Jenis-Jenis Gerganji Mesin dan Fungsinya (LENGKAP!)


Jenis-Jenis Gerganji Mesin - Banyak industri-industri yang mulai memanfaatkan keberadaan power tool sebagai alat yang praktis untuk mengerjakan sebuah pekerjaan mekanik. Salah satu jenis power tool yang sering digunakan yaitu mesin gergaji (Sawing Machine), sebelum memulai pembahasan ada baiknya memahami basic pengertian gergaji mesin. Mesin Gergaji / Gergaji Mesin adalah alat perkakas yang berguna untuk memotong benda kerja. Mesin gergaji merupakan mesin pertama yang menentukan proses lebih lanjut dalam memotong benda kerja. Dapat dimaklumi bahwa mesin ini mempunyai kepadatan operasi yang relatif tinggi pada bengkel-bengkel produksi. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai jenis-jenis mesin gergaji dan fungsi mesin gergaji.

1. Band Saw (Stationary)
Gergaji yang memiliki ukuran yang cukup tinggi. Mempunyai puli-puli di bagian atas dan bawah meja potong untuk menggerakkan pita kontinyu atau bisa juga disebut dengan sabuk. Sabuk ini mempunyai gigi-gigi halus yang dapat memotong benda kerja.


Gergaji ini sangat cocok diaplikasikan untuk pemotongan dengan lengkungan yang rumit. Namun memiliki keterbatasan untuk kedalaman beberapa inch. Cocok untuk pengerjaan pemotongan kayu, tabung, PVC dan pipa.

2. Band Saw (Portable Saw)



Mesin gergaji band saw adalah versi kecil dari band saw (stationer). Mesin ini bisa melakukan sebagian pekerjaan yang sama seperti jenis gergaji band saw (stationer). Kelebihan dari gergaji ini yaitu bisa dibawa atau dipindahkan dengan mudah, untuk kegunaannya sendiri biasanya band saw (Portable Saw) digunakan untuk memotong pipa paralon dengan cukup mudah

3. Chainsaw



Chainsaw adalah jenis gergaji yang menggunakan rantai yang terdapat gigi ripping untuk proses pemotongannya. Chainsaw termasuk ke dalam kategori jenis band saw. Gergaji jenis ini umumnya digunakan untuk pengerjaan kayu seperti penebangan pohon

4. Mini Chainsaw
Mini Chainsaw merupakan versi kecil dari chainsaw. Gergaji ini dirangcang supaya pemotong dapat dengan mudah untuk melakukan pemotongan ringan. Karena ukurannya yang kecil sehingga lebih ringan dibandingkan dengan jenis yang besarnya (chainsaw).

5. Chop Saw
Chop Saw merupakan gergaji bundar portable yang memiliki ukuran cukup besar. Biasanya digunakan untuk melakukan pemotongan logam atau batu. Untuk melakukan pemotongan beton, biasanya ditambahkan cairan untuk mengurangi debu pada saat proses pemotongan.


Gergaji ini menggunakan bilah ompong yang terbuat dari material abrasive khusus supaya pada saat melakukan pemotongan  lebih mudah. Chop saw juga dikenal sebagai abrasive saw, cut-off saw, atau concrete saw.

6. Circular Saw



Gergaji Circular Saw yang biasa disebut dengan buzz saw. Gergaji ini mempunyai pisau bergerigi yang mempunyai diameter sekitar 7 hingga 9 inch. Gergaji ini adalah jenis gergaji mesin yang paling umum digunakan. Cocok untuk proses pemotongan kayu, plastik, logam, batu dan masih banyak yang lainnya.

7. Compound Miter Saw

Gergaji yang bisa digunakan untuk melakukan proses pemotongan lurus dan simetris. Pisau pada gergaji compound miter saw mampu untuk berputar ke atas maupun ke bawah. Pisau pada gergaji ini dipasang pada lengan yang dapat disesuaikan sudutnya. Sehingga dapat melakukan pemotongan yang kompleks dan cukup rumit.

8. Jigsaw

Jigsaw biasa disebut dengan Gergaji genggam, jigsaw memiliki bilah potong yang pendek dan bergigi halus. Gerakan bilah potongnya naik-turun dengan kecepatan yang bervariasi (dapat diatur). Gergaji ini dirancang khusus untuk pemotongan kurva dan garis-garis yang tidak lurus lainnya. Memiliki dua jenis yaitu, dengan kabel atau tanpa kabel.

9. Flooring Saw



Flooring Saw merupakan Gergaji yang dalam penggunaannya diletakkan di lantai. Biasanya diaplikasikan untuk memotong bahan keramik dan bahan bangunan yang lainnya. Keuntungan menggunakan jenis gergaji ini adalah anda tidak perlu repot-repot memindahkan benda kerja ke tempat yang tinggi.

10. Radial arm saw



Radial Arm Saw adalah Gergaji yang memiliki lengan yang memanjang di atas meja sebagai tempat motor beserta pisaunya. Radial Arm Saw memungkinkan penggunanya untuk melakukan proses pemotongan yang identik, simetris, dan lain-lain.

11.  Miter Saw

Miter Saw merupakan Gergaji mesin yang cocok digunakan untuk melakukan pekerjaan yang presisi dan pemotongan sudut. Gergaji ini dapat dimiringkan sampai 45° ke kedua sisinya.

12. Rotary Saw (Gergaji Mesin Rotari)



Rotary Saw merupakan jenis Gergaji yang mempunyai bilah potong tetap dan gagang tipe screwdriver. Bisa digunakan untuk pekerjaan kerajinan maupun konstruksi. Rotary Saw sangat cocok digunakan untuk memotong dinding dan perbaikan. Gergaji jenis ini cocok digunakan untuk pemotongan yang kecil.

13. Reciprocating Saw


Reciprocating saw sangat mirip dengan jenis gergaji jigsaw yang gerakan bilahnya bolak-balik dengan cepat. Biasanya reciprocating saw digunakan untuk memotong tabung, kayu dan plastik. Selain itu bisa digunakan untuk memotong bagian bawah dinding atau sambungan kayu.

14. Scroll Saw


Scroll Saw adalah gergaji yang beroperasi menggunakan sabuk (pita) atau sebuah bilah kontinyu. Gergaji jenis ini berfungsi seperti coping saw. Dirancang khusus untuk melakukan pekerjaan yang rumit, garis spiral,  dan lain-lain. Keunggulan dari scroll saw adalah dapat digunakan untuk membuat kurva.

15. Table Saw (Mesin gergaji portable berbasis meja)



Table saw mempiliki bilah yang cenderung lebih besar daripada rotary saw dan terdiri dari motor berkecepatan tinggi yang dipasang di bawah meja datar. Untuk menyesuaikan kedalaman pada saat pemotongan, bilah muncul dari alas meja. Gergaji ini sangat cocok digunakan untuk melakuakn pemotongan dengan ukuran yang identik.


***
Tag : Mechanical
0 Komentar untuk "Jenis-Jenis Gerganji Mesin dan Fungsinya (LENGKAP!)"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top