Cara Mengganti Senar Gitar Akustik

Cara Mengganti Senar Gitar Akustik

Cara Mengganti Senar Gitar Akustik - Menggnati senar gitar bukanlah hal yang sulit, namun bisa saja sulit untuk pemula yang mau mengganti senar gitar, Terlepas dari tingkat kesulitannya, kemampuan ini harus dimiliki oleh seorang gitaris, baik yang pemula maupun yang sudah pro bermain gitar. Pada kesempatan kali ini, artikel ini akan mengajarkan kepada kalian bagaimana cara untuk mengganti senar gitar akustrik, namun dapat juga dilakukan pada gitar elektrik untuk beberapa bagiannya.

Mencabut Senar dan Pin pada Bridge

1.  Memutuskan Senar pada Saat Mau Mengganti Senar.
Kalian bisa mengganti senar secara keseluruhan atau hanya beberapa senar saja tergantung denagn senar gitar yang ingin kalian ganti.
  • Mengganti keseluruhan senar akan memudah untuk membersihkan gitar secara keselurugan. Bagian Neck merupakan bagian yang sering terkontak dengan jari, sehingga akan banyak kotoran yang bersarang disana.
  • Mengganti satu atau beberapa senar akan membuat Neck gitar kalian tetap tegang.
2. Mencabut Senar dari Gitar.


Mencabut Senar dari Gitar

Untuk melepas senar gitar, kendurkan senar dengan memutar alat pemutar yang ada pada bagian Headstock (kepala gitar). kendurkan hingga benar-benar kendur sehingga bisa dengan mudah untuk mencabut Pin dan Bridge pada gitar.

3. Mencabut semua Pin dan Bridge pada Gitar.


Mencabut semua Pin dan Bridge pada Gitar

Cabut semua pin dan bridge pada saat semua senar telah kendur. Kalian mungkin akan merasa kesulitan pada saat melakukan hal ini karena biasnaya pin ini sedikit lebih keras. Sehingga kalian akan memerlukan alat lain untuk membantu mencabut pin tersebut, contohnya seperti tang jepit.
  • Kalian bisa juga mencabut pin dengan cara mendorongnya dari dalam. Kemudian memasukkan tangan kalian pada lubang gitar, lalu gunakan benda keras seperti koin untuk membantu mendorong pin supaya bisa terlepas dari bagian bridge.
4. Melepaskan Senar dari Lubang Bridge Satu per Satu.


Melepaskan Senar dari Lubang Bridge Satu per Satu

Selanjutnya kalian bisa melepaskan lubang bridge satu persatu hingga semuanya terlepas.

5. Membersihkan Gitar.


Membersihkan Gitar

Setelah semua senar sudah tercabut, kalian bisa membersihkan seluruh bagian gitar. Kalian dapat menggunakan cairan pembersih yang banyak di jual di toko-toko peralatan musik. Jangan menggunakan cairan pembersih biasa, karena akan merusak gitar terutama pada cat gitar yang besar kemungkinan dapat tergores atau terkelupas. Untuk lebih mudahnya, gunakan kain lap yang sudah dibasahi sedikit untuk membersihkan gitar.
  • Jika menggunakan air terlalu banyak untuk membersihkan gitar, pastikan untuk tidak menggunakan terlalu banyak air, takutnya bisa merusak kayu pada gitar akustik.
Mengganti Senar Gitar 

1. Mempersiapkan Senar Baru.

Mempersiapkan Senar Baru

Untuk mengganti senar gitar, pertama-tama siapkan terlebih dahulu senar baru yang akan menggantikan senar yang sudah rusak atau putus

2. Memilih Senar yang Akan Dipasang Terlebih Dahulu.

Memilih Senar yang Akan Dipasang Terlebih Dahulu

Sebenarnya tidak ada metode khusus untuk memasang bagian ini, kalian bisa mengganti senar mulai dari senar yang bawah lalu berurut ke senar atas atau bisa juga melakukan sebaliknya.
  • Sebenarnya metode yang paling banyak digunakan untuk memasang senar yaitu urutan 1,6,2,5,3,4. Yang mana pada saat kalian memasang senar paling bawah yaitu senar nomer 1 maka akan lebih mudah untuk memsang senar paling atas yaitu senar nomer 6, kemudian seterunya sesuai dengan yang sudah diurutkan tadi.
3. Memasukan Senar pada Lubang Bridge.

Memasukan Senar pada Lubang Bridge

Kalian harus melakukan ini sembari menarik senar untuk memastikan bahwa senar terpasang dan tertahan sempurna oleh pin pada bridge gitar.

4. Mengencangkan Senar.

Mengencangkan Senar

Setelah senar sudah terpasang sempurna, kalian bisa mengencangkan senar dengan memutar alat pemutar pada bagian Headstock. Namun pada saat mengencangkan senar usahakan jangan terlalu mengencangkan senar kalian.

5. Merapihkan Sisa Ujung Senar.

Merapihkan Sisa Ujung Senar

Setelah senar sudah di pasang dan dikencangkang, mungkin akan ada sedikit sisa senar pada bagian headstock gitar kalian. Kalian bisa merapihkannya dengan cara memasukkan ke dalam lubang pada alat pemutar pada headstock gitar kalian.

6. Mengencangkan Senar Kembali.

Mengencangkan Senar Kembali

Kencangkan senar kembali hingga agak kencang pada bagian ini. kencangkan senar dengan cara memegang gitar seolah ingin memainkannya.
  • Jangan terlalu mengencangkan senar. Kencangkan hingga pada dua nada dibawah senar tersebut.
  • Kalian bisa mengulanginya untuk setiap senar gitar kalian.
7. Tuning Gitar.

Tuning Gitar

Setelah semua senar sudah terpasang dengan sempurna, kalian bisa melanjutkannya dengan mentuning atau mengatur nada pada gitar kalian sesuai dengan nada pada masing-masing senar.

8. Menggunakan Alat Pemotong Kawat Untuk Memotong Sisa Senar.

Menggunakan Alat Pemotong Kawat Untuk Memotong Sisa Senar

Jika kalian menggunakan senar nilon, kalian mungkin harus memotong sisa senar yang sudah terpasang pda bagian Bridge. Namun kalian tidak boleh memotong hingga habis karena akan melonggarkan senar nantinya. Sisakan senar kurang lebih 1/8 inci. 

***
Tag : Musik
0 Komentar untuk "Cara Mengganti Senar Gitar Akustik"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top