Mengenal Resistor Variabel (Potensiometer)

Mengenal Resistor Variabel (Potensiometer)

Mengenal Resistor Variabel (Potensiometer) -  Potensiometer atau biasa disebut dengan Potensio atau potentiometer yang diartikan ke dalam  bahasa inggris, pada dasarnya potensiometer masih tergolong dalam keluarga Resitor. Potensiometer sering digunakan sebagai alat pengontrol (mengatur) arus listrik, pengontrol audio dan masih banyak lagi lainya, contoh sederhananya dapat dilihat pada sebuah perangkat amplifier atau pengeras suara pada sound system.

Pengertian dari Potensiometer
Potensioeter adalah Resistor yang memiliki 3 kaki dengan penghubung atau kontak antara kaki-kaki didalamnya yang bisa mengatur atau adjust nilai resistansi dari suatu arus yang di aliri. Potensiometer merupakan komponen elektronika yang digunakan pada alat pengontrol atau pengendali perangkat elektronik, contohnya sebagai pengendali suara pada rangkaian elektronika amplifier. Didalam sebuah rangkaian amplifire terdapat potensio yang disimbolkan dengan huruf VR.

Fungsi dari Potensiometer
Pada rangkaian elektronik, Potensiometer biasanya berfungsi sebagai:
  • Pengatur volume suara
  • Pengatur nada bass
  • Pengatur nada treble
  • Pengatur contras pada tv lama
  • Pengatur brigthness pada tv lama
  • Pengatur tegangan pada rangkaian DC Power supply
Contoh di atas sebagian besar dari penggunaan atau fungsi Potensiometer pada rangkaian-rangkaian elektronika. Selain ke-6 contoh diatas sebenarnya masih banyak lagi contoh lain sebagai pengatur terang/redup lampu pijar.

potensio dan simbol
***
Tag : Electrical
0 Komentar untuk "Mengenal Resistor Variabel (Potensiometer)"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top