Pengertian,Fungsi dan Cara Kerja Katup Tunda Waktu NO dan NC (Timer Pneumatic)

Pengertian,Fungsi dan Cara Kerja Katup Tunda Waktu NO dan NC (Timer Pneumatic)

Pengertian, Fungsi dan Cara kerja katup tunda waktu NO dan NC _-_ Pada pembahasan kali ini penyusun akan membahas sedikit tentang Katup Timer, mungkin diantara pembaca sekalian masih pada bingung apa itu katup Timer, mungkin di benak pikiran para pembaca sekalian pada bertanya - tanya, "Fungsi katup timer apa sih?", "membedakan NO dan NC gimana?", " Cara kerjanya gimana?". Yap!, langsung aja penyusun bahas dibawah ini.

Pengertia dari Katup Tunda Waktu adalah katup yang dirancang sedemikian rupa dengan penambahan komponen pendukung yang digunakan untuk menunda waktu yang terdiri dari kombinasi katup 3/2, katup kontrol aliran 1 arah dam tangki udara. Lalu untuk menghitung waktu dari awal pada saat di aktifkan (NO) atau menghitung waktu setelah proses (NC). Dengan adanya  tambahan berupa tangki udara, waktu dapat di perlambat dengan perubahan waktu secara akurat jika, udara bersih dan tekanan relatif stabil.

Mungkin pengertian di atas dapat membantu pembaca sekalian mengenai Katup Tunda waktu, katup ini di dunia Pneumatic digunakan untuk mengantisipasi bentrokan siklus pneumatic dan memberikan jeda waktu yang terdapat pada mesin industri yang menggunakan Pneumatic. Katup tunda waktu di bagi menjadi 2 jenis, yaitu katup Timer NO dan Katup imer NC.

Katup Tunda Waktu NC
Gambar di samping adalah contoh gambar dari katup tunda waktu (timer) NC, katup ini akan menghitung apabila saat timer di aktifkan lebih awal maka timer tersebut akan menghitung terlebih dahulu, setelah mencapai batas waktu yang di tentukan maka katup akan bergeser dan berganti menjadi NO. pada gambar katup timer di samping terdiri dari 4 lubang yang memiliki peran yang berbeda beda. Antara lain yaitu:
  1. Lubang 12 (Z) digunakan sebagai masukan angin untuk mengaktifkan perhitungan waktu yang sudah ditentukan.
  2. Lubang 3 (R) digunakan sebagai pembuangan angin yang disalurkan dari lubang 2(A) lalu ke lubang 3 (R).
  3. Lubang 2 (A) digunakan untuk menyalurkan angin dari lubang nomer 1(P).
  4. Lubang 1(P) digunakan untuk masukan supply udara.
Pada gambar di atas sudah cukup jelas mengenai katup tunda waktu NC, mulai dari simbol Pneumatic nya, hingga pergerakan katup saat posisi awal dan posisi ke duanya.


Katup Tunda Waktu NO
Gambar di samping merupakan contoh gambar dari katup tunda waktu (timer) NO, katup ini akan menghitung pada saat masukan 12 (R) di beri angin, dan katup dalam kondisi NO maka angin akan di salurkan ke keluaran lubang nomer 2 (A), pada saat tangki timer sudah mencapai batasnya atau angin yang masuk sudah mememnuhi kapasitas timing yang di tentukan, maka katup akan bergeser yang tadi NO menjadi NC, sehingga angin tidak sampai ke katup kontrol. Sama seperti Katup Tunda Waktu NO, katup ini memiliki 4 lubang yang memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Antara lain yaitu :
  1. Lubang 12 (Z) digunakan sebagai masukan angin untuk mengaktifkan perhitungan waktu yang sudah ditentukan.
  2. Lubang 3 (R) digunakan sebagai pembuangan angin yang disalurkan dari lubang 2(A) lalu ke lubang 3 (R).
  3. Lubang 2 (A) digunakan untuk menyalurkan angin dari lubang nomer 1(P).
  4. Lubang 1(P) digunakan untuk masukan supply udara.
Gambar Katup Tunda Waktu (Katup Timer)
Mungkin pembaca sekalian pada belum tau bentuk dari Katup tunda waktu, Pembaca sekalian bisa lihat pada gambar dibawah ini.
katup NO dan NC

Tidak ada yang berbeda dengan masing masing fungsi lubang pada katup tunda waktu, yang membedakan cuman peletakan NO dan NC, Baiklah cukup sekian pembahasan kali ini dan semoga bermanfaat!

***
Tag : Pneumatic
2 Komentar untuk "Pengertian,Fungsi dan Cara Kerja Katup Tunda Waktu NO dan NC (Timer Pneumatic)"

Kalo saya baca, fungsinya hampir sama seperti timer pada umumnya ya..

bagus karena ada karakter genshin :^

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top