Pengertian,Fungsi,Kelebihan dan Kekurangan Robot Manipulator (Arm Robot)

Pengertian,Fungsi,Kelebihan dan Kekurangan Robot Manipulator (Arm Robot)

Hallo pembaca sekalian. Kali ini saya akan membahas artikel mengenai dunia robotik, Nah robot yang saya bahas kali ini yaitu sebuah robot yang sudah sering digunakan didunia industri yaitu Robot manipulator. Robot ini merupakan jenis robot yang terdiri dari 1 part dri robot humanoid yaitu Arm Robot, Yap!. Mungkin dari pembaca sekalian sudah mengetahui apa itu robot Arm atau biasa disebut dengan robot manipulator. Untuk lebih jelas mengenai robot ini langsung aja kita bahas diartikel kali ini.

A. Pengertian Robot Manipulator (Arm Robot)
Mungkin ada yang sudah mengetahui apa itu robot arm atau robot tangan. Bisa juga disebut dengan robot lengan. Robot Manipulator adalah robot yang menggunakan motor penggerak berupa serfo dengan bentuk seperti tangan untuk mempermudah pekerjaan manusia di bidang insdustri dan memiliki beberapa part yang di kontrol dengan sistem kontroller otomatis. Robot ini dibekali dengan sensor yang dapat mendukung pergerakan dari arm robot itu sendiri. Arm robot memiliki beberapa engsel yang dapat membantu dalam penggerakannya, ada yang menggunakan 3 engsel ada yang menggerakkan hanya 4 titik penngerak saja dan ada yang terdiri dari 6 titik penggerak. semua itu tergantung dengnan pemesanan dari klayen itu sendiri. 

Robot ini meniru dari karakteristik manusia yaitu pada bagian tangan dan lengan. Seperti yang kita ketahui lengan kita memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan kita, maka dari itu tangan manusia diaplikasikan ke robot untuk membantu dalam mempermudah pekerjaan manusia. Berikut ini merupakan fungsi dari arm robot.

B. Fungsi Robot Manipulator (Arm Robot)
Nah kali ini kita akan membahas apa aja sih dungsi dari arm robot itu sendiri, Mungkin dari pembaca sekalian penasaran kan. Yuk langsung simak.
  • Arm robot atau Robot Manipulator berfungsi untuk membantu manusia di dunia industri seperti pengecatan barang di industri. Di dunia industri arm robot banyak digunakan untuk menggantikan peranan manusia seperti pengecatan barang salah satunya. Robot ini biasa digunakan didgunia otomotif seperti perusahaan ternama BMW,Mercedes dan sebagainya. Dengan adanya robot jenis ini, maka produk dapat dengan mudah untuk dicat dan dengan robot ini pula pengerjaan pengecatan dapat dilakukan dengan cepat dan merata tanpa membutuhkan tenaga manusia yang lebih.
  • Robot ini biasa digunakn untuk proses pemindahan atau Moving part dari tempat 1 ke tempat yang lainnya semisal akan memindahkan barang yang besar maka dengan mudah robot ini dapat memindahkannya tanpa membutuhkan alat berat untuk memindahkannya
  • Di dunia perkapalan sering kita jumpai adanya welder yang ahli dalam pengelasan, Nah semakin perkembangnya zaman maka terciptalah sebuah robot welder yang berasal dari Robot Manipulator. dengan adanya robot ini maka pengerjaan welding dapat dilakukan dengan cepat dan rapi dan tidak membutuhkan biaya yang besar untuk mengoprasikan dan perawatannya.
  • Selain membantu dalam dunia industri, Arm robot sudah termasuk dalam dunia edukasi. Untuk pengembangan lebih lanjut mengenai robot. Nah! disinilah hal yang paling penting dalam dunia robot. dengan adanya pengembangan di dunia edukasi, maka diharapkan dapat membantu untuk membuat robot yang lebih canggih lagi.
C. Cara Kerja Dasar dari Robot Manipulator (Arm Robot)
Ada yang tau gimana robot ini dapat bekerja dan bergerak, berikut ini merupakan penjelasannya :


Perhatikan pada gambar diatas ini, Pada gambar diatas merupakan part dari robot manipulator. yang terdiri dari 6 penggerak yang di sebut dengan exis. nah exis satu memiliki peran yang sangat penting yaitu untuk mengarahkan robot pada koordinat atau posisi yang sudah ditentukan, kemudian terdapat exis 2 atau penggerak 2. exis 2 memiliki peran untuk mengarahkan tinggi rendahnya letak pada arm robot. Ada juga axis 3, Nah! Axis 3 memiliki peran untuk mengatur tinggi atau rendahnya posisi dari lengan robot itu sendiri. Kemudian, ada Axis 4, engsel ini memiliki peran untuk mengarahkan posisi dari engsel tangan itu sendiri, biasanya axis 4 dapat bergerak ke kanan maupun ke kiri. kemudian ada penggerak ke 5 atau disebut axis 5. axis ini dapat bergerak 360 derajat dan yang terakhir yaitu axis 6. Axis 6 berperan untuk menjepit sebuah benda biasanya di axis 6 ada yang digunakan untuk pengelasan, penjepitan dan bahakan ada yang digunakan untuk painting, semua itu tergantung dengan kebutuhan dari industri masing-masing.

Berikut ini merupakan contoh gambaran pengaplikasian dari arm robot itu sendiri.

Perakitan mobil menggunakan arm robot

Proses peletakan telur telur 

Pengelasan pada part di industri

D. Kelebihan dan Kekurangan
Dari artikel pembahasan diatas mungkin pembaca sekalian ada yang sudah tau kelebihkan dan kekurangan dari arum robot itu sendiri.

1. Kelebihan Robot Manipulator (Arm Robot)
  • Dengan adanya robot ini maka pekerjaan manusia dapat dengan mudah dikerjakan. Maksudnya pekerjaan manusia yang berbahaya dapat dilakukan dengan arm robot atau robot manipulator
  • Dengan adanya robot ini maka hasil dari proses pengerjaannya rapih dan tidak membutuhkan biaya yang besar untuk perawatan dan pengoprasiannya
  • Untuk perkembangan didunia edukasi peran robot ini sangat membantu dalam pembelajaran di perkuliahan atau anak-anak.
2. Kekurangan Robot Manipulator (Arm Robot)
  • Seiring perkembangan jaman maka pekerjaan manusia sudah di gantikan oleh robot. Sehingga banyak nya pengangguran dimana-mana.
  • Dalam pemrogramannya memiliki ringkat kesulitan yang cukup rumit.
Mungkin cukup sekian pembahasan pada artikel kali ini, Jika ada pertanyaan bisa comment di kolom bawah. See you next time!

***
Tag : Robotic
1 Komentar untuk "Pengertian,Fungsi,Kelebihan dan Kekurangan Robot Manipulator (Arm Robot)"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top