Monometer : Pengertian, Jenis dan Fungsinya (LENGKAP!)


Jenis-Jenis Monometer - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas suatu alat ukur, yang mana alat ukur ini cukup populer digunakan kalangan industri. Untuk memeriksa isi tabung gas elpiji (LPG) biasanya kita melihat langsung indikator alat ukur yang terpasang pada regulator. alat ukur tersebut disebut dengan istilah Monometer. Sebelum masuk ke penjelasan lebih lanjut, apa itu monometer? 

Monometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur tekanan suatu fluida dalam ruang tertutup. Contohnya yaitu monometer yang ada pada regulator gas elpiji. Pada dasarnya suatu fluida pada saat dimasukan ke ruangan tertutup maka mempunyai suatu tekanan. Semakin banyak fluida yang dimasukan ke dalam ruang tertutup tersebut maka tekanan fluida akan semakin besar. 

Jika dilihat dari besarnya tekanan tersebut, anda mungkin bisa lihat pada monometer. Monometer termasuk ke dalam kategori alat ukur tidak langsung, sehingga butuh alat yang bisa menentukan suatu nilai tekanan. Kemudian ada jenis-jenis dari monometer yang mungkin bisa di jadikan referensi anda. Berikut ini jenis-jenis monometer berdatarkan bentuk fisiknya.

1. Monometer Tabung U (U-Tube Monometer)
Jika dilihat dari bentuk fisiknya, monometer tabung U terdisi dari tabung yang berbentuk U dan di dalam tabungnya berisi cairan monometer. Untuk lebih jelas bentuknya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.


2. Monometer Tabung U Diferensial (Differential U-Tube)
Monometer tabung U diferensial mirip dengan tabung U-tube monometer biasa. Jika dilihat lebih detail dari bentuk fisiknya, perbedaannya terletak pada salah satu titik pipa yang lebih tinggi dari pipa lainnya. Monometer tabung U differensial biasanya digunakan sebagai pengukur perbedaan tekanan.


3. Monometer Mikro
Monometer jenis ini merupakan modifikasi dari jenis monometer sebelumnya. Jenis Monometer mikro digunakan untuk mengukur tekanan yang sangat kecil atau mempunyai variasi tekanan yang cukup rendah. sehingga mempunyai tingkat ketelitian ukur yang sangat tinggi.


4. Monometer Miring (Inclined Monometer)
Jenis monometer miring atau biasa disebut inclined monometer merupakan salah satu jenis monometer yang mempunyai tingkat yang sangat tinggi dibandingkan dengan monometer vertikal. sehingga hasil pengukurannya sangat akurat. 


5. Monometer Tabung U Terbalik
Monometer tabung U terbalik merupakan jenis yang digunakan untuk mengukur perbedaan tekanan fluida yang sangat kecil dan hanya digunakan untuk mengukur tekanan vakum saja.


6. Piezometer
Piezometer adalah alat ukur yang berfungsi untuk mengukur tekanan pori air dan permukaan air tanah. Piezometer juga bisa digunakan untuk meprediksi stabilitas lereng merancang untuk tegangan lateral dan mengevaluasi keefektifan drainase.


Demikian pembahasan singkat pada artikel ini, jika ada yang ingin di tanya atau saran bisa langsung komen di kolom komentar. Sekali lagi, untuk dedikasi jenisnya saya membaginya berdasarkan bentuk fisiknya. Sebenarnya masih ada lagi dedikasi jenis dari monometer. Semoga ilmunya bermanfaat. Thank you.

***
Tag : Mechanical
0 Komentar untuk "Monometer : Pengertian, Jenis dan Fungsinya (LENGKAP!)"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top