Trik Hasilkan Foto Lebih Keren Pakai Ponsel

Trik Hasilkan Foto Lebih Keren Pakai Ponsel

Trik Hasilkan Foto Lebih Keren Pakai Ponsel - Kamera smartphone yang semakin canggih membuat mobile photography semakin populer. Namun, Masih banyak yang masih belum mengetahui bagaimana cara memanfaatkan aplikasi kamera default secara maksimal dan lebih memilih menggunakan aplikasi kamera lain yang memiliki banyak fitur serta lebih canggih.

Untuk memaksimalkan penggunaan kamera default, kali ini saya akan memberikan tips dan trik yang dapat membantu kalian untuk mengambil foto yang lebih baik dengan menggunakan kamera default di smartphone kalian. Semua tips yang kami share akan berguna buat kalian yang menggunakan smartphone android maupun Iphone. Langsung saja ke tips yang pertama.

1. Mempelajari "Rule Of Thirds"

"Rule Of Thirds" adalah panduan yang bisa diikuti untuk membingkai sebuah foto supaya terlihat lebih proporsional. Dengan menggunakan kamera smartphone, kalian tidak perlu untuk membayangkan bagaimana membagi objek foto dalam sembilan segment persegi panjang.

Dengan demikian, kalian akan menampilkan grid pada layar yang nantinya layar kalian terbagi menjadi sembilan segmen berbentuk persegi panjang. Pada kamera Android, Cukup menju ke Settings pada aplikasi kamera dan cari submenu Grid lalu aktifkan.

Sedangkan pada IOS untuk pengguna Iphone, Bisa memilih menu Photo & Camera di aplikasi Setting, Lalu aktifkan toggle Grid.

2. Cari Posisi yang Stabil

Cara yang kedua yaitu mencari posisi yang stabil untuk mengambil foto. Pegangan yang stabil sangat krusial untuk mobile photography, apalagi untuk mengambil foto dalam kondisi Low Light. Kalian bisa gunakan mobile tripod untuk menstabilkan posisi kalian pada saat ingin mengambil foto. Dengan adanya mobile tripod selain dapat mengatur ke stabilan juga dapat mengatur ketinggian yang bertujuan untuk mendapatkan kondisi pencahayaan yang cukup bagus untuk mengambil foto.

Untuk mengubah tingkat Exposure, cukup dengan memainkan atau menurunkan indikator yang mucul dengan icon bola lampu atau matahari pada aplikasi default kamera masing-masing. Cara ini bisa digunakan di kamera Android maupun Iphone.

3. Mengatur Fokus

Pada aplikasi kamera default memungkinkan kalian untuk mengubah fokus hanya dengan sekali tap atau sentuh pada layar smartphone kalian. Tidak hanya mengubah fokus, ini juga bisa dilakukan untuk mengubah tingkat exposure cahaya sesuai dengan spot yang kalian pilih. Setiap spot yang dipilih memiliki tingkat pencahayaan yang beda. Untuk memperbagusnya kalian tinggal sesuaikan dengan menyentuh / tap layar smartphone kalian untuk menentukan tingkat pencahayaan yang baik.

mengatur fokus

Untuk mengubah tingkat exposure pada foto, cukup dengan menaikkan atau menurunkan indikator pada kamera yang muncul dengan ikon bola lampu atau matahari. Cara  ini bisa digunakan di kamera Android atau Iphone. Fitu dari kedua smartphone tersebut untuk kamera default hampir sama dan tidak jauh berbeda tergantung dengan smartphone yang kalian miliki. Terkadang ada beberapa smartphone yang tidak mendukung, mungkin di karenakan Smartphone tersebut sudah lawas atau IOS pada masing-masing smartphone belun terupdate.

4. Menggunakan Tombol Shutter Fisik

Untuk menjaga kamera agar tetap stabil, kalian bisa memencet tombol Shutter di layar smartphone kalian, Mungkin memang sedikit susah untuk mengaturnya. Salah satu solusinya yaitu menggunakan salah satu tombol volume di smartphone kalian sebagai tombol Shutter fisik sebagai alternatifnya. Cara ini lebih efisien dibandingkan harup tap pada layar smartphone yang berguna untuk menjaga titik fokus pada layar dan menjaga kestabilan pada smartphone.

5. Menggunakan Mode HDR secara Otomatis

Hampir semua kamera smartphone memiliki mode auto HDR atau biasa disebut dengan ( High Dynamic Range ) yang jika diaktifkan akan menerapkan filter pada pencahayaan jika dibutuhkan. Jadi, bagian gelap pada foto dan bagian terangnya bisa kalian seimbangin kontrasnya.

Menggunakan Mode HDR secara Otomatis

6. Memanfaatkan Cahaya Alami Atau Buatan

Tips yang ke enam yaitu mendapatkan foto yang bagus, Subjek yang mendapatkan cukup pencahayaan menjadi terlihat krusial. Jadi, perhatikanlah sekeliling dan lihat sumber cahaya apa yang dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan pencahayaan pada foto yang akan kalian ambil, misalnya sinar matahari atau lampu dengan pencahayaan yang terang dan dapat diatur sudutnya, sehingga menimbulkan sudut pencahayaan yang berbeda-beda.

Tidak ada pendekatan yang pasti, namun pastikan subjek yang kalian foto dapat terlihat sejelas mungkin pada kamera tersebut.

7. Mengambil Foto Dengan Mode "Burst"

Pada kamera smartphone saat ini sudah dilengkapi dengan mode "Burst". Dengan mode tersebut jika kalian tidak pede mengambil satu foto dengan sekali klik, maka kalian bisa menggunakan mode "Burst" agar lebih banyak mengambil foto dan bisa memilih salah satu foto yang akan kalian pilih nantinya.

Pada smartphone Android dan Iphone mode ini biasanya diaktifkan dengan memencet dan menahan tombol Shutter di layar dengan durasi yang dapat kalian inginkan. Bahkan di beberapa smartphone Android sudah ada fitur "Smart Burst" yang dapat memudahkan kalian dalam mengambil foto supaya pada saat mengambil foto tetap stabil.

8. Hindari Back Light

Jika berada diluar ruangan pada saat mengambil foto, usahakan untuk tidak berlawanan dengan pencahayaan matahari, karena efek yang di dapat jika melawan pencahayaan matahari akan menimbulkan back light. Jadi hasil foto yang didapat malah menjadi hitam dan kurang bagus.

9. Membersihkan Lensa Kamera

Yang terakhir, kalian harus membersihkan lensa kamera, memang terdengar sepele, Namun lensa yang kotor dapat mempengaruhi hasil dari foto yang kalian ambil. Jadi, penting buat kalian untuk terus menjaga lensa kamera agar tetap bersih dan tidak lembab.

Membersihkan Lensa Kamera


Tidak perlu ribet untuk membersihkannya, kalian bisa menggunakan tisu untuk membersihkannya. Jangan menggunakan tisu yang sudah diberi air untuk membersihkan lensa smartphone, takutnya lensa yan dibersihkan malah makin kotor dan terdapat bintik-bintik embun. Ada beberapa alternatif lain seperti menggunakan cotton bud yang kering atau menggunakan minyak kayu putih dengan cara meneteskannya pada tisu kering lalu kalian usap tisunya ke lensa kamera hingga bersih.

***
0 Komentar untuk "Trik Hasilkan Foto Lebih Keren Pakai Ponsel"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top