemudian pengontrolnya sudah menggunakan sistem elektrik dan tidak membuang banyak tenaga untuk menggunakannya. Sistem untuk menghasilkan sebuah tekanan pada mesin ini menggunakan motor listrik sebagai pendorong dari oli hidrolik tersebut. Kemudian untuk pengontrolnya tidak perlu menggerakan tuas poppa hidrolik, tinggal menekan tombol pada layar layaknya mesin CNC.


Banyak Jenis mesin press mekanikal yang digunakan pada industri kecil hingga yang bersekala Besar, untuk contoh pengaplikasiannya biasanya pada industri pembuatan box perabotan rumah-rumah seperti pembuatan safety box, Silent box, kitchen set dan berbagai jenis peralatan lain. Contoh yang tadi bisa di aplikasikan pada produksi industri rumah tangga, sedangkan untuk industri otomotif bisa di aplikasikan untuk beberapa contoh seperti body mobil, pembuatan bak belakang truk dan komponen-komponen yang lainnya. Sedangkan pengaplikasian bahan bangunan biasanya mesin press mekanik di gunakan untuk membuat atap rumah yang terbuat dari aluminium. Mungkin masih banyak pengaplikasian mesin press mekanik di dunia industri.

Mechanic Press Machine

***
Tag : Hydraulic
2 Komentar untuk "Pengenalan Mesin Press dalam Dunia Industri"

Mantap, bisa jadi referensi nih

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top