5 Tips Sukses Menjadi Marketing di Sosial Media

5 Tips Sukses Menjadi Marketing di Sosial Media

5 Tips Sukses Menjadi Marketing di Sosial Media - Mungkin ada hal yang melintas di benak anda, bagai mana cara menjadi marketing yang sukses di sosial media. Mungkin anda adalah seorang pengusaha yang sedang berusaha untuk Menjual produk yang anda punya, Kali ini mimin bakalan share kepada kalian, bagai mana menjadi marketing di media sosial. Tips ini siapa tau dapat menginspirasi anda untuk mengembangkan strategi pasar anda atau anda ingin belajar bagaimana marketing dengan menggunakan Sosial Media. Tanpa basa basi langsung aja mimin bakalan ngebahas "10 Tips Sukses Menjadi Marketing di Sosial Media".

Sosial Media, Mendengar kata tersebut sebagai orang yang sudah memasuki zaman yang penuh dengan perkembangan teknologi pastinya tidak bisa lepas dari yang namanya sosial media, atau teknologi sekalipun, Selain sebagai media untuk hiburan dan ajang bersosialisasi, ternyata sosial media bisa digunakan untuk membantu anda meningkatkan bisnis yang sedang anda jalanin, Sosial media pasti sudah terkoneksi dengan orang-orang di dunia, namun disini kita harus pandai-pandai dalam berteman dengan orang. Selain sebagai media penghubung antara teman maupun kerabat, sosial media bisa anda gunakan sebagai media marketing pula. Langsung kita bahas mengenai Tips apa saja yang bisa membantu anda melakukan marketing di sosial media.

1. Tentukan Satu Sosial Media Utama
Tips yang pertama yaitu menentukan salah satu sosial media utama yang digunakan untuk marketing, "kenapa harus 1, bukannya lebih banyak penggunaan sosial media malah lebih baik?", memang penggunaan sosial media lebih dari 1 lebih baik, namun anda harus tau ada beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan, yaitu :
  1. Biaya
  2. Waktu
  3. Ilmu
  4. Tenaga Manusia
Jika anda tidak memiliki ke 4 masalah tersebut, mungkin akun lebih dari 1 bisa menjadi tambahannya. Sosial media marketing memang sedikit sulit, bukan sekedar memposting barang yang bakalan di promosikan layaknya gambar meme atau postingan tweet yang lucu.


Pada saat awal melakukan marketing di media sosial tidak lah mudah, anda membutuhkan beberapa referensi, promosi dan lebih meningkatkan followers dari pengunjung, ada 3 hal dasar yang mimin saranin sebagai pemain baru :
  1. Audiens : anda bakalan targetkan pasar anda ke siapa?, anak muda atau orang tua.
  2. Konten : Pastikan anda sudah memiliki foto / video yang dapat membuat pembeli percaya bahwa barang yang anda jual memang bener-bener ada dan sesuai dengan apa yang di jual melalui foto / video
  3. Ukuran : Maksud disini, anda mematok barang yang anda jual, contoh anda menjual tas dengan stok 100 buah, pastikan sebelum mem post atau menjual lebih baik mengecek stok barang terlebih dahulu.
2. Terapkan Ciri Khas Marketing Anda.
Dari judulnya, anda bakalan sadar kalo marketing mempunyai ciri khas masing-masing dari setiap penjualan, Contohnya :

Ada tipikal yang serius :

Ada tipikal yang santai :

Kalo dilihat dari ke dua contoh diatas tidak ada yang salah dari ke-duanya, ke dua iklan tersebut menyampaikan ciri khas nya masing-masing tergantung dengan kepribadian yang dimiliki. Gambaran di atas bisa menjadi referensi anda mengenai kepribadian yang bakalan anda gunakan, mau yang Santai, Trgas atau Emosi, semua tergantung dengan anda!

3. Gunakan Strategi Konten pada Social Media.
Yang ke tiga merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam marketing di social media, dengan menerapkan strategi yang akan di pasarkan, dipastikan barang yang akan di jual bakalan naik dan mungkin bisa meningkatkan pendapatan anda, oleh sebab itu di step ke 3 ini anda haru sudah menyusunnya terlebih dahulu. 


Oh iya ada 3 hal yang menjadi patokan pada strategi konten di media social, apa aja sih itu? :
  • Pemilihan Waktu Posting : di sini kita bakalan terapin strategi kita dengan memikirkan kapan kita akan mem posting barang yang akan kita dagang atau kita jual, dengan mempertimbangkan hal tersebut diharapkan banyak pengunjung yang melihat barang yang kita dagangkan. Contoh : kita tahu kalau di instagram bakalan rame atau orang bakalan aktif pada siang hari, maka itu merupakan kesempatan emas sebagai peluang usaha anda. Posting barang yang anda dagangkan pada waktu-waktu yang tepat.
  • Kualitas Konten : Kualitas konten, maksudnya yaitu kualitas photo atau video yang kita share pada postingan di media sosial, Jangan share atau post konten yang kita degangkan tidak cocok dengan barang asli yang anda jual, hal itu bisa berdampak negatif pada saat barang tersebut di jual kepada pembeli, bisa jadi pada saat pembeli mengetahui barang tersebut tidak sama dengan yang di posting di photo, pembeli bisa saja meminta uangnya kembali dan tidak jadi membeli barang yang anda jual
  • Frekuensi Posting : maksud disini yaitu postingan yang kita posting, kalau bisa postingan yang sudah di posting memang bener dengan barang yang di dagangkan dan stoknya emang bener ada.
Meskipun barang yang anda jual emang bener-bener barang bagus, hal ini bisa salah jika ridak menerapkan ke tiga hal tersebut.

4. Memahami Perilaku Konsumen.
Selanjutnya, mimin saranin pada saat menjual barang, anda harus stand by dengan apa yang sudah di post, contoh : jam 10 anda post barang anda, kemudian anda stand by 1 jam atau 30 menit, dari yang di post untuk jaga-jaga apa bila ada pengunjung berminat untuk membeli barang anda.

Selalu paham apa yang di inginkan konsumen

Jika ada yang berminat atau anda sedang menawarkan barang dengan pembeli, gunakan bahasa yang sopan dan menarik, maksud menarik disini pembeli tertarik untuk membeli barang yang anda jual atau jasa yang anda tawarkan. pada saat menawarkan suatu barang di usahakan untuk selalu mempertahankan konsumen untuk terus berinteraksi dengan anda. Jadi, pembeli akan bersimpati dengan anda dan anda harus memahami apa keinginan dari konsumen.

5. Pantang Menyerah, Terus Raih Kesuksesan.
Semua sudah anda lakukan, mulai dari me manage akun penjualan anda di media sosial sampai anda berkontribusi terhadap kastemer, yang terakhir atur jadwal anda dan terus raih kesuksesan anda, Jangan mudah puas dengan yang sudah anda capai. Teruslah untuk melanjutkan, Membangun, dan meningkatkan Bisnis marketing anda di media sosial.

Jangan mudah putus asa!

Dari ke-5 Tips tersebut saya berharap bisa menjadi referensi anda mengenai berbisnis di dunia media sosial. Mudah-mudahan apa yang sudah anda capai dapat terus di lanjutkan lagi And See You Soon!

***
Tag : Sosial Media
6 Komentar untuk "5 Tips Sukses Menjadi Marketing di Sosial Media"

Buat Tips-Tips yang lain gan, tentang bisnis

Kalo paham perilaku konsumen sama jam tayangnya, itu emang rada sulit sih buat nentuin yang tepatnya.

Pengalaman saya tips buat memahami jalur marketing di sosial media, liat aja tren yang lagi booming. kalo bisa pas itu juga pemasaran berlangsung

Terimakasih sarannya. Mudah-mudahan pembaca blog bisa nambah pengalaman sama ilmu Marketing di Sosial Media

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top