Pengertian dan Tipe Seven Segment Display (Layar Tujuh Segmen)

Pengertian dan Tipe Seven Segment Display (Layar Tujuh Segmen)

Pengertian dan Tipe Seven Segment Display (Layar Tujuh Segmen) - Seven Segment Display (7 Segment Display) Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia disebut dengan Layar Tujuh Segmen. Komponen ini merupakan komponen Elektronika yang bisa menampilkan angka desimal melalui kombinasi-kombinasi dari segmennya. Seven Segment Display pada dasarnya digunakan pada Jam Digital, Kalkulator, Counter Digital, Multimeter Digital, penghitungan dan juga Panel Display Digital seperti pada display Microwave Oven atau Pengatur Suhu Digital. awal kemunculan Seven Segment Display  diperkenalkan dan dipatenkan pada tahun 1908 oleh Frank. W. Wood dan mulai dikenal luas pada tahun 1970-an setelah pengaplikasiannya pada LED (Light Emitting Diode).

Seven Segment Display mempunyai 7 buah Segmen, dimana pada setiap segmen dikendalikan secara ON dan OFF untuk menampilkan angka yang diinginkan. Angka yang digunakan yaitu angka 0 (nol) sampai 9 (Sembilan) yang dapat ditampilkan dengan menggunakan beberapa kombinasi Segmen. Selain 0 – 9, Seven Segment Display juga bisa menampilkan huruf-huruf Hexadecimal dari A hingga F. Segmen atau elemen-elemen pada komponen ini sudah diatur menjadi bentuk angka “8” yang sedikit miring ke kanan, tujuannya untuk mempermudah pembacaannya. Pada beberapa jenis Seven Segment Display, terdapat juga penambahan “titik” yang menunjukan angka koma decimal.  Terdapat beberapa jenis Seven Segment Display, diantaranya adalah Fluorescent lamps (FL), Incandescent bulbs, Liquid Crystal Display (LCD) dan Light Emitting Diode (LED).

Tipe Dari LED 7 Segmen (Seven Segment LED)
Salah satu dari jenis Seven Segment Display atau yang sering digunakan oleh para penghobi Elektronika adalah 7 Segmen yang menggunakan lampu LED (Light Emitting Diode) sebagai penerang dari 7 Segment.  LED 7 Segmen ini pada umumnya mempunyai 7 Segmen atau elemen garis dan 1 segmen titik yang menandakan “koma” Desimal. Jadi Jumlah keseluruhan dari segmen atau elemen LED sebenarnya yaitu, 8. Cara kerjanya pun bisa dikatakan cukup mudah, Pada saat segmen atau elemen tertentu diberikan arus listrik, maka Display akan menampilkan angka atau digital yang sudah diinginkan sesuai dengan kombinasi yang diberikan. Ada 2 tipe dari LED 7 segmen, Untuk lebih jelasnya mengenai bentuk fisiknya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.


seven segment

LED 7 Segmen Tipe Common Cathode (Katoda)
Pada LED 7 Segmen tipe Common Cathode (Katoda), Kaki Katoda pada semua segmen LED yaitu sudah terhubung menjadi 1 buah Pin, untuk sedangkan pada Kaki Anoda akan menjadi Input untuk masing-masing dari setiap Segmen LED.  Kaki Katoda yang sudah terhubung menjadi 1 Pin merupakan Terminal Negatif (-) atau Ground. Sedangkan Sigyal Kendali (Control Signal) akan disalurkan kepada masing-masing Kaki Anoda Segmen LED.

LED 7 Segmen Tipe Common Cathode (Katoda)

LED 7 Segmen Tipe Common Anode (Anoda)
Untuk LED 7 Segmen tipe Common Anode (Anoda), Letak kaki Anoda ada pada semua segmen LED yang sudah terhubung menjadi 1 Pin atau satu jalur, sedangkan pada kaki Katoda akan menjadi Input pada masing-masing Segmen LED. Kaki Anoda yang sudah terhubung menjadi 1 Pin akan diberikan Tegangan Positif (+) dan Sinyal Kendali (control signal) akan diberikan kepada masing-masing Kaki Katoda Segmen LED.

LED 7 Segmen Tipe Common Anode (Anoda)

***
Tag : Electrical
0 Komentar untuk "Pengertian dan Tipe Seven Segment Display (Layar Tujuh Segmen)"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top