Jangan Asal Pasang, Pahami Fungsi Spoiler Mobil

Jangan Asal Pasang, Pahami Fungsi Spoiler Mobil

Jangan Asal Pasang, Pahami Fungsi Spoiler Mobil - Beberapa mobil keluaran terbaru saat ini dilengkapi dengan sebuah  spoiler yang hanya untuk aksesoris tampilan hingga mendongkrak performa mobil tersebut. Fungsi spoiler adalah untuk menciptakan gaya ke bawah atau biasa disebut downforce,dengan tujuan untuk mengurangi daya angkat (lift) yang dapat terjadi terutama pada saat melaju pada kecepatan tinggi.

Pada pemasangan sayap belakang mobil (Spoiler) memang diyakini bisa memberikan efek kontrol lebih baik, karena pada aliran angin yang menerpa bisa dibelokkan dengan penekanan di bagian buritan (downforce), terutama saat mobil bermanuver di tikungan tajam. Spoiler atau wing banyak dipasang pada mobil beraliran balap (kecepatan tinggi) dan bisa diaplikasikan di semua mobil (Mobil harian). Pemasangan spoiler memang bisa mempercantik penampilan mobil standar jadi lebih keren, tapi pemasangannya jangan dipaksakan, malah bisa membuat mobil jadi keliatan norak.

Perlu di ketahui, bahwa wing dan spoiler sebenarnya berbeda. Pemakaian wing di mobil balap bukan hanya sekadar aksesoris agar terlihat manis, tapi untuk memberikan kestabilan mobil lebih baik. Berikut ini merupakan perbedaan dari wing (sayap mobil) dan Spoiler.

Penjualan spoiler mulai dari versi original dari pabrikan atau aftermarket sudah banyak beredar di pasaran, harga dan model yang cukup bervariasi tersedia di tempat memodifikasi mobil. Namun, untuk pemasangannya sendiri tergantung jenis dan tipe kendaraan. Pabrikan otomotif biasanya membuat spoiler dari bahan plastik polyurethane yang mempunyai tekstur lentur dan ringan sehingga tahan lama. Sedangkan spoiler aftermarket kebnyakan bahan yang digunakan yaitu fiberglass yang dibuat secara handmade menggunakan cetakan khusus.

Fungsi lain penggunaan Spoiler jika digunakan pada mobil berjenis city car, ternyata mampu menangkis kotoran di kaca belakang. Seperti air hujan dan debu yang disebabkan turbulensi udara di area belakang mobil. Fungsi lain dengan menambahkan spoiler ternyata bisa juga digunakan untuk mereduksi gejala melayang saat berkendara pada city car yang cukup ringan. Dengan bobot di bawah rata-rata sekitaran satu ton, spoiler memberi gaya tekan melalui aliran udara yang mengalir di atap mobil.

Biasanya spoiler dilengkapi dengan stoplamp tambahan. Spoiler pada supercar contohnya, penggunaan spoilernya mempunyai sifat dinamis, alias bisa bekerja atau bergerak secara otomatis tergantung kebutuhan. Contoh lain penerapan spoiler dengan stoplamp tambahan seperti mobil McLaren misalnya, menggunakan spoiler yang dinamai Airbrake untuk membantu pengereman. Cara kerja Airbrake ini sama seperti sayap pesawat terbang saat mendarat. Sayap akan terbuka dengan dorongan pipa hidrolik membentuk kemiringan 69 derajat memberi hambatan udara.

***
Tag : Automotive
3 Komentar untuk "Jangan Asal Pasang, Pahami Fungsi Spoiler Mobil"

Kadang ada aja orang yang masih ngasal masang spoiler biar keliatan keren

ya gapapa kalo udah di pasang, mungkin bisa jadi saran gan buat ganti pemasangan spoiler sesuai dengan kebutuhan sama performanya.

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top