Perbandingan Arduino VS Raspberry PI

Hallo pembaca sekalian, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai arduino dan juga Raspberry. Namun, saya tidak mebahas keduanya tidak cukup detail, hanya point-point tertentu yang digunakan untuk membedakan ke-2 microcontroller tersebut. Sebenarnya enakan menggunakan yang manasih antara Arduino dan Raspberry Pi. Untuk lebih lengkapnya yuk simak cuplikan artikel berikut ini

Perbandingan Arduino VS Raspberry PI

Arduino dan Raspberry Pi adalah sebuah microcontroller yang populer digunakan di kalangan siswa, mahasiswa, penggemar dan profesional. kedua microcontroller tersebut memiliki peran yang penting untuk pengembangan sebuah teknologi. Dengan adanya 2 micro tersebut diharapkan dapat mempermudah dan membantu siswa maupun mahasiswa untuk mempelajari microcontroller untuk para pemula. Untuk yang sudah mahir dan paham dengan microcontroller tersebut diharapkan dapat dikembangkan sebagai teknologi yang teoat dan berguna dikalangan masyarakat. Namun banyak siswa maupun mahasiswa yang bingung. Untuk mempelajari sebuah sistem microcontroller bagusnya mempelajari arduino atau Rapsberry pi?. Ke-2 nya cukup bagus untuk pemula yang ingin mempelajarinya, hal itu tergantung dengan diri masing-masing. Pada artikel kali ini saya akan membahas bagian besar dari semua aspek yang membuat siswa maupun mahasiswa untuk mengambil keputusan atas pemilihan Arduino atau Rapsberry Pi. Yuk! langsung simak.

A. Pengertian Rapsberry PI
Rapsberry Pi adalah sebuah (Single Board Computer) dengan ukuran seperti kartu kredit yang dikembangkan oleh sebuah yayasan Rapsberry Pi di Inggris dengan tujuan untuk memicu pengerjaan dibidang ilmu komputer dasar di sekolah. Rapsberry Pi dikenalkan pada tahun 2012 dengan processor Broadcom BCM2835 (SOC) yang sudah dibekali dengan 700 MHz CPU. Untuk Graphics di bekali dengan Video Core IV GPU dan memiliki RAM 265 MB untuk tipe A dan 512 MB untuk tipe B pada generasi pertama. Sejak terciptanya Rapsberry Pi di ikuti dengan perkembangan zaman yang semakin pesat Rapsberry Pi sudah dilengkapi Processor yang cukup tinggi dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Mungkin cukup sekian pengertian dari Rapsberr Pi serta sejarah awal dari terciptanya sebuah komponen Rapsberry Pi.

Pengertian Rapsberry Pi
Rapsberry Pi

B. Pengertian Arduino
Arduino Mungkin sebagian dari pembaca sekalian udah tau apa itu arduino. Arduino adalah pengembangan mikro single-board yang berdifat open-source,yang sudah terdiri dari wiring platform, dan dirancang untuk memudahkan dalam pembelajaran microcontroller bagi pemula dalam bidang elektronik dan yang lainnya. Arduino dibekali dengan Hardware prosessor Atmel AVR dan Software pendukung yang disediakan oleh pihak Arduino itu sendiri dengan bahasa pemrograman sendiri. Oh iya, maksud dari Single-Board itu sendiri yaitu Perangkat khusus berupa modul elektronik yang berbentuk komponen yang sudah jadi dan juga siap untuk dipakai.

Pengertian Arduino
Arduino

Meskipun ke-dua produk tersebut sangat berbeda, Namun, ada beberapa kesamaan dalam hal penciptaan awalnya. Ke dua perangkat Hardware tersebut diciptakan untuk membantu pelajar atau siswa maupun mahasiswa untuk lebih mudah mempelajari sistem controller dan diharapkan dengan adanya inovasi tersebut dapat mengembangkan alat yang canggih dan bisa bermanfaat dilingkungan masyarakat. Dari masing-masing perangkat memiliki keuntungan yang berbeda-beda, berikut penjelasannya :

C. Keuntungan Arduino atas Rapsberry Pi :
Seperti yang kita ketahui arduino memiliki tingkat kemudahan yang pas untuk pemula, mulai dari sensor analog, motor dan komponen lainnya dengan menggunakan arduino hanya memerlukan beberapa baris program saja, lain hal nya dengan Rapsberry Pi yang membutuhkan beberapa baris yang cukup banyak untuk membaca sensor saja. Untuk menghubungkan Arduino dapat dengan mudah diakses serta lebih sederhana, Lain halnya dengan Rapsberry yang pemrogramannya membutuhkan perangkat Linux untuk programnya.

Learn Arduino


Untuk penggunaan daya, Arduino lebih unggul dari Rapsberry. Pada Arduino membutuhkan dayang yang lebih sedikit dapat dengan mudah diaktifkan menggunakan baterai, sedangkan Rapsberry membutuhkan catu daya 5V secara terus menerus dan sulit untuk menjalankannya menggunakan baterai. Untuk masalah harga Arduino memiliki harga yang cukup masyarakat dan pas dikantong namun tergantung fersi yang kita beli. Sedangkan Rapsberry agak mahal dibandingkan Ardiono dengan harga kisaran Rp 500.000.00

D. Keuntungan Rapsberry Pi atas Arduino :
Mungkin dari pendapat pembaca sekalian lebih baik menggunakan arduino dari pada Rapsberry, Tapi tunggu dulu, Rapsberry memiliki beberapa keunggulan yang didapat dari pada Arduino. Selain itu Rapsberry Pi dapat dengan mudah melakukan banyak sekaligus layaknya komputer, Emangsih dasar dari Rapsberry hampir persis layaknya komputer mini. kemudian disediakan juga Server Web, Server VPN dan juga server Cetak, Server database dan lain sebagainya. Untuk Rapsberry memiliki 40 kali lebih cepat dari pada Arduino, Kita dapat mengirim surat. Kemudian pada Rapsberry Pi terdapat Port Ethernet dimana dapat langsung terhubung ke dalam Jaringan



E. Kesimpulan
Seperti yang kita simak barusan, beberapa dari kalian mungkin ada yang mengatakan kalo Arduino lebih baik untuk pemula yang baru mengela program C++ secara dasar. Sedangkan untuk Rapsberry Pi mungkin hanya digunakan untuk membuat sebuah projek yang membutuhkan port banyak. Oke cukup sekian pembahan kita kali ini. Langsung bagi kan ya artikelnya. Mungkin dapat bermanfaat kelak nantinya.


***
Tag : Electrical
0 Komentar untuk "Perbandingan Arduino VS Raspberry PI"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top