Pengertian, Tujuan dan Fungsi Tune Up Mobil

Pengertian, Tujuan dan Fungsi Tune Up Mobil

Pengertian, Tujuan dan Fungsi Tune Up Mobil - Pada masing-masing kendaraan yang digunakan untuk beroperasi, lama kelamaan kondisi pada kendaraan terutama performanya akan semakin menurun. Oleh sebab itu pada setiap kendaraan yang digunakan wajib untuk melakukan perawatan secara rutin. Perawatan dalam kurun waktu tertentu dan di lakukan secara rutin disebut dengan Tune Up  atau biasa disebut dengan service berkala. Untuk membahas lebih lanjut tentang fungsi dan tujuannya, harus paham terlebih dahulu pengertian dari Tune Up tersebut.

Pengertian Tune Up
Sebelum mengetahui lebih lanjut kata dari Tune Up. Maka harus mengetahui terlebih dahulu arti dari "Tune" dan "Up". Tune berarti menyetel, mengatur. Sedangkan Up berarti atas. Secara umum pengertian tersebut jika digabungkan dari asal katanya yaitu suatu pekerjaan yang biasanya dilakukakn secara rutin dan dapat berupa pemeriksaan, pengukuran, penyetelan, perawatan hingga mengganti komponen jika ada komponen yang perlu di perbaiki yang bertujuan untuk memaksimalkan perfirma mesin kendaraan.

Memberikan Tune Up kendaraan secara rutinakan memberikan dampak yang baik. Diantara tujuan dan fungsi dari Tune Up kendaraan yaitu :

1. Memaksimalkan Performa Mesin
Salah satu fungsi Tune Up pada kendaraan yang pertama adalah memaksimalkan performa mesin. Seperti yang kita ketahui sebelumnya, bahwa kendaraan yang terus digunakan, lama-kelaman akan menurunkan performanya, sehingga dengan melakukan pekerjaan Tune Up akan berdampak meningkatnya atau performa pada mesin menjadi maksimal.

2. Menghindari kerusakan yang lebih parah
Selain untuk memaksimalkan permorma mesin, fungsi lain dari Tune Up adalah untuk menghindari dari kerusakan komponen-komponen mesin yang laiinya supaya kerusakan tersebut tidak parah. Pada saat kondisi mesin sudah menurun dan komponen mesin mobil harus diganti atau disetel kembali namun pemilik mobil tidak melakukan Tune Up. maka hal tersebut akan membuat komponen mesin akan semakin rusak.

3. Memastikan Semua Kondisi Mesin dalam Kondisi Baik
Fungsi dari Tune Up yang ke tiga adalah, memastikan kondisi mesin selalu dalam keadaan yang baik sesuai dengan nilai spesifikasi yang artinya kendaraan selalu siap kapan saja ketika akan digunakan kembali.

Contohnya, ketika akan menghidupkan kendaraan cukup sekali melakukan Starter langsung hidup dan tidak perlu melakukan Starter berulang-ulang.

4. Menghemat Biaya Perawatan Kendaraan
Fungsi lain yang ke lima adalah menghemat biaya untuk perawatan dan perbaikan kendaraan. Hal tersebut perlu dilakukan karena dengan melakukan Tune Up secara berkala dapat menghindari resiko komponen mesin kendaran laebih parah. Ketika komponen pada mesin rusak parah, tentunya anda memerlukan biaya yang besar untuk menggantinya

5. Menghindari Mesin yang Mati Secara Mendadak
Hal ini sangat penting untuk melakukan Tune Up karena pada saat anda sedang melakukan perjalanan menggunakan mobil anda, takutnya pada saat dijalan nantinya mesin mobil anda mati secara mendadak dan dapat menimbulkan kemacetan yang parah.

6. Menjaga Kondisi Mesin Supaya Tetap Awet
Fungsi yang terakhir yaitu untuk menjaga kondisi mesin tetap awet. Perawatan kendaraan yang dilakukan secara rutin akan membuat kondisi komponen mesinnya dapat berumur lebih lama dibandingkan dengan kendaraan yang jarang melakukan perawatan

***
Tag : Automotive
0 Komentar untuk "Pengertian, Tujuan dan Fungsi Tune Up Mobil"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top