Pengertian,Fungsi dan Jenis PLC

jenis PLC

Hallo pembaca sekalian. Di artikel kali ini saya akan membahas mengenai PLC, Mungkin dari pembaca sekalian ada yang sudah tau PLC itu apa? dan mungkin ada yang belum tau tentang PLC. Kali ini saya akan membahas mengenai pengertian dari PLC itu sendiri,Fungsi serta jenis dari PLC. Langsung aja yuk kita bahas!. 

A. Pengertian PLC.

Secara umum PLC adalah suatu alat pengontrol yang dapat diprogram untuk mengontrol sebuah proses atau untuk pengoprasian mesin yang terdiri dari beberapa input serta output. Untuk pengertian PLC menurut saya sendiri adalah sebuah komponen pengontrol yang terdiri dari sinyal input dan sinyal output dan program yang di berikan ke PLC untukl menjalankan atau mengontrol sebuah mesin yang sudah di program oleh programmer. Sedangakan Kontrol program dari PLC adalah menganalisa sinyal input dan mengatur keadaan pada output sesuai dengan program yang dibuat oleh pemakai.

ketika Input di beri arus pada PLC maka Inputan tersebut akan aktif dan membuat sebuah memory di dalam PLC untuk melakukan instruksi berupa logika yang sudah di program pada keadaan inputnya. Untuk memberi sinyal inputan kita bisa menggunakan peralatan berupa sensor, baik itu sensor proximity maupun sensor mekanik yang lainnya, Push Button, Limit switch ataupun peralatan lain yang dapat memberikan sinyal kepada inputan PLC. Output pada PLC berupa switch yang dapat menyalakan sebuah indikator,relay yang dapat menggerakan motor atau peralatan lain yang dapat digerakkab oleh sinyal output dari PLC itu sendiri.

Kemudian pada PLC terdapat memory yang dapat diprogram untuk menyimpan yang bisa melakukan fungsi-fungsi khusus, seperti : Sekuensial, Logika waktu atau biasa disebut dengan (TIMER) dan juga aritmatika. di tambah lagi kita dapat menggunakan logika dalam PLC untuk memprogram sebuah mesin yang membutuhkan banyak persyratan. Untuk belajar mengenai Gerbang Logika bisa klik link berikut ini " Gerbang Logika ".

B. Prinsip Kerja PLC.

PLC merupakan perangkat elektronik yang terdiri dari Microcontroller sebagai monitoring keadaan dari Inputan, kemudian di analisa sesuai dengan kebutuhan dari seorang programmer untuk mengontrol outputan dari PLC. Sinyal input terdiri dari 2 jenis,yaitu :
1. Analog Input card
2. Digital Input Card

Setiap inputan memiliki alamat yang berbeda-beda dan diproses oleh sebuah microcontroller menurut alamat yang sudah di tentukan yang digunakan untuk memanggil berdasarkan alamatnya. Banyaknya inputan yang dapat diproses tergantung dengan jenis PLC yang digunakan, Sinyal output dikeluarkan PLC sesuai dengan alamat yang sudah diprogram oleh programmer. ada 2 jenis output card, yaitu :
1. Analog Output card 
2. Digital Output card

setiap output dan input(I/O) mempunyai alamat yang sudah di tentukan oleh PLC, ada alamat input yang hanya memiliki 10 port  dan 6 output ada juga yang memiliki inputan sebanyak 28 atau 40 dan output terdiri dari 20 port. semua itu tergantung dengan jenis yang digunakan. Untuk memprogram sebuah PLC, setiap produk PLC sudah dibekali dengan software yang didukung untuk memprogram sebuah PLC. semisal kalian memiliki PLC dengan Merek Omron maka dari pihak OMRON itu sendiri sudah dibekali software programmer yaitu "CX-one" kemudian kalian punya PLC dengan merek Scneider, dari pihak scneider itu sendiri juga dibekali software programmer yaitu Zelio.

C. Merek PLC di pasaran International.

Berikut ini merupakan perusahaan yang memproduksi PLC (Program Logic Control) versi saya, yaitu :


Logo perusahaan diatas merupakan logo dari perusahaan yang memproduksi PLC yang menurut saya populer atau sering digunakan dikalangan industri. Untuk saya sendiri sering menggunakan PLC Omron sebagai kebutuhan maupun pembelajaran mengenai PLC. Secara umum, Semua PLC memiliki Basic yang sama, Namun, tergantung dengan pemrogrammernya sendiri.

D. Jenis-Jenis PLC.

Selain merek dari PLC itu sendiri, PLC juga memiliki jenis yang berbeda. PLC terdiri dari 2 jenis PLC yaitu PLC Compact dan PLC Modular. Berikut ini merupakan gambar dari PLC Compact dan PLC Modular :

1. PLC Modular
Pada PLC ini memiliki beberapa ciri-ciri yang mencolok untuk membedakan PLC Modular dengan PLC compact. Berikut ini ciri-ciri dari PLC Modular :

  • PLC ini memungkin pengguna untuk menambah modul-modul khusus seperti port input dan output
  • Memiliki ukuran yang cukup besar dibandingkan dengan PLC compact
  • Komponennya terpisah dari yang lain
  • Memungkinkan untuk dapat ekspansi jumlah input maupun outputnya


Jenis-Jenis PLC
PLC Modular


2. PLC Compact
Pada PLC jenis ini memiliki beberapa ciri-ciri, yaitu :

  • Pada umumnya PLC ini berukuran kecil di bandingkan dengan PLC Modular
  • PLC jenis ini tidak dapat di tambahkan modul-modul khusus
  • Tidak bisa ditampahkan Port input dan juga output
  • Hanya memiliki jumlah port input dan output yang terbatas, tergantung dengan ukuran dan penggunaan PLC-nya.
  • Seluruh part komponon sudah menyatu menjadi kesatuan PLC (CPU, Power supply,Input output dan komunikasi seperti downloader atupun port HMI dan lainnya).
PLC Omron

***

Tag : PLC
4 Komentar untuk "Pengertian,Fungsi dan Jenis PLC "

Wah ini yang saya ingin tau penjelasannya. Lengkap banget gan. Saya masih awam banget tentang ini, kalau boleh tau harga plc dipasaran berapa yah mas?

Untuk harga tergantung dengan jenis,merek dan ukuran nya gan. masing masing merek memiliki harga yang berbeda -beda. Tapi kalo agan mau PLC dengan ukuran yang kecil jenis PLC compact kisaran 2 jutaan untuk merek Omron

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top