Pengertian dan Cara Kerja Electro Pneumatic System

Pengertian dan Cara Kerja Electro Pneumatic System
"Apa itu Elctro Pneumatic?"
     
Menurut saya pribadi tentang pengertian Electro Pneumatic adalah sebuah sistem rangkaian electronika yang digunakan sebagai control sitem Pneumatic, jadi peran rangkaian electro disini digunakan sebagai pengontrol yang di padu dengan pneumatic, penggunaan sistem ini banyak digunakan dalam dunia industri, selain tidak memakan banyak biaya, juga tidak memakan banyak tempat yang dibutuhkan, komponen yang digunakan untuk membuat rangkaian electro Pneumatic pun sangat mudah didapat.

"Peran Electro Pneumatic Apa aja?"

Jika rekan pembaca berkunjung di suatu industri sebenanya banyak pekerjaan mesin yang menggunakan sistem pneumtaik, peran pneumatik biasanya diterapkan pada dunia industri. sistem ini sangat membantu pada sebuah mesin untuk melakukan sebuah pekerjaan, istilah lainnya peran ini dapat menggantikan semua pekerjaan manusia, mungkin dari sisi positifnya kita tidak memerlukan banyak biaya untuk membuat sebuah produk tetapi di sisi negatifnya lapangan pekerjaan semakin berkurang.

"Apa Saja Keuntungan dari Sistem Elctro Pneumatic?"

  • Lebih banyak variasi yang bisa diubah ubah
  • tidak membutuhkan banyak biaya
  • lebih efisien dalam memperbaiki suatu sistem
  • tidak membutuhkan banyak tempat
  • mudah di aplikasikan

"Apa Saja Kekurangan dari Sistem electro Pneumatic Apa?"
  • Mekanisme yang kurang kokoh
  • Memerluakan 2 Supply, yaitu Angin dan Arus Listrik
Berikut ini merupakan contoh rangkaian sederhana penggunaan Sistem Electro Pneumatic:
 
Pada rangkaian diatas merupakan rangkaian sederhana dari penggunaan electro Pneumatic, bisa dilihat di sana ada beberapa ko mponen yang digukan dalam rangkaian tersebut, yaitu silinder kerja tunggal, solenoid tombol NO dan arus, serta supply udara. cara kerjanya cukup mudah, saat tombol di tekan maka arus 24 Volt akan mengalir ke solenoid, dan solenoid pun aktif sehingga solenoid melakukan perpindahan katup melalui lubang nomer 1 dan keluar melalui lubang nomer 2, sehingga angin terisi untuk mendorong silinder kerja tunggal menjadi minimum.

Cukup simple untuk contoh rangkaian diatas, kalian bisa mengembangkannya dengan menambah relay, timer dan sensor. Untuk lebih signifikan dalam sebuah sistem Electro Pneumatic, kalian bisa menambahkan PLC untuk membuat suatu system dengan menambah kemampuan penggerak system yang terdapat pada Electro Pneumatic.

Peran PLC disini sangat membantu dalam pembuatan System pneumatic, selain untuk mempermudah suatu proses yang terdapat pada system, kita juga bisa membuat system yang berbentuk gerbang logika tanpa membutuhkan banyaknya jumlah relay yang kita gunakan. disisi lain penggunaan PLC dapat mempermudahn seorang maintanance untuk membetulkan suatu mesin apabila terjadi Trouble Shoting.

Mungkin cukup sekian pembahasan mengenai Electro Pneumatic, pembaca sekalian bisa berkunjung di website saya seputar ilmu technic, semoga bermanfaat.

***
Tag : Pneumatic
1 Komentar untuk "Pengertian dan Cara Kerja Electro Pneumatic System"

Oalaha, saya baru paham mengenai elektro pneumatic..

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top