Penjelasan Cara Kerja Mesin Diesel 4 Tak -Pada dasarnya mesin diesel memiliki prinsip kerja
perubahan energi dari energi panas (kimiawi) menjadi energi mekanis. Energi
panas yang dihasilkan berasal dari pembakaran antara udara dan solar
bertemperatur tinggi. Hasil dari pembakaran tersebut akan menghasilkan sebuah
daya ekspansi yang dapat menggerakan piston.
Sama halnya dengan mesin bensin pada umumnya,
mesin diesel juga mempunyai versi 2 tak. Mesin diesel 2 tak biasa digunakan
pada mesin kapal laut.
Perbedaan dari keduanya yaitu, pada mesin diesel
2 tak membutuhkan satu putaran engkol untuk menyelesaikan satu siklus kerja.
Namun pada mesin diesel 4 tak membutuhkan 2
kali putaran engkol untuk menyelesaikan satu siklus kerja.
Sehingga perbedaan antara
mesin diesel 4 tak dan 2 tak bisa dilihat dari cara kerja mesin dalam
memenuhi satu kali siklus kerjanya, mesin diesel 2 tak
menghasilkan satu kali pembakaran setiap satu putaran engkol. Hasil yang
didapat yaitu tenaga lebih besar namun bahan bakar jadi lebih
boros. Sementara mesin diesel 4 tak, menghasilkan satu kali pembakaran setiap
dua kali putaran engkol. Hasilnya bahan bakar lebih irit namun power yang
dihasilkan tidak terlalu besar dibandingkan dengan mesin diesel 2 tak.
Cara Kerja Mesin Diesel 4 Tak
Pertama, anda harus tahu arti dari 4 tak.
Penamaan 4 tak memiliki arti 4 langkah, atau dalam bahasa Inggris 4-stroke.
Yang artinya mesin tersebut memiliki empat langkah dalam satu siklus kerja.
- Langkah hisap
- Langkah kompresi
- Langkah usaha
- Langkah buang
1. Langkah Hisap
Pada
langkah hisap merupakan langkah proses masuknya udara
kedalam ruang silinder. Pemasukan udara tersebut terjadi ketika piston bergerak
dari TMA (Titik Mati Atas) ke TMB (Titik Mati Bawah). Gerakan ini akan
memperbesar volume didalam silinder mesin, sehingga udara dari luar akan
masuk melewati “intake
valve”.
2. Langkah Kompresi
Pada langkah kompresi merupakan proses
pemampatan udara didalam ruang silinder (ruang pembakaran).
“Mengapa udara perlu dimampatkan ?” Hal
tersebut terkait
dengan proses pembakaran bahan bakar solar. Untuk melakukan pembakaran pada bahan bakar solar, mesin diesel tidak
dilengkapi dengan busi, hal tersebut
karena mesin diesel dapat melakukan pembakaran tanpa percikan api dari busi.
Ini dikenal dengan sebutan
“Sef
Combustion”.
Namun, agar terjadi proses “self combustion” maka udara harus dikompresi hingga suhunya
naik melebihi titik bakar solar. Dengan demikian, solar yang diinjeksikan
kedalam udara bersuhu tinggi dapat terbakar dengan sendirinya.
Langkah kompresi ini berlangsung seusai
langkah hisap, Pada saat piston sudah sampai ke TMB (Titik Mati Bawah) diakhir langkah
hisap, piston akan kembali naik ke TMA (Titik Mati Atas). Akibatnya ada penyempitan volume
silinder pada proses
pembakaran.
Pada kondisi ini baik exhaust valve maupun intake
valve akan tertutup, sehingga
penyempitan ruang silinder akan mengkompresi udara yang ada didalamnya.
3.
Langkah Usaha
Langkah usaha atau bisa juga disebut dengan langkah pembakaran
adalah proses terjadinya pembakaran didalam mesin. Pada proses ini solar
dimasukan melalui injektor kedalam ruang bakar.
Seperti yang kita bahas, udara akan mengalami
peningkatan suhu karena terus dikompresi pada langkah usaha. Dan pada saat piston mencapai TMA (Titik Mati Atas), udara tersebut sudah
dalam level suhu tertingginya (melebihi titik bakar solar) saat itulah solar
dikabutkan melalui injektor. Hasilnya, terjadilah pembakaran yang menghasilkan
daya ekspansi. Daya ini akan
mendorong piston untuk bergerak ke bawah sampai ke TMB (Titik Mati Bawah).
4. Langkah Buang
Langkah buang merupakan proses
pengeluaran gas sisa pembakaran dari dalam ruang bakar. Proses ini terjadi pada saat piston kembali naik ke posisis TMA (Titik Mati Atas) seusai terkena daya
ekspansi pembakaran.
Saat langkah ini terjadi, exhaust valve akan terbuka sehingga gerakan naik piston
akan mendorong gas sisa pembakaran untuk keluar ke knalpot. Pada saat
piston mencapai TMA diakhir langkah buang, maka inilah yang disebut dengan satu
siklus mesin 4 tak. Satu siklus mesin 4 tak terdiri dari empat langkah, yang
masing-masing langkah membutuhkan setengah putaran engkol. Untuk menyelesaikan
satu siklus full, dibutuhkan 2 putaran engkol.
***
Tag :
Automotive
0 Komentar untuk "Penjelasan Cara Kerja Mesin Diesel 4 Tak"
Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !