Dasar Pengenalan Mesin Sekrap

Dasar Pengenalan Mesin Sekrap

Dasar Pengenalan Mesin Sekrap - Pada dasarnya mesin industri mempunyai fungsi dan cara kerjanya masing-masing. Dari hasil yang di dapet setelah mesin mengolah suatu bahan atau benda kerja, maka benda kerja tersebut akan memiliki bentuk dan nilai yang tinggi setelah melalui proses pemesinan dalam suatu mesin. Untuk mempersingkat waktu tanpa basa-basi, yuk kita bahas lebih lanjut tentang mesin yang sudah dibilang skala industri ini.

Definisi Mesin Sekrap
Mesin sekrap biasanya digunakan untuk pengerjaan permukaan yang meliputi bidang menyiku saling tegak lurus, bidang datar, bidang alur tembus dan buntu, bidang bertingkat, dan bidang bersudut. Dalam proses pemotongannya, biasanya mesin ini menggunakan suatu gerak bolak-balik yang menghasilkan pemotongan linier sesuai panjang langkah. Mesin sekrap memiliki gerakan, yaitu bendanya relatif diam, sedangkan mata potongnya bergerak secara linier. Sebaiknya, pada mesin ketam benda kerja bergerak secara linier dan mata potongnya relatif diam. 


Bentuk mesin sekrap

Mesin sekrap atau bisa dibilang shaping machine merupakan suatu mesin perkakas yang digunakan untuk mengubah permukaan benda kerja menjadi permukaan yang rata mulai dari menyudut, bertingkat dan alur. Sesuai dengan bentuk dan ukuran yang dikehendaki.

Prinsip Kerja dari Mesin Sekrap
Mesin sekrap bisa jugadigunakan untuk mengerjakan benda kerja sepanjang 800 mm, berpegang pada prinsip gerakkan mendatar. Pada langkah pemakanan akan menghasilkan sebuah beram (tatal logam) dari benda kerja tersebut, panjang langkah diatur dengan mengubah jalan keliling pasak engkol pada roda gigi penggerak, karenanya menambah atau mengurangi ayunan engkol, pemindahan ini diatur dengan memutar poros untuk pengaturan langkah yang akan memutar roda gigi kerucut dan menggerakan batang berulir yang mengatur penggerak blok engkol.

Mesin sekrap dapat menghasilkan permukaan-permukaan yang datar hal ini dicapai oleh kawan pahat yang bergerak horizontal ke depan dengan benda kerja dibawahnya tegak lurus padanya, Benda kerja tetap diam pada waktu pahat menyayat dan berpindah pada langkah balik pahat, maka penyelesaian akhir tergantung pada bentuk pahat, kecepatan pahat (tergantung pada jenis logam yang disekrap) dan penerapan cairan pendingin yang tepat.

Cara Pengerjaan Mesin Scrap
Berdasarkan Pengerjaan dari mesin sekrap, mempunyai cara-cara untuk melakukan pengerjaan tersebut. Adapun cara untuk pengerjaan mesin sekrap antara lan:
  • Sekrap datarMenyekrap datar adalah bahwa gerak menyayatnya kearah mendatar dari kiri ke kanan atau dari kanan ke kiri, arah gerakan pahat tersebut tergantung dengan posisi pahat atau dari bentuk sudut-sudut bebasnya, jika pahat tersebut berbentuk pahat kanan maka penyayatannya dimulai dari sebelah kanan ke kiri dan sebaliknya.
  • Sekrap Tegak
    Jika ingin menyekrap tegak maka gerak mata mesin milling penyayatannya pahat berlangsung dari atas ke arah bawah secara tegak lurus, dalam hal ini pergerakkan sayatan pahat dilakukan dengan memutar eretan pahat dengan tangan. Tebal dari pemakanan hendaknya sekitar tipis-tipis  ± 0,5 mm
  • Sekrap Menentukan Sudut
    Jika menyekrap bagian yang menyudut maka gerak penyayatannya di lakukan dengan memutar eretan pahat yang nantinya kedudukan akan menyudut sesuai dengan besarnya sudut yang di sekrap.
  • Sekrap Menentukan Alur
    Untuk membuat Alur, ada beberapa jenis alur yang bisa dibuat oleh mesin sekrap, yaitu alur terus luar, alur terus dalam, alur buntu dan alur tembus.
Pengenalan Bagian-Bagian dari Mesin Sekrap
Berdasarkan dari bagiannya, meisn sekrap terbagi menjadi 18 bagian, diantaranya yaitu:

Mesin Sekrap
  1. Support/eretan tegak
  2. Pelat pemegang pahat
  3. Tool post/ penjepit pahat
  4. Ragum
  5. Meja
  6. Penjepit
  7. Tuas kedudukan eretan
  8. Tuas kedudukan langkah
  9. Lengan
  10. Rangka
  11. Tombol OnOff
  12. Tuas penjalan
  13. Tuas pengatur kecepatan
  14. Pengatur jarak langkah
  15. Motor
  16. Eksentrik penggerak
  17. Eretan meja arah
  18. Eretan meja arah tegak
Jenis-Jenis Mesin Sekrap
Jika dilihat Berdasarkan jenisnya, mesin sekrap terdiri dari menurut cara kerjanya dan menurut tenaga penggeraknya. Adapun jenis dari mesin tersebut yaitu sebagai berikut:

Menurut cara kerjanya:
  • Mesin sekrap biasa, dimana pahat sekrap bergerak mundur maju menyayat benda kerja yang terpasang pada meja mesin.
  • Planer, dimana pahat (diam) menyayat benda kerja yang dipasang pada meja mesin dan bergerak bolak-balik.
  • Sloting, dimana gerakan pahat adalah vertikal (naik-turun), digunakan untuk membuat alur pasak pada roda gigi dan pully.
Menurut tenaga penggeraknya:
  • Mesin sekrap engkol: gerak berputar diubah menjadi gerak bolak-balik dengan engkol.
  • Mesin sekrap hidrolik: gerak bolak-balik lengan berasal dari tenaga hidrolik.



***
Tag : Mechanical
0 Komentar untuk "Dasar Pengenalan Mesin Sekrap"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top