Penjelasan Cara Kerja Mesin Diesel 2 Tak - Mesin diesel merupakan sebuah motor penggerak yang
menggunakan bahan bakar solar. Selama ini, yang adan ketahui bahwa mesin diesel itu biasanya dipakai
pada bus atau truk. Pada
dasarnya, mesin
diesel ternyata juga digunakan sebagai motor penggerak baling-baling pada kapal.
Mesin diesel yang digunakan pada kapal umumnya menggunakan sistem 2 tak sebagai sistem pembakarannya, motor diesel 2 tak mempunyai kelebihan pada toursi yang didapat, tang mana toursi yang dihasilkan dari
mesin diesel 2 tak lebih besar
dibandingkan dengan motor diesel 4 tak.
“Mengapa Toursi yang Didapat Lebih Besar
Mesin Diesel 2 tak dari Pada Mesin Diesel 4 tak ?”
Sesuai dengan namnaya, motor diesel 2 tak
hanya mempunyai dua langkah untuk satu kali siklus. Artinya dalam satu kali
putaran engkol, pasti selalu terjadi pembakaran di setiap siklusnya. Jika dibandingkan dengan mesin diesel 4 tak yang memiliki 4
langkah (butuh dua kali putaran engkol untuk terjadi satu pembakaran) maka
hasil yang didapat jauh lebih besar yang mesin diesel 2 tak.
Efek yang didapat ada pada konsumsi
solar. Yang mana mesin diesel 2 tak
mempunyai konsumsi bahan
bakar solar
2 kali lebih boros dibandingkan mesin diesel 4 tak meski kapasitas keduanya
dibuat sama.
Prinsip Kerja Mesin Diesel 2 Tak
Mesin diesel 2 tak menggunakan cara kerja 2 langkah atau disebut dengan two-stroke dalam menempuh satu kali
siklus kerja. Sementara di setiap
langkahnya membutuhkan setengah
putaran engkol. Jadi bisa dikatakan prinsip kerja dari motor diesel 2 langkah adalah mesin yang
mengubah energi panas (kimiawi) menjadi energi gerak dengan satu kali putaran
engkol. Energi panas yang
dihasilkan dari pembakaran antara oksigen dan solar yang dikompresikan. Hasil dari pembakaran tersebut akan
menimbulkan daya ekspansi yang mendorong piston untuk bergerak.
Cara Kerja Mesin Diesel 2 Tak
Dalam mesin diesel 2 tak, hanya terjadi
dua langkah, yaitu:
1. Langkah Hisap & Kompresi
Langkah hisap merupakan proses pemasukan
udara kedalam silinder mesin, sementara langkah kompresi merupakan langkah
proses pemampatan udara ke bentuk yang lebih padat sehingga suhu udara
meningkat.
Pada mesin diesel 4 tak, kedua proses ini terletak dalam
langkah yang berbeda. Namun pada sistem 2 tak, kedua langkah terjadi dalam satu
langkah secara bergantian.
Dimulai dari piston yang ada di TMB (Titik
Mati Bawah), pada saat piston dalam
kondisi TMB, udara akan masuk
melalui lubang udara yang ada di sekitar dinding silinder. Udara ini dapat
terdorong masuk karena pada saluran intake terdapat blower atau turbo yang membantu mendorong udara ke arah mesin.
Lalu piston akan bergerak naik,
pergerakan ini akan membuat lubang udara tertutup oleh dinding piston.
Akibatnya, pada saat piston baru bergerak ¼ ke TMA (Titik Mati Atas) kompresi udara akan
dimulai. Ketika
piston mencapai posisi TMA, udara yang sudah berhasil dimampatkan sehingga
suhunya naik dan siap untuk dilakukan pembakaran.
2. Langkah Usaha & Buang
Langkah yang kedua yaitu langkah usaha dan buang, langkah usaha adalah proses
terjadinya pembakaran, sementara langkah buang merupakan langkah proses
pembuangan gas sisa pembakaran dari mesin ke knalpot.
Langkah usaha akan terjadi pada saat piston
mencapai TMA (Titik Mati Atas) di akhir langkah
kompresi, pada saat ini injektor akan
mengabutkan sejumlah solar kedalam udara bertekanan tinggi tersebut. Hasilnya
solar akan terbakar dengan sendirinya.
“Mengapa solar bisa terbakar ?”
Hal tersebut terjadi karena suhu udara
yang dikompresi melebihi titik nyala solar. Sehingga, solar akan membara jika
dimasukan kedalam udara bersuhu tinggi. Hasil
dari pembakaran tersebut akan menimbulkan daya ekspansi yang mendorong piston
bergerak ke TMB (Titik Mati Bawah). Sebelum piston
mencapai TMB, katup buang akan terbuka. Dalam posisi ini, lubang udara juga
akan terbuka karena posisi piston ada di bawah. Sehingga udara yang dihembuskan
oleh blower akan mendorong gas sisa pembakaran keluar melewati katup buang.
Katup buang akan tertutup kembali pada saat piston akan kembali naik ke TMA (Titik Mati Atas). Proses ini akan
terus berlanjut hingga suplai solar dihentikan.
***
Tag :
Automotive
0 Komentar untuk "Penjelasan Cara Kerja Mesin Diesel 2 Tak"
Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !