Prinsip Kerja dan Jenis-Jenis pada LED Seven Segment ( 7 Segmen )

Prinsip Kerja pada LED Seven Segment ( 7 Segmen )

Prinsip Kerja dan Jenis-Jenis pada LED Seven Segment ( 7 Segmen ) - Seven Segment Display (7 Segment Display) Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia disebut dengan Layar Tujuh Segmen. Komponen ini merupakan komponen Elektronika yang bisa menampilkan angka desimal melalui kombinasi-kombinasi dari segmennya. Seven Segment Display pada dasarnya digunakan pada Jam Digital, Kalkulator, Counter Digital, Multimeter Digital, penghitungan dan juga Panel Display Digital seperti pada display Microwave Oven atau Pengatur Suhu Digital. awal kemunculan Seven Segment Display  diperkenalkan dan dipatenkan pada tahun 1908 oleh Frank. W. Wood dan mulai dikenal luas pada tahun 1970-an setelah pengaplikasiannya pada LED (Light Emitting Diode). Untuk bentuk dari seven segment bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Bentuk fisik 7 segmen

Prinsip Kerja Pada LED 7 Segment
Pada blok Dekoder, diagram diatas dapat mengubah sinyal Input yang diberikan dan membagi ke 8 jalur. Yaitu “a” hingga “g” dan poin decimal (koma) untuk meng-ON-kan (menghidupkan) segmen sehingga dapat menghasilkan angka atau digit yang diinginkan. Contohnya, jika output dekoder merupakan a, b, dan c, maka pada Segment LED akan menyala menjadi angka “7”.  Jika Sinyal Input berbentuk Analog, maka diperlukan sistem ADC (Analog to Digital Converter) untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital sebelum masuk ke Input Dekoder. Jika Sinyal Input sudah berubah menjadi Sinyal Digital, maka Dekoder akan menanganinya sendiri tanpa harus menggunakan ADC.

Prinsip Kerja Pada LED 7 Segment
Fungsi dari Blok Driver yaitu memberikan arus listrik yang cukup pada Segmen/Elemen LED supaya menyala. Pada Tipe Dekoder tertentu, Dekoder sendiri bisa mengeluarkan Arus listrik dan Tegangan yang cukup untuk menyalakan Segment LED maka Blok Driver tidak diperlukan lagi. Pada umumnya Driver untuk menyalakan 7 Segment terdiri dari 8 buah Transistor Switch pada masing-masing elemennya.

Cara Kerja 7 Segment secara lengkap
Untuk menampilkan digit 0 maka deretan led yang harus dinyalakan adalah A,B,C,D,E,F


Untuk menampilkan digit 1 maka deretan led yang harus dinyalakan adalah B,C


Untuk menampilkan digit 2 maka deretan led yang harus dinyalakan adalah A,B,D,E,G


Untuk menampilkan digit 3 maka deretan led yang harus dinyalakan adalah A,B,C,D,G


Untuk menampilkan digit 4 maka deretan led yang harus dinyalakan adalah B,C,F,G


Untuk menampilkan digit 5 maka deretan led yang harus dinyalakan adalah A,C,D,F,G


Untuk menampilkan digit 6 maka deretan led yang harus dinyalakan adalah A,C,D,E,F,G


Untuk menampilkan digit 7 maka deretan led yang harus dinyalakan adalah A,B,C


Untuk menampilkan digit 8 maka deretan led yang harus dinyalakan adalah A,B,C,D,E,F,G


Untuk menampilkan digit 9 maka deretan led yang harus dinyalakan adalah A,B,C,D,F,G



Tabel Pengaktifan Seven Segment Display
Pada tabel di bawah merupakan tabel pengaktifan untuk seven segment display. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada tabel di bawha ini.

Note :
1 = ON (High)
0 = OFF (Low)

Tabel Pengaktifan Seven Segment Display

***

Tag : Electrical
0 Komentar untuk "Prinsip Kerja dan Jenis-Jenis pada LED Seven Segment ( 7 Segmen )"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top