Mengenal Sekering (Fuse)

Mengenal Sekering (Fuse)

Pengertian Sekering (Fuse) -  Sekering atau biasa kita sebut dengan Sekring, jika diartikan ke dalam bahasa Inggris yaitu  FUSE. Merupakan sebuah konduktor logam yang di design khusus untuk meleleh atau melebur pada saat arus listrik yang mengalir ke dalam sirkuit atau rangkaian listrik melebihi batas aman yang sudah di tentukan sesuai dengan kemampuan dari fuse tersebut.

Pengertian Sekering (FUSE) 
Kata sekering berasal dari bahasa Belanda yaitu Zekering merupakan suatu alat yang digunakan sebagai pengaman dalam suatu sirkuit atau rangkaian kelistrikan apabila terjadi kelebihan muatan listrik atau ketika terjadi hubungan singkat (hubungan arus singkat). Pada rangkaian elektronika sendiri, sekering biasa ditulis dengan FUSE

~ Fungsi Utama dari Sekering (FUSE) 
Mungkin sudah cukup paham mengenai pengertian dan kegunaan dari sekering tersebut, namun tidak ada salahnya saya ulas kembali mengenai fungsi dari sekering (fuse) itu. Pada penjelasan diatas tadi sudah di tulis juga kegunaan dari sekering, yaitu Sebagai pengaman dalam suatu sirkuit atau rangkaian kelistrikan apabila terjadi kelebihan muatan listrik atau ketika terjadi hubungan singkat (hubungan arus singkat) “

Penggunaan Sekring/Sekering 
Pada kehidupan sehari-hari dapat ditemukan dengan mudah, contohnya pengaplikasian sekering Dirumah seperti pada peralatan elektronika: televisi, radio, dvd  dan selain itu sekring juga digunakan dalam bidang otomotif seperti motor serta mobil.
Sekering pada Motor dan Kendaraan

Fuse

***
Tag : Electrical
1 Komentar untuk "Mengenal Sekering (Fuse)"

ane baru tau cara kerja sekering sama kayak fuse pas masih SMK :v

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top