Jenis-Jenis Sambungan

Jenis-Jeni Sambungan

Jenis-Jenis Sambungan - Seperti yang kita ketahui, konstruksi-konstruksi pada bagian mesin atau bagian konstruksi lainnya, yang bertujuan untuk menghubungkan antara bagian satu dengan bagian yang lainnya, Maka digunakanlah sambungan untuk menyambung masing-masing bagian,

Sambungan tersebut merupakan hasil penyatuan atau menggabungkan dari beberapa bagian dari konstruksi dengan menggunakan suatu cara tertentu untuk mendapatkan sambungan yang kokoh. Sambungan yang digunakan untuk menyatukan masing-masing bagian dari sebuah konstruksi tadi dapat digunakan dua cara, yaitu menggunakan teknik sambungan tetap dan sambungan tidak tetap. Mau tau apa perbedaan dari ke dua jenis sambungan tersebut?. Yuk! simak artikel berikut ini.

1. Sambungan Tetap
Sambungan jenis ini merupakan sambungan yang digunakan untuk menghubungkan bagian dari sebuah konstruksi secara permanen atau bisa dibilang secara tetap. Sambungan tatap jika ingin dilepas harus menggunakan cara merusak sambungan tersebut. Sambungan tetap pada konstruksi bangunan contoh pengaplikasiannya yaitu sambungan keling dan sambungan las. Karena ke dua sambungan tersebut merupakan golongan sambungan tetap / permanen. 

Sambungan Las
Sambungan Las

Sambungan Keling
Sambungan Keling

2. Sambungan Tidak Tetap
Sambungan tidak tetap merupakan jenis sambungan atau penyambung yang digunakan untuk menghubungkan bagian dari sebuah konstruksi secara tidak permanan (tidak tetap). Sambungan ini dapat di lepas sewaktu-waktu jika ingin melepasnya tanpa harus merusak sambungan tersebut. Pengaplikasian dari sambungan ini yaitu pada sambungan baut. Untuk melepas sambungan tersebut, anda cukup membongkar baut tersebut.


Mungkin cukup sekian pembahasan mengenai jenis-jenis sambungan pada konstruksi bangunan maupun konstruksi mesin. Jika ada pertanyaan atau saran bisa langsung comment pada kolom di bawah ya!. Salam Anak Teknik!!.

***

Tag : Mechanical
0 Komentar untuk "Jenis-Jenis Sambungan "

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top