Pengertian dan Cara Kerja dari Counter & Timer

Pengertian dan Cara Kerja dari Counter & Timer

Pengertian dan Cara Kerja dari Counter & Timer - Seperti yang kita ketahui bahwa perkembangan di dunia industri otomasi saat ini semakin berkembang. Sekarang, mesin yang digunakan di pabrik rata-rata sudah berubah menjadi mesin otomatis dan mudah untuk digunakan. Berkat perkembangan teknologi yang semakin cepat, maka pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan kepada kalian mengenai sistem counter dan timer yang digunakan pada mesin-mesin industri maupun peralatan yang berbasis otomatis.

Pengertian dan Cara Kerja Timer
Prinsip kerja Timer sangat mirip dengan relay, yang membedakan hanyalah adanya waktu tunda antara waktu Timer diaktifkan dengan Coil Timer aktif. Di bawah ini adalah ilustrasi dari kontruksi pada Timer.

timer

Timer mempunyai tiga bagian, yaitu Unit Penghitung Waktu (Timer Counter), Unit Koil, dan Unit Kontak. Timer Counter berfungsi untuk menunda pengaktifan Coil sesuai dengan pengaturan wantu yang diberikan. Kemudian pada Timer mempunyai 2 kelompok terminal utama sebagai sumber tegangan dan beberapa terminal lain sebagai Kontak. Berikut ini adalah contoh timer yang berasa di pasaran dan diagram terminalnya.


Pada gambar di atas, terminal yang harus diberi tegangan pada saat Timer akan diaktifkan yaitu pada nomor 13 dan 14. Kemudian timer mempunyai 4 buah pasang kontak dengan Common di nomor 9, 10, 11 dan 12, NO berada di nomor 5, 6, 7, dan 8, kemudian NC berada di nomor 1, 2, 3 dan 4.

Pengertian dan Cara Kerja Counter 
Counter merupakan sebuah rangkaian elektronika yang digunakan untuk melakukan penghitungan angka secara berurutan baik itu perhitungan maju atau perhitungan mundur. Yang dimaksud dengan perhitungan maju yaitu sebuah sistem yang mana rangkaian tersebut akan menghitung mulai dari angka yang kecil menuju angka yang lebih besar dan begitu pula sebaliknya untuk perhitungan mundur. Perintah perhitungan pada suatu Counter dikendalikan oleh masukan signal yang masuk pada terminal input signalnya. Contoh Counter dan Diagram terminal Counter bisa dilihat seperti pada gambar dibawah ini:

Sistem counter

Counter secara umum digunakan sebagai alat penghitung dalam sebuah proses, seperti halnya menghitung jumlah benda yang melewati sebuah jalur produksi pada gambar di bawah.

Cara kerja counter

Sistem tersebut menggunakan counter untuk menghitung jumlah botol yang melintas pada konveyor. Counter akan memiliki nilai target tertentu untuk dicapai,saat nilai tersebut tercapai counter akan memutuskan bagaimana dan kapan menyesuaikan outputnya berdasarkan beberapa opsi yang dipilih oleh pengguna.

***
Tag : Electrical
1 Komentar untuk "Pengertian dan Cara Kerja dari Counter & Timer"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top