Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenis Mesin Bor (Drilling Machine)

Jenis-Jenis Mesin Bor

Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenis Mesin Bor (Drilling Machine) - Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang salah satu power hand tool yang umum digunakan. Power Hamd Tool yang satu ini sering disebut dengan mesin bor (Drilling Machine). Mesin bor adalah alat yang digunakan untuk membuat lubang, alur, peluasan dan penghalusan secara presisi dan akurat. Alat ini sangat memudahkan pekerjaan manusia dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam penggunaan industri. Dalam perkembangannya, mesin bor mempunyai banyak jenis dan disesuaikan dengan fungsinya. Berikut ini kita akan membahas tentang jenis-jenisdari mesin bor dan fungsinya.

1. Bor Tangan
Bor Tangan

Bor ini merupakan mesin bor yang sering kita jumpai atau mungkin anda memiliki bor yang satu ini. Sebenarnya bor ini memiliki beberapa jenis ukuran mata bor. Ukurannya mulai dari yang terkecil 6.5 mm, 10 mm, 13 mm, 16 mm, 23 mm dan 32 mm. Ukuran tersebut merupakan ukuran maksimal pada jenis mesin bor tersebut, Contohnya bor 10 mm, berarti mata bor yang bisa digunakan mulai dari 0 - 10 mm. Untuk penggunaanya, mesin bor ini biasa digunakan untuk mengebor kayu, atau besi, tergantung dengan penggunaan mata bor-nya. Selain berbagai fungsi yang dapat digunakan, spesifikasi dari mesin bor ini juga ada beberapa jenis, seperti kecepatan putar, revesible putarannya yang bisa dua arah. Biasanya beda merek beda spesifikasi yang ditawarkan, jadi kita tinggal memilih mesin bor tersebut sesui dengan kebutuhan kita sendiri.

2. Bor Cordless
Bor Cordless
Bor yang biasa disebut dengan bor tanpa kebel adalah jenis bor menggunakan baterai sebagai sumber tenaganya. Biasanya bor ini digunakan pada pekerjaan ringan, karena kekuatan putarnya atau torsi dari mesin ini cenderung lemah. Untuk pengaplikasiannya, bor ini bisa digunakan untuk mengebor gypsum, kayu, dan besi. Dengan syarat untuk bor besi, mata bor yang digunakan adalah mata bor yang ukurannya kecil. Untuk penggunaan bor ini, anda harus memperhatikan spesifikasi baterai yang digunakan pada Power Hand Tool tersbeut. Selain itu bor ini juga bisa dipasang sebagai obeng listrik, cukup pasang saja mata obeng, maka bor cordless bisa digunakan untuk memasang skrup supaya lebih cepat dan menghemat waktu.

3. Bor Core
 Bor Core

Jenis bor yang satu ini merupakan bor yang paling jarang dijumpai, bahkan dipakai oleh konsumen. Bor ini biasanya digunakan untuk proyek untuk mengukur ketebalam aspal jalan. Fungsi utama bor ini adalah untuk melubangi lantai. Mata bor yang digunakan pada bor ini berbentuk seperti tabung. Oleh karena itu, biasanya bor ini digunakan untuk mengebor lantai pada gedung untuk membuat jalur pada pipa atau kabel. Selain itu bisa juga digunakan sebagai pengukur ketebalan aspal jalanan dengan mengebor jalan tersbeut.

4. Bor Duduk
Bor Duduk
Bor duduk adalah bor yang dimana memungkin penggunanya bisa mengebor sambil duduk. Jenis ini pada umumnya digunakan untuk melubangi besi yang membutuhkan lubang cukup banyak. Oleh sebab itu mesin bor ini di desain sedemikian rupa supaya pengguna bor tidak mudah lelah pada saat mengebor. Tinggal memutar tuas pada bor tersebut, maka kepala mata bor akan turun dan mengebor benda kerja. Mesin bor ini dapat mengebor dengan ketebalan sedemikian rupa hingga batas maksimalnya sesuai dengan panjang dari mata bor yang digunakan. Pada dasarnya bor ini digunakan pada putaran lambat, namun ada pengaturan yang dapat digunakan untuk mengatur kecepatannya melalui belting yang ada pada sambungan antara motor AC pada bor dengan kepala putarnya. Untuk jenis dari bor ini ada banyak sub-jenis yang di sediakan berdasarkan ukurannya. Ukuran bor duduk mulai dari yang terkecil berkisar 13 mm, 16 mm hingga 25 mm.

5. Bor Gantung
Bor Gantung

Bor gantung mungkin terdengar asing dengan namnya. Penggunanya berbeda pada bor yang umum digunakan. Jenis bor ini digunakan pada pemakaian untuk membuat lubang menjadi besar atau mengikis lapisan yang ada pada benda kerja. Mata bor yang digunakan pada bor ini pun berbeda dengan bor pada umumnya.

6. Bor Impact
Bor Impact
Jenis bor ini hampir sama dengan bor tangan, yang membedakan dari ke dua jenis tersebut yaitu setelan putarannya yang memiliki getaran sehingga sangat cocok digunakan untuk mengebor dinding, Mata bor yang digunakan untuk mengebor juga khusus dan sedikit berbeda. Namun seiring dengan perkembangannya, bor tangan dan bor impact ada yang digabungkan menjadi satu. Sehingga penggunanya bisa menggunakan bor tersebut untuk mengebor besi, kayu, dan tembok.

7. Bor Magnet


Bor Magnet

Bor yang dikatakan dengan bor magnet merupakan bor yang memiliki magnet pada bagian bawahnya. Magnet ini bisa diaktifkan maupun dinonaktifkan dengan cara menekan saklar seperti pada lampu. Bor ini biasanya digunakan untuk mengebor dinding besi sehingga magnet pada bor tersebut akan berguna karena menempel pada bidang besi yang vertikal. Ukuran untuk bor magnet mulai dari 23 mm, 25 mm, 28 mm, 32 mm, 35 mm dan ukuran yang paling besar hingga 60 mm.

8. Bor SDS +
Bor SDS +
Bor yang satu ini hampir sama dengan bor impact. Hanya saja bor ini memiliki mode yang bisa diubah-ubah, diantaranya adalah mode putaran yang bisa diatur, dan bor tersebut bisa bergetar seperti bor impact. Biasanya terdapat 2 mode, namun ada beberapa tipe dari beberapa merek yang memiliki 3 mode. 1 Mode tambahannya yaitu untuk bobok atau bergetar saja yang digunakan untuk menghancurkan tembok atau concrete. Pada jenis bor ini, mata bor yang digunakan tidak perlu pengunci. Tinggal dicolok saja ke mata bor. Tentu saja untuk mata bor yang digunakan merupakan mata bor khusus SDS, bukan mata bor biasa.

 9. Bor SDS Max
Bor SDS Max

Bor ini hampir sama dengan bor SDS +, hanya ukuran bor dan mata bor yang lebih besar dibandingkan dengan bor SDS +. Bor ini juga bisa anda gunakan untuk bobok, sama seperti bor SDS +.

10. Bor Engine


Bor Engine

Bor yang satu ini tidak seperti biasanya. ika pada umumnya bor memakai tegangan listrik, maka bor ini menggunakan mesin atau engine yang memakai bahan bakar untuk menjadi motor penggeraknya. Bor ini hampir mirip seperti Chain Saw  yang memiliki mata bor dan kepala bor.

Demikian penjelasan saya tentang Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenis Mesin Bor (Drilling Machine), Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kepada anda. Jika ada saran atau pertanyaan bisa langsug comment pada kolom dibawah ya. Salam Mengebor!!.

***
Tag : Mechanical
2 Komentar untuk "Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenis Mesin Bor (Drilling Machine)"

Zihat pegiyarto
Terima kasih atas postingan nya
Mohon di kunjungi ppns.ac.id
Pegikjalanjalan.wordpress.com

Gilak sih, lengkap banget penjelasannya

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top