Tips Membersihkan Sepatu Sesuai dengan Bahan

Tips Membersihkan Sepatu Sesuai dengan Bahan

Tips Membersihkan Sepatu - Seiring dengan perkembangannya jaman membuat dunia fashion semakin banyak digemari. Salah satunya yaitu sepatu. Sepatu semakin lama memiliki sebuah perkembangan yang cukup pesat di pasaran, contohnya sepatu basket (Nike Air Jordan) dan beberapa sepatu yang termasuk golongan sneakers. Karena hal tersebut, banyak collector yang mulai untuk mengoleksi sepatu-sepatu yang memiliki branded dan harga jual yang cukup tinggi. Namun pada saat anda menggunakan sepatu dan sepatu tersebut kotor setelah digunakan, mungkin anda berfikir untuk langsung membahasahi sepatu tersebut. Tanpa kita sadari sepatu yang kita miliki jika tidak tahu bahan yang dimiliki oleh sepatu tersebut dan cara menanganinya yang salah bisa menimbulkan kerusakan pada sepatu seperti pudar atau bagian luar ada yang terkelupas. Untuk mengatasi haltersebut, berikut ini merupakan tips membersihkan sepatu sesuai dengan bahan dari sepatu tersebut.

1. Sepatu Kulit ( Leather )


Sepatu Kulit

Pada sepatu kulit, kalian bisa membersihkan kotoran pada sepatu dengan campuran air dan cuka (pastikan kadarnya seimbang ). Lalu celupkan lap ke campuran tersebut kemudian bersihkan secara perlahan di sepatu tersebut. Setelah itu keringkan dengan menggosok perlahan pada sisi setiap sudut sepatu menggunakan kain katun yang sudah tidak dipakai. Pastikan warnanya mulai pudar atau ada goresan? jangan lupa untuk semir menggunakan Shoe Polish Lotion khusus sepatu kulit menggunkana kain katun.

2. Sepatu Kulit dengan Lapisan Mengilap ( Patent Leather )


Sepatu Kulit dengan Lapisan Mengilap

Pada sepatu yang berbahan patent Leather mempunyai kotoran, Kalian bisa membersihkan sepatu tersebut dengan Petroleum Jelly dan Cotton Bud atau kain lap untuk membersihkannya. Jika kalian ingin sepatu tersebut terlihat lebih mengilap ( Shiny ), Semprotkan sedikit Glass Cleaner  atau cairan pembersih kaca untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Sepatu Sneakers


Sneakers

Sepatu sneakers merupakan sepatu yang populer dikalangan anak muda, bahkan orang tua pun juga senang menggunakan sepatu ini agar terlihat seperti anak muda. Untuk membersihkan sepatu sneakers yang kotor, kalian bisa menggunakan sikat gigi. Lalu, bersihkan bagian yang kotor membandel menggunakan campuran dari air dan satu sendok teh deterjen. Gosok perlahan dengan kaus bekas atau lap yang telah dicelupkan ke dalam cairan deterjen, untuk membilas sisa dari deterjen yang menempel pada sepatu bisa dibilas menggunakan kain lap yang sudah kering, lalu keringkan sepatu menggunakan kipas. Jangan mengeringkan sepatu langsung di atas sinar matahari, dikhawatirkan warna sepatu bakalan cepat pudar atau ada bagian yang bisa gampang rusak.

4. Sepatu Suede ( Beludru )


Sepatu Suede

Cara membersihkan sepatu ini menggunakan Nailbrush  atau Scrub Brush. Untuk metode menyikatnya harus searah untuk membersihkan kotorannya. Jika masih ada kotoran yang menempel dan sulit untuk hilang, kamu bisa menggunakan penghapus putih sebagai alternatifnya. Atau, celupkan lap ke White Vineger (Cuka Putih), Lalu bersihkan perlahan dibagian yang kotor. Setelah itu keringkan menggunakan kain lap dengan mengusap sepatu secara perlahan.

5.  Sepatu Canvas.
Merek sepatu yang terkenal (Convers) merupakan branded sepatu yang hingga kini masih populer di kalangan masyarakat, mulai dari remaja maupun dewasa masih gemar dengan sepatu yang satu ini. Dengan bahan sepatu yang terbuat dari kanvas membuat pemakainya terlihat lebih nyaman, model yang masih terlihat di era 90's membuat mereka mengenang masa masa SMA yang lahir pada tahun 1990 an.
Sepatu Canvas

Untuk kalian yang ingin membersihkan sepatu dengan bahan kanvas bisa menggunakan sikat gigi. Lalu dengan campuran air dan Baking Soda, Sikat bagian yang kotor menggunakan sikat gigi. Kamu juga bisa menaruhnya di mesin cuci, dengan kecepatan putaran mesin yang rendah dan di beri air dingin. Berikan sedikit deterjen. Lalu biarkan mengering sendirinya. Jangan menggunakan Hair Dryer untuk mengeringkan sepatu. 

6. Sendal Flip Flops
Sandal Flip Flops
Biasanya yang menggunakan sendal flip flops suka pergi ke pantaini. Pulang dari pantai biasanya sendal bakalan kotor. Cara membersihkan sandal ini yaitu merendamnya menggunakan air hangat dan Baking Soda.  Lalu diamkan selama 5 menit untuk mengeringkat bekas rendaman. Setelah itu sikat menggunakan Tooth Brush ( Sikat Gigi ) untuk membersihkan kotorannya. Kemudian keringkan sendal.

***
2 Komentar untuk "Tips Membersihkan Sepatu Sesuai dengan Bahan"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top