Jenis-Jenis Kikir dan Fungsinya (Files Hand Tool)

Jenis-Jenis Kikir dan Fungsinya (Files Hand Tool)

Jenis-Jenis Kikir dan Fungsinya (Files Hand Tool) - Kikir adalah perkakas tangan yang digunakan untuk mengikis benda kerja. Kegunaan kikir pada pekerjaan penyayatan biasanya digunakan untuk meratakan dan menghaluskan suatu bidang, membuat rata dan membuat siku antara bidang satu dengan bidang yang lainnya, Membuat bidang-bidang yang berbentuk dan meratakan setiap sisi supaya sejajar. Sebenarnya kegunaan kikir cukup banyak, namun contoh yang tadi saya jelaskan biasanya umum digunakan pada proses pengikiran.

Berikut ini adalah bentuk kikir yang dibuat bermacam-macam sesuai dengan fungsi dan kebutuhan masing-masing. Berikut ini bentuk kikir dan fungsinya :

1. Kikir Gepeng ( Kikir Plat )

Kikir Gepeng

Kikir jenis ini memiliki bentuk kotak dan pipih, biasanya digunakan untuk meratakan permukaan pada benda kerja, supaya bidang datar pada benda kerja sejajar tegak lurus.

2. Kikir Persegi empat ( Files Square)

Kikir Persegi empat

Kikir ini mempunyai bentuk segi empat yang digunakan untuk membuat rata dan menyiku antara bidang satu dengan bidang yang lainnya, supaya permukaan benda kerja bisa dibuat berbentuk siku.

3. Kikir Segi Tiga ( Files Triangle )

Kikir Segi Tiga

Bentuk dari kikir jenis ini yaitu segi tiga, kemudian pada ujungnya bentuk segi tiganya mengecil. Fungsinya yaitu untuk meratakan dan menghaluskan bidang yang berbentuk sudut 60 derajat atau lebih besar.

4. Kikir Pisau ( Files Knife )

Kikir Pisau

Pada kikir jenis ini mempunyai bentuk seperti pisau, seperti namanya "kikir pisau". Pada satu sisinya memiliki ketebalan yang pipih, sedangkan sisi lainnya memiliki ketebalan yang sedikit tebal. Kikir pisau biasa digunakan untuk menghaluskan suatu sudut 60 derajat, atau lebih kecil.

5. Kikir Setengah Bulat ( Half Round )

Kikir Setengah Bulat

Kikir jenis ini memiliki bentuk setengah lingkaran, dan biasa digunakan untuk menghaluskan suatu benda kerja atau meratakan suatu bidang yang memiliki cekungan.

6. Kikir Bulat ( Round )

Kikir Bulat

Kiki bulat memiliki bentuk bulat yang digunakan untuk menghaluskan permukaan dan membuat bentuk diameter suatu lubang yang bulat.

7. Kikir Silang ( Croosing )

Kikir Silang

Kikir silang digunakan untuk menghaluskan bidang yang cekung dan membuat bidang cekung.

Selain itu kikir juka mempunyai jenis yang digolongkan berdasarkan dengan tingkat kekasaran pada kikir. jenis-jenis tersebut dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :

  • Gigi Kasar atau yang biasa disebut dengan Bastard, digunakan untuk pengerjaan tahap awal.
  • Gigi Sedang atau biasa disebut dengan Second Cuts adalah jenis kikir yang tingkat kekasarannyadigunakan untuk Finishing atau menghaluskan bidang benda kerja.
  • Gigi Halus ( Smooth Cuts ) dipakai untuk Finishing tahap akhir yang digunakan untuk menghaluskan benda kerja ke tingkat yang lebih halus.
***
Tag : Mechanical
2 Komentar untuk "Jenis-Jenis Kikir dan Fungsinya (Files Hand Tool)"

Zihat pegiyarto
Terima kasih atas postingan nya
Mohon di kunjungi ppns.ac.id
Pegikjalanjalan.wordpress.com

semoga pembaca lebih paham lagi perbedaan kegunaan kikir, jeni-jenis dari kikir dan fungsi dari masing masing kikir

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top