Pengertian dan Cara Menggunakan Tespen (Test Pen)

Pengertian dan Cara Menggunakan Tespen (Test Pen)

Pengertian dan Cara Menggunakan Tespen (Test Pen) - Tespen atau bisa juga disebut denganTest Pen adalah salah satu alat yang paling sering digunakan oleh Teknisi Kelistrikan untuk melakukan pekerjan pengetesan adanya arus atau tidak dalam suatu rangkaian. Bentuknya yang relatif kecil dan mirip seperti sebuah Pena membuatnya sangat mudah untuk dibawa kemana-mana. Pada ujung Test Pen yang berbentuk “Minus” dapat dijadikan sebagai Obeng untuk melonggarkan atau mengetatkan sekrup (screw). Jadi, Test Pen pada dasarnya merupakan suatu alat ukur yang digunakan untuk mengetahui atau untuk mengecek apakah sebuah penghantar listrik mempunyai tegangan listrik atau tidak. Penghantar listrik yang dimaksud disini dapat berupa Kabel listrik,Stop Kontak listrik maupun Kawat listrik.

Berbeda dengan alat ukur Multimeter, Test Pen tidak dapat digunakan untuk mengukur seberapa tingginya suatu Tegangan Listrik pada sumber penghantar listrik, Test Pen hanya bisa digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya aliran listrik di suatu penghantar listrik dengan sebuah Indikator lampu. Jika terdapat listrik di suatu Stop Kontak atau Kabel listrik, maka lampu Indikator akan menyala, jika tidak ada aliran listrik maka lampu Indikator tidak akan menyala. Pada gambar dibawah merupakan bentuk fisik dari tespen.

Tespen

Cara Menggunakan Test Pen (Tespen)
Cara Penggunaan Test Pen bisa dikatakan sangat sederhana dan mudah. Hanya dengan beberapa langkah, kanda bisa mengetahui apakah sebuah Stop Kontak listrik atau Kabel Listrik yang bersangkutan sudah di aliri listrik atau tidak. Tujuan dari pengetesan ini tentunya untuk menghindari sengatan listrik yang berbahaya bagi kesehatan dan bahkan bisa saja terjadinya kematian (jika anggota badan kita tersentuh pada suatu penghantar yang bertegangan listrik yang sangat tinggi).

"Pastikan tubuh anda tidak tersentuk dengan benda yang bisa menghantarkan listrik seperti logam."

Berikut ini merupakan cara penggunaannya tespen :


  1. Ambil Test Pen dan pegang Test Pen tersebut dengan ujung-ujung jari tangan.
  2. Letakan ujung jari telunjuk pada bagian atas Test Pen (ujung jari telunjuk harus tersentuh pada bagian besi di atas Test Pen tersebut).
  3. Tempelkan bagian ujung Test Pen (bagian bawah yang biasa berbentuk Minus Obeng) ke sumber listrik yang akan diuji.
  4. Perhatikan Lampu Indikatornya. Jika Lampu Indikator Menyala maka Kabel listrik atau penghantar listrik tersebut sedang dialiri arus listrik (terdapat Tegangan). Jika Lampu Indikator tidak Hidup (OFF) maka kabel listrik atau penghantar listrik tersebut tidak dialiri arus listrik (tidak terdapat tegangan di penghantar tersebut).

***
Tag : Electrical
0 Komentar untuk "Pengertian dan Cara Menggunakan Tespen (Test Pen)"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top