Alat Bantu dan Perlengkapan pada Pengoperasian Mesin Bubut

Alat Bantu dan Perlengkapan pada Pengoperasian Mesin Bubut

Alat Bantu dan Perlengkapan pada Pengoperasian Mesin Bubut - Pada saat melakukan proses pembubutan pasti anda memerlukan alat bantu pada saat membubut. Alat bantu ini biasanya digunakan untuk mempermudah proses pembubutan pada benda kerja. Pada artikel kali ini akan membahas mengenai alat bantu yang digunakan pada saat pengoperasian mesin bubut.

1. Senter Mati dan Senter Putar

Senter Mati dan Senter Putar

Senter mati dan senter putar biasanya digunakan untuk membantu menyangga ujung pada benda kerja yang berbentuk poros atau Shaft. Dengan tujuan pada saat melakukan pembubutan benda tersebut tidak goyang, bergetar, bergoyang atau pun lepas. Untuk lebih jelasnya dari gambar benda tersebut bisa dilihat pda gambar dibawah ini.

2. Senter Pipa

Senter Pipa

Senter Pipa biasa digunakan untuk membantu menyangga ujung pada benda kerja yang berbentuk poros atau Shaft. Biasanya senter pipa dikhususkan untuk pipa atau as yang mempunyai lubang yang tidak bisa disokong dengan senter putar biasa. Untuk lebih jelas mengenai bentuk dari senter tersebut bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

3. Catok Bor  (Drill Chuck)

Catok Bor  (Drill Chuck)

Catok Bor atau biasa disebut dengan drill Chuck merupakan pencekam mata bor yang biasa digunakna untuk mencekam mata bor disisi sebelah kanan. Alat ini bisa juga digunakan untuk menjekam senter pipa, senter mati dan senter putar. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

4. Collet Chuck
Collet Chuck

Chuck model ini digunakan untuk mencekam mata bor dalam suatu diameter tertentu saja. Alat ini memiliki setelan mengendur dan mengencangkan untuk satu ukuran tertentu saja. Karena itu,proses pergantian benda yang memiliki ukuran sama di catok imi menjadi lebih cepat. Biasanya dalam satu set terdiri dari beberapa collet seperti gambar dibawah ini.

5. Adaptor Atau Sarung

adaptor mesin bubut

Tangkai senter,mata bor dan tangkai chuck bor mempunyai beberapa tingkat ukuran yang digunakan. Supaya anda bisa menggunakan semuanya di kepala lepas mesin bubut, maka anda perlu menggunakan adaptor. Semisal Anda hendak memasang mata bor ukuran 32mm langsung di kepala lepas mesin bubut kecil tidak akan muat,maka anda akan memerlukan sarung pengurang diameternya seperti gambar dibawah ini.

6. Penyagga Tetap (Steady Rest)

Penyagga Tetap (Steady Rest)

Penyangga tetap biasanya digunakan untuk membantu memegang benda yang panjang yang akan mendapat pengerjaan dibagian ujungnya. Biasanya penyangga ini dipasang pada bed mesin dengan dikunci mur baut. Bagian yang memegang benda kerja dibuat dengan bronze atau kuningan sehimgga pada saat beroprasi tidak banyak merusak benda kerja. Namun, Untuk menjaga keawetan dari benda tersebut harus teatap dilumasi selama pemakaian berlangsung.

7. Penyangga Berjalan (Follow Rest)

Penyangga Berjalan (Follow Rest)

Penyangga berjalan digunakan untuk membantu memegang benda kerja dengan diameter relatif panjang dan kecil. Alat ini biasnaya dipasang pada eretan melintang atau “cross slide”. Sehingga pada saat beroprasi, alat ini akan ikut bergerak sepanjang bed mesin. Sama halnya dengan penyangga tetap,ini pun harus dilumasi selama pemakaian supaya tidak terjadi kerusakan pada benda kerja dan alatnya.

*** 
Tag : Mechanical
0 Komentar untuk "Alat Bantu dan Perlengkapan pada Pengoperasian Mesin Bubut"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top