Jenis-Jenis dan Fungsi dari Perkakas Tangan

Jenis-Jenis dan Fungsi dari Perkakas Tangan

Jenis-Jenis dan Fungsi dari Perkakas Tangan - Perkakas tangan merupakan alat yang sangat membantu pekerjaan kita ketika kita sedang melakukan kerjaan mekanik, seperti mengikir, memukul paku, memotong benda kerja, menggores benda kerja dan masih banyak yang lainnya. Sekarang perkakas tangan sudah banyak di jual di toko perkakas. Untuk membantu dalam melakukan pekerjaan mekanik, biasanya perkakas yang digunakan cukup beragam, Untuk perkakas tangan sendiri harus menggunakannya secara manual dengan memanfaatkan kekuatan tangan atau tenaga manusia tanpa adanya bantuan tenaga mesin. Menggunakan berbagai macam perkakas tangan tidak terlalu berbahaya, jika dibandingkan dengan penggunaan perkakas elektrik (Hand Power Tool).



Untuk mengetahui masing-masing dari perkakas tangan beserta fungsinya, pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai jenis-jenis perkakas tangan yang sering digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Berikut ini jenis-jenis perkakas tangan beserta fungsinya :

1. Kikir


Hand Tool

Kikir merupakan sebuah alat perkakas tangan yang berfungsi untuk menghaluskan permukaan benda, mengikis dan meratakan benda kerja. Kikir memiliki banyak jenis dengan  bentuk, serta kegunaannya pun berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya mengenai jenis-jenis kikir yaitu :
  • Kikir Gepeng / kikir plat (Plat)
    Kikir ini memiliki fungsi untuk meratakan bidang benda kerja, dan membuat bidang benda kerja sejajar tegak lurus.
  • Kikir Persegi Empat (Square)
    Kikir jenis ini berguna untuk membuat bidang rata agar terlihat siku, antara bidang yang satu denga bidang yang lain.
  • Kikir Segitiga (Triangle)
    Kikir ini berfungsi untuk meratakan serta menghaluskan bidang yang berbentuk sudut 60 derajat, atau lebih besar (kikir ini sering di gunakan untuk mengikir mata gergaji).
  • Kikir Pisau (Knife)
    Kikir ini berfungsi untuk menghaluskan suatu sudut 60 derajat, atau lebih kecil.
  • Kikir Setengah Bulat (Half Round)
    Kikir jenis ini berfungsi untuk menghaluskan atau meratakan suatu bidang yang cekung
  • Kikir Bulat (Round)
    Kikir ini digunakan untuk menghaluskan serta menambah diameter suatu lubang bulat.
Dari keterangan di atas merupakan jenis-jenis dari kikir berdasarkan bentuknya. Ada juga kikir yang dibagi berdasarkan tingkat kekasarannya. Pada kikir terdapat 3 tingkatan kekasaran yang digunakan. Untuk tingkat kekasaran yang Hard biasanya digunakan untuk memakan / mengikis benda kerja secara banyak. Untuk tingkat Medium digunakan untuk mengikis benda kerja yang mulai memperhitungkat tingkat presisinya, dan yang terakhir yaitu tingkat paling halus, digunakan untuk proses finishing paad benda kerja.

2. Pahat Tangan


Pahat Tangan

Pahat merupakan perkakas tangan yang digunakan untuk menyayat sekaligus memahat benda dalam keadaan dingin (Padar). Pahat tangan terdiri dari beberapa jenis menurut bentuknya dan kegunaanya. Ada pahat plat yang berfungsi untuk mengikis bidang cembung, memotong baut, meratakan bidang. Lalu, ada pahat yang digunakan untuk membuat alur atau silang yang berfungsi untuk membuat alur minyak, dan alur sempit. Ada juga pahat Dam yang berfungsi untuk memperbaiki pengeboran, membuat alur dan lain sebagainya.

3. Palu (Hammer)
Palu merupakan perkakas tangan yang digunakan untuk memukul benda keras, yang terbuat dari baja dengan kedua ujungnya yang dikeraskan. Terdapat banyak jenis palu yang digunakan untuk keperluan sehari-hari. Seperti palu pencabut paku, palu pemecah batu, palu berkapak, Palu muka simetris, palu karet yang digunakan untuk memukul plat, dan masih banyak jenis palu lain yang mempunyai fungsi berbeda-beda.

4. Obeng


Obeng_siddix

Obeng merupakan perkakas tangan (Hand Tool) yang digunakan utuk mengencangkan sebuah skrup, berdasarkan penggunaanya, obeng ini digunakan sesuai dengan nomernya, ada obeng nomer 1,2,3 dan masih banyak lagi yang lainnya. Kemudian dari segi bentuknya ada obeng yang berkepala Plus (+), kemudian ada yang berkepala minus (-)  dan ada yang berkepala bintang(*).

5. Gergaji Tangan


Gergaji Tangan

Gergaji ini berfungsi untuk memotong sebuah benda. Pada setiap sisi gergaji, terdapat gigi pemotong yang bergerigi dan dikeraskan. Daun gergaji tangan juga terbuat dari baja perkakas sekaligus baja Tungsten. Ada banyak jenis-jenis dari gergaji tangan, yaitu :
  • Handsaw
  • Coping saw
  • Crosscut saw
  • Hacksaw
  • Backsaw
6. Tang


Tang

Tang merupakan salah satu perkakas tangan yang berfungsi untuk menjepit benda kerja dan bahkan ada yang digunakan untuk memotong kawat. Biasanya tang rata-rata digunakan untuk memotong kawat jika digunakan di lingkungan tumah. Selain itu ada banyak jenis-jenis tang yang bisa anda gunakan. Yaitu:
  • Tang Kombinasi
  • Tang pengupas
  • Tang Pemotong
  • Tang Cucut
  • Tang Kakatua
  • Tang Baya
  • Tang Mutifungsi
  • Tang Sudut
  • Tang Rivet
  • Tang Slip Joint
7. Jangka (Compass)
Ada banyak jenis-jenis jangka yang biasa digunakan untuk perkakas tangan. Masing-masing jangka memiliki fungsinya masing-masing, diantara lain yaitu :

~ Jangka Tusuk


Jangka Tusuk

Jangka ini memiliki sepasanag kaki berujung lancip. Bila dalam keadaan tertutup ke dua unjung kaki pada jangka tersebut berimpit dan sama panjang. Jangka tusuk biasa digunakan untuk menggambar lingkaran pada benda kerja dan untuk memindahkan jarak dari alat ukur ke benda yanglain.

~ Jangka Bengkok
Jangka jenis ini berbentuk melengkung dengan radius yang sama. Jangka bengkok biasanya digunakan untuk mengukur diameter luar atau mengukur luar suatu benda. Alat ini terdiri dari sepasang kaki bengkok, per penekan dan sebuah mur baut sebagai pengaturnya.

Jangka Bengkok

Jangka ini sering digunakan karena mudah dalam penggunaanya (Cara Mengukurnya). Hal tersebut harus dikonvensikan dengan alat ukur mistar, meteran atau siku-siku.

~ Jangka Kaki (Inside Calipers)


Jangka Kaki

Jangka jenis ini berfungsi untuk mengukur diameter dalam atau lebar suatu celah. Kaki pada jangka ini berbentuk lurus dengan ujung menonjol ke luar. Hasil pengukurannya harus dikonversikan dengan alat ukur mistar, meteran atau siku-siku.

8. Cap (Stamp)
Cap atau stamp biasa terbuat dari baja paduan yang tidak dikeraskan, karena sifatnya harus ulet (Tought) dan cukup keras bisa mengalahkan benda yang akan distempel. stempel adalah alat yang digunakan untuk mencetak angka-angka atauhuruf pada benda kerja.

Stamp Cap

Stempel digunakan untuk menandai / memberi identitas suatu produk yang terbuat dari logam. Stempel ini juga dapat digunakan sebagai tanda kepemilikan dari masing-masing benda kerja yang dibuat. Untuk lingkungan industri, biasanya benda kerja ini digunakan untuk nomer-nomer rangka atau tangggal pembuatan produk.

9. Penyiku


Penyiku

Biasanya penyiku digunakan untuk menyiku benda kerja. Siku-siku geser biasanya digunakan untuk mengetahui kesikuan atau pembanding kesikuan sudut yang tidak membentuk 90 derajat, sedangkan siku-siku dipergunakan untuk mengetahui sudut yang dibentuk adalah tepat 90 derajat.

10. Ragum


Ragum
Ragum merupakan alat yang biasa digunakan untuk menjepit benda kerja. Untuk membuka ragum caranya yaitu putar tangkai/tuas pemutar ke arah kiri ( Berlawanan Jarum Jam ), maka batang yang berputar akan menarik landasan tidak tetap pada rahang tersebut. Sedangkan untuk mengencangkan ragum, kalian bisa memutarnya kembali searah jarum jam, maka rahang tidak tetap pada ragum akan mendorong benda kerja. Pada ragum terbagi menjadi 3 jenis secara umum, yaitu :
  • Ragum Biasa. Ragum ini digunakan untuk menjepit benda kerja yang berbentuk sederhana dan biasanya hanya dipakai untuk mengefrais bidang datar
  • Ragum Putar. Digunakan untuk menjepit benda kerja yang harus membentuk sudut terhadap spindle. Bentuk ragum ini sama dengan ragum biasa, namun pada bagian bawahnya terdapat alas yang dapat diputar 360 derajat.
  • Ragum Universal. Merupakan jenis ragum yang mempunyai dua sumbu perputaran, sehingga dapat diatur letaknya secara datar dan tegak.
Mungkin cukup sekian pembahasan tentang Jenis-Jenis dan Fungsi dari Perkakas Tangan Jika ada pertanyaan atau saran bisa langsung comment pada kolom dibawah ya!, Salam anak teknik!.

***
Tag : Mechanical
6 Komentar untuk "Jenis-Jenis dan Fungsi dari Perkakas Tangan"

Beragam jenis dan fungsi alat perkakas ini sangat bermanfaat untuk dunia teknik,sehingga dapat memperluas pengetahuan mekanik dan mempermudah cara kerja mekanik

Aditya Bintang Mulya XI TMK1/01

Nama Ega Erdiano Saputro
Kelas Xl TMK 2
No 10

Trimakasi Info nya 🙏

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top