6 Tips Merawat AC Mobil Supaya Tetap Dingin

6 Tips Merawat AC Mobil Supaya Tetap Dingin

6 Tips Merawat AC Mobil Supaya Tetap Dingin - Pada setiap sistem pendingin AC sepertinya sudah menjadi fitur wajib yang harus ada di setiap mobil. Tentu dengan adanya sistem pendingin didalam mobil membuat kita merasa adem dan lebih nyaman pada saat berkendara, apalagi pada saat kondisi cuaca di negara tropis seperti Indonesia yang cukup panas dan lembab ditambah kondisi lalu-lintas khususnya Jakarta yang selalu macet membuat kehadiran AC menjadi bermanfaat dan sangat dibutuhkan. Belum lagi pada saat hujan kehadiran AC akan sangat bermanfaat untuk menghilangkan kabut di kaca depan mobil.

Tidak jarang karena terlalu sering digunakan setiap saat membuat kinerja AC menjadi tidak maksimal. Mungkin banyak diantara pemilik kendaraan yang pernah mengalami AC nya bermasalah seperti tidak dingin. Masalah tersebut cukup mengganggu dalam berkendara sehari-hari. Pada kesempatan kali ini mari kita sedikit mengenal penyebab AC mobil tidak dingin serta tips mudah cara merawat AC mobil supaya tetap dingin.

Mungkin sebagian dari pemilik mobil kadang beranggapan jika AC tidak dingin “ahh paling freonnya doang yang habis atau kurang, tinggal tambah freon aja”. Perlu diketahui bahwa freon pada AC mobil tidak akan habis untuk jangka waktu yang lama, itu artinya jika freon pada AC mobil sering cepat berkurang atau bahkan habis, mungkin terdapat kebocoran pada sistem pendingin AC.

AC mobil

Untuk itu telitilah terlebih dahulu sebelum menambah freon serta kenali gejala pada AC mobil yang tidak dingin berikut ini:

Perhatikan Kebocoran Pada Selang atau Pipa AC
Kebocoran pada pipa atau selang AC biasanya disebabkan karena usia pemakaian yang cukup lama. Kebocoran pada selang AC dapat membuat Freon selalu berkurang melalui lubang-lubang kebocoran tersebut

Memeriksa Kondisi Evaporator dan Kondensor
Kerusakan pada kondensator dan evaporator bisa saja dikarenakan usia pemakaian part, atau bisa juga terbentur dengan benda dan kotoran seperti kerikil.

Memeriksa Kondisi Kompresor
Kerusakan pada komponen kompresor biasanya terdengar bunyi-bunyian dari ruang mesin, dimana terletak pada kompresor AC. Pastikan juga pada putaran kompresor sudah berputar dengan kencang. Sebaiknya jangan langsung mengambil keputusan untuk menambah freon AC sebelum memastikan adanya kebocoran atau kerusakan pada sistem AC. Jangan sampai mengisi freon berkali-kali karena AC tidak dingin juga.

6 Tips Merawat AC Mobil Supaya Tetap Dingin

Selain itu ada juga 6 tips mudah merawat AC Mobil Supaya Tetap Dingin berikut ini:

1. Hindari Membuka Lebar Kaca Saat AC Menyala
Jangan mengendarai mobil dengan jendela terbuka lebar  saat AC dinyalakan. Hal ini bisa saja merusak sistem pada AC yang mana Kompressor akan terus bekerja untuk membuat suhu udara pada mobil menjadi dingin.

2. Selalu Menjaga Kebersihan pada Kabin Mobil
Pastikan kondisi kabin mobil selalu bersih dari kotoran dan debu, kabin yang berdebu dan kotor sangat tidak baik untuk kebersihan AC pada mobil, Kotoran dan debu tersebut akan menempel pada kabin dan jok mobil.

3. Hindari Merokok di Dalam pada Saat AC Mobil Menyala.
Jika ingin merokok di dalam mobil sebaiknya matikan AC dan bukalah kaca mobil supaya asap rokok tersebut keluar dan tidak menempel di kabin mobil.

4. Bersihkan Kondensor AC pada Mobil
Usahakan untuk melakukan perawatan berkala pada bagian kondesor AC, bersihkan juga kondensor pada saat mencuci mobil untuk membuang kotoran dan debu yang menempel.

5. Melakukan Servis Berkala pada AC Mobil
Dengan melakukan servis berkala pada AC, dapat membuat perawatan pada setiap Part AC menjadi lebih mudah.

6. Memberrsihkan Filter Kabin
Jangan lupa untuk selalu merawat dan membersihkan filter kabin. Lakukan perawatan dengan cara melakukan servis di tukang servis AC mobil. Jika memang sudah dianjurkan untuk ganti, sebaiknya lakukanlah pergantian filter kabin secara berkala.

Sedikit penjelasan dari saya mengenai penyebab AC mobil tidak dingin serta 6 tips mudah untuk merawat AC mobil supaya tetap dingin. Sebenarnya, cara yang paling mudah dan dapat dilakukan setiap saat untuk menjaga AC mobil agar tetap dingin dan tidak berbau dengan selalu menjaga kebersihan pada kabin mobil. Kabin yang bersih dan tidak berdebu akan membantu merawat AC mobil menjadi tetap dingin dan tidak berbau apek. Untuk membuat bau kabin mobil tidak berbau apek mungkin bisa di tambahkan dengan pengharum mobil yang tidak terlalu menyengat.

***
Tag : Automotive
0 Komentar untuk "6 Tips Merawat AC Mobil Supaya Tetap Dingin"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top