Pengertian dan Contoh Penggunaan Normaly Open and Normaly Close

Pengertian dan Contoh Penggunaan Normaly Open and Normaly Close

Normaly open
Normaly Open.
Normaly Open atau dalam bahasa indonesia kalau di artikan berarti keadaan normal kebuka, maksudnya di sini keadaan normal kebuka yaitu, kondisi awal pada saat belum terjadi tekanan perubahan keadaan awalnya masih terbuka oleh sebab itu kondisi ini  disebut juga dengan Normaly Open.

Normaly Close
Normaly CloseNormaly Close atau dalam bahasa indonesia kalau di artikan berarti keadaan normal yang tertutup. maksudnya disini keadaan normal ketutup yaitu, kondisi awal pada saat belum terjadi tekanan atau perubahan fisik maka keadaan  awalnya masih tertutup, jika terjadi perubahan pada normaly close maka yang terjadi akan memutuskan suatu sistem atau arus.

Kontak NO dan NC terdapat pada kontak relay, nah kontak relay inilah yang digunakan untuk memutuskan ataupun mengaktifkan NO dan NC tersebut, Jika Kontak NO aktif berarti rangkaian akan tersambung, namun jika kontak relay tidak aktif maka Kontak NO akan membuka kembali ke posisi awal, untuk kontak NC hampir sama seperti itu, saat Relay aktif maka kontak NC akan memutus, sedangkan saat Relay tidak aktif maka Kontak pun menyambung kembali. Untuk lebih jelas mengenai kontak relay tersebut bisa dilihat pada gambar dibwah ini.

NO dan NCPada Gambar di atas merupakan contoh kontak NO dan kontak NC saat aktif, mungkin kaian dapat membayangkan bagai mana kontak itu dapat mengalirkan dan memutuskan suatu arus. Cukup simple untuk di pelajari namun hal ini lah yang sangat penting.

Dengan adanya kontak kontak ini kita bakalan bisa membuat suatu sistem dengan berbagai tipe pengunci maupun kita dapat menggunakan gerbang logika dengan menggunakan ke-2 kontak tersebut.


Pengaplikasian NO dan NC
Pada rangkaian dibawah ini merupakan pengaplikasian dari NO dan NC, bisa dilihat dibawah terdapat kontak NO dan kontak NC pada Relay. Kemudian ada NO dan NC yang terdapat pada Tombol.
Ketika tombol Start ditekan maka arus 24v akan tersalurkan ke relay, kemudian akan mengaktifkan relay yang membuat kontak NO pada relat aktif, sehingga terjadilah sistem pengunci pada saat tombol start kembali ke posisi awal. Kontak K1 pada line nomer 3 aktif dan membuat lampu menyala.


***
Tag : Electrical
0 Komentar untuk "Pengertian dan Contoh Penggunaan Normaly Open and Normaly Close"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top