Mengenal Jenis-Jenis Kunci Perkakas

Mengenal Jenis-Jenis Kunci Perkakas

Mengenal Jenis-Jenis Kunci Perkakas - Kunci perkakas adalah alat yang banyak kita gunakan dalam kegiatan sehari-hari. Penggunaan kunci ini banyak digunakan untuk berbagai hal, seperti untuk mengerjakan keperluan rumah, memasang keran air, memasang pigura pada dinding, hingga untuk pekerjaan yang bersifat teknis. Bisanya  pekerjaan tersebut dilakukan oleh mekanis, atau tekniksi.

Pada kunci perkakas mempunyai jenis-jenis yang beragam sesuai dengan fungsinya dan pengaplikasian dari masing-masing produk. Berikut ini saya akan menjelaskan kepada anda jenis-jenis kunci perkakas yang umum digunakan untuk keperluan teknis. 

1. Screwdrivers
Screwdrivers

Biasanya screwdrivers disebut dengan (obeng) dalam bahasa indonesianya. Pada jenis-jenis prduk ini, bentuk mata obengnya yang umum kita gunakan adalah tipe "Philips" seperti obeng (+), Tipe "Slotted" atau biasa disebut dengan obeng (-) dan Tipe "Torx" yang biasa disebut dengan obeng bintang (*), dengan ukuran yang beragam.

Screwdrivers

Seiring dengan perkembangannya, diciptakan jenis obeng lainnya yang disebut dengan "Impact screwdrivers", atau biasa disebut dengan "obeng ketok". Penggunaan jenis obeng ini, hanya untuk instalasi baut dengan kekencangan ekstra.

2. Socks
Pada kunci sock adalah perkakas yang juga paling banyak digunakan pada instalasi mur dan baut. Untuk proses pemasangan yang terkecil, sehingga tidak membuat mur dan baut mengalami kerusakan dan terhindar dari resiko kecelakaan kerja yang diakibatkan instalasi mur-baut.

Socks

Penggunaan dari kunci sock, bertujuan untuk menghasilkan kekencangan instalasi baut-mur yang lebih maksimal. Selain itu, keuntungan yang di peroleh dari penggunaan produk tersebut adalah resiko yang di dapat. Jenis-jenis standar pada produk kunci sock yaitu 6 titik dan 12 titik dengan satuan ukuran Inchi  dan Milimeter pada pilihan spesifikasi yang ditawarkan.

3. Pliers
Pliers merupakan fungsi dari produk tang / Pliers secara umum digunakan untuk menjeput benda kerja. Untuk pengembangannya, jenis-jenis tang diciptakan dengan berbagai model, contohnya tang buaya, tang potong, tang lancip. tang snapring dan masih banyak lagi jenis tang yang lainnya.
Pliers

Tujuan dari pengembangan tersebut untuk menciptakan fungsi baru dengan tujuan untuk memudahkan dalam penggunaannya, dengan menyesuaikan kebutuhan pada tang. Semisal penggunaan jenis tang buaya, yang berfungsi untuk menjepit secara kuat dengan semi permanen pada benda kerja, dan tang snapring yang berfungsi untuk instalasi snapring.

4. Hammers
Hammers

Hammers, atau biasa disebut dengan palu adalah perkakas tangan yang digunakan untuk kebutuhan berbagai pekerjaan yang membutuhkan gaya pukul pada benda kerja. Penggunaan Hammers diciptakan dengan berbgai jenis, semuanya tergantung dengan fungsi penggunaan dari perkakas tersebut.

5. Wrench
Wrench termasuk ke dalam golongan kunci perkakas. Produk ini merupakan alat yang paling sering kita gunakan dalam kebutuhan pekerjaan teknis, seperti instalasi baut-mur. Pada produk ini terdapat jenis-jenis secara umum yang biasa kita gunakan seperti kunci pas (open end wrench). Kunci ring (Box end wrench), dan kunci ring pas (Combination Wrench).

Wrench

Perbedaan dari ke 3 jenis kunci tersebut yaitu pada kegunaan dalam instalasi baut-mur, jenis-jenis tersebut yaitu :

  • Kunci Ring digunakan untuk instalasi baut-mur yang membutuhkan kekencangan maksimal.
  • Kunci ring pas adalah kombinasi dari kedua jenis kunci, yaitu kunci ring dan kunci pas. Fungsinya yaitu digunakanuntuk instalasi total dari baut-mur.
  • Kunci Pas adalah kunci yang digunakan untuk pemasanga baut-mur yang tidak terlalu membutuhkan tingkat kekencangan yang besar dalam penggunaanya. Kelebihan dari penggunaan kunci ini terdapat pada kecepatan dalam instalasi baut-mur.
Cukup sekian pembahasan kali ini tentang Mengenal Jenis-Jenis Kunci Perkakas, Jika ada pertanyaan atau saran bisa langsung comment pada kolom dibawah ya, Salam Anak Teknik! 

***
Tag : Mechanical
0 Komentar untuk "Mengenal Jenis-Jenis Kunci Perkakas"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top