Mengenal Bahan Kunci Mekanik (Tools)

Mengenal Bahan Kunci Mekanik (Tools)

Mengenal Bahan Kunci Mekanik (Tools) - Tools atau biasa disebut dengan "kunci mekanik" adalah peralatan teknik yang memudahkan kita untuk melakuakn pekerjaan sehari-hari. Mulai dari mengencangkan baut, menggergaji Kayu, memasang Paku, bahkan hingga pekerjaan lain yang bersifat mekanis.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai Tools yang umum digunakan sehari-hari. Pada produk Tools, sering kali kita jumpai kode-kode selain keterangan spesifikasi yang tertulis pada bagian produk, Kode tersebut merupakan kode material logam yang digunakan sebagai bahan dasar dari produk tools tersebut. Seperti apakah jenis-jenis material (Bahan) yang umum digunakan pada produk tools tersebut? berikut penjelasan lengkapnya.

1. Molybdenum materials (Mo)
Molybdenum materials (Mo)

Bahan yang satu ini mempunyai karakteristik yang berbeda dengan bahan Chrome Vanadium, material ini mempunyai warna utama yaitu abu-abau sedikit ke hitaman. Selain itu kelebihan dari material ini adalah, jauh lebih kuat dibandingkan dengan bahan yang terbuat dari Chrome Vanadium, sehingga banyak diaplikasikan pada bahan produk yang menggunakan gaya Impact / pukulan pada penggunaanya seperti Sock Impact dan kunci roda pada truk.

2. Chrome Vanadium (CrV)
Bahan ini merupakan jenis material yang sering kita temui pada produk Tools di sekitar kita, terutama pada produk-produk yang digunakan untuk kunci mekanikal (Wrench), dan Sock (kunci sok). Penggunaannya yang terbuat dari bahan Chrome Vanadium dikhususkan untuk perkakas yang digunakan pada proses pengencangan.

Chrome Vanadium

Bahan ini memiliki keunggulan dari pernggunaan materialnya, seperti pada segi kekuatan yang dihasilkan serta ketahanan terhadap karat, sehingga material yang satu ini hampir digunakan pada semua produk ToolsChrome Vanadium merupakan kombinasi dari material logam dengan jenis Chorme & Vanadium yang disatukan dengan perbandingan tertentu. Chrome  dapat memberikan tampilan mengkilap pada produk Tools, sementara untuk bahan Vanadium dapat memberikan kekuatan pada bahannya, dan bahan ini terkenal dengan ketahanan terhadap karat.

3. S2 Materials
Bahan yang satu ini biasanya digunakan pada prduk kunci L (Hex Keys) dengan keunggulan yang dimiliki pada material ini adalah adanya elastisitas pada struktur material logamnya, sehingga produk ini memiliki tingkat kekuatan yang cukup serta lentur.
S2 Materials
Bahan S2 Materials merupakan pengembangan dari bahan Chrome Vanadium yang dihilangkan kadar karbon pada bahan tersebut, sehingga mempunyai karakteristik yang bersifat fleksibel, dan lentur. Namun perlu diketahui bahwa sifat tersebut sama sekali tidak mengurangi kekuatan pada Tools  tersebut. Jadi jangan khawatir jika kunci L yang anda gunakan melentur saat digunakan, itu adalah hal yang wajar.

4. Alloy Steel
Bahan ini biasanya disebut dengan besi cor (CastIron) atau bisa dibilang juga sebagai besi tempa, jenis material ini dibuat dari kerak sisa proses pengecoran logam besi yang dileburkan dengan suhu yang cukup tinggi lalu dicetak menyesuaikan pada bentuk produk yan akan dibuat.

Alloy Steel

Keunggulan dari metarial yang satu ini adalah pada ketahanan kekuatannya, dimana produk ini dengan bahan Alloy Steel tidak bisa mengalami kebengkokan, namun bisa patah ketika di gunakan akibat dari tekanan pukulan (Impact) atau beban yang berlebih.

Kesimpulannya, yang perlu dipahami adalah, tidak ada standar perpaduan komposisi dari bahan tersebut dari tiap merek yang ditawarkan. Hal tersebut mengakibatkan kekuatan yang dihasilkan dari setiap brand / merek berbeda-beda. Sama-sama terbuat dari bahan Chrome Vanadium, namun nilai karbon yang ada pada bahan tersebut berbeda-beda. Penjualan Tools yang ada di mall dibandingkan dengan yang ada pada tukang asongan bisa saja sama. Mungkin saja Tools yang dijual di pedagang asongan memiliki kandungan karbon yang lebih tinggi. Jadi semua tergantung dari anda untuk membeli Tools tersebut.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kedepannya, jangan lupa tinggalkan comment jika ada pertanyaan atau sarannya. 

***
Tag : Mechanical
0 Komentar untuk "Mengenal Bahan Kunci Mekanik (Tools)"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top