Jenis-Jenis dan Fungsi Gergaji Tangan

Jenis-Jenis dan Fungsi Gergaji Tangan

Jenis-Jenis dan Fungsi Gergaji Tangan - Gergaji tangan merupakan salah satu perkakas tangan yang wajib dimiliki dirumah. Terkadang ketika memperharikan tukang bangunan bekerja menggunakan beberapa gergaji tangan dengan bentuk dan jenis yang berbeda-beda. Tiap gergaji mempunyai kegunannya yang berbeda-beda selain untuk memotong. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai jenis-jenis gergaji tangan beserta fungsi dari masing-masing jenis gergaji tersebut. Langsung saja kita bahas artikel berikut ini.



1. Hadsaw / Ripsaw (Gergaji Kayu)


Hadsaw / Ripsaw (Gergaji Kayu)

Jenis gergaji yang satu ini merupakan gergaji kayu yang sering kita lihat dilingkungan sekitar kita. fungsi dari gergaji ini adalah untuk memotong dan membelah kayu dengan jalur urat searah. Pada mata gergaji kayu tidak bisa diganti, Namun bisa diasah menggunakan kikir segitiga. Untuk harganya relatif murah, mulai dari Rp 25.000. Selain untuk memotong kayu, gergaji ini juga bisa digunakan untuk memotong bambu, pipa atau triplek. Namun, untuk hasil pemotongannya akan lebih kasar.

2. Coping Saw (Gergaji Ukir)


Coping Saw (Gergaji Ukir)

Gergaji yang satu ini merupakan gergaji ukir yang berfungsi untuk memotong pola atau bentuk pada triplek atau bisa juga digunakan pada papan kayu. Bentuk gergaji ini menyerupai hurup "U". Fungsi dari bentuk tersebut untuk mempermudah dalam proses pemotongan pola lengkungan. Mata gergaji ini bisa dibilang kecil, Tipis namun sangat tajam. Jika di beri tekanan yang berlebih dapat mengekibatkan mata gergaji patah. Untuk harga dari gergaji ini rlatif murah. Mulai dari Rp. 50.000 untuk satu set.

3. Hacksaw (Gergaji Besi)


Hacksaw (Gergaji Besi)

Gergaji ini merupakan gergaji khusus yang digunakan untuk memotong benda kerja yang berbahan logam, pipa PVC dan pipa besi. Dengan bentuk yang mirip seperti Coping Saw, namun mata pada gergaji ini cukup besar dan halus serta jarak antar mata gergaji ketika memotong sangat rapat. Sama seperti Coping Saw, mata gergaji ini dapat diganti apabila sudah tumpul.

4. Backsaw (Gergaji Punggung / Gergaji Sudut)



Backsaw

Backsaw merupakan gergaji yang mempunyai plat besi pada bagian punggungnya. Bagian tersebut berfungsi untuk menahan gergaji agar tetap lurus pada saat proses pemotongan. Cocok untuk dipakai membuat potongan diagonal, seperti bingkai dan sambungan lemari.


5. Gergaji Jepang



Gergaji Jepang

Gergaji ini ini memiliki ketajaman yang sangat baik dibandingkan dengan gergaji tangan yang lain. Untuk ukuran pada gergaji ini lebih tipis, namun kuat dan tidak goyang pada saat digunakan. Untuk harga yang ditawarkan pada gergaji ini yaitu berkisar Rp. 600.000. Cukup mahal untuk kisaran harga tersebut.


6. Crosscut Saw



 Crosscut Saw

Gergaji ini berfungsi untuk memotong kayu / pohon secara melintang. Pada gergaji ini memiliki mata gigi penyeimbang yang lebih kecil ukurannya. Ukuran dari gergaji ini ada yang kecil dan ada yang besar. Jenis yang besar dipakai untuk menebang pohon. Untuk harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga gergaji biasa.


7. Hand Powered Pocket Chainsaw


Gergaji Pocket Chainsaw atau gergaji rantai memiliki mata gergaji berupa rantai panjang yang memiliki gigi dan memiliki dua pegangan.  Gergaji jenis Chainsaw bisa juga dilipat dan dimasukkan ke dalam saku. Gergaji yang cocok sekali bagi para penjelajah hutan.

8. Wallboard saw



Merupakan jenis gergaji yang mirip dengan bentuk keyhole saw, namun  mempunyai ukuran bilah yang lebih pendek dan juga lebar. mempunyai jumlah gigi yang lebih sedikit per inch. Dirancang khusus supaya bisa menembus tembok atau untuk mengawali pekerjaan sebelum emulai gergaji.

9. Pruning saw


Gergaji jenis ini mempunyai bilah pemotong dengan bentuk melengkung. Sehingga pegangannya (Hand Grip) dirancang seperti pegangan pada pistol (pistol grip). Bilah potongnya mempunyai bentuk lebar dan memiliki gigi dengan dua arah pemotongan untuk pemotongan yang lebih cepat.

10. Veneer saw
Gergaji jenis ini dirancang khusus mempunyai  dua buah mata potong yang memiliki 13 gigi per inch. Biasanya diaplikasikann untuk pekerjaan yang presisi sehingga memiliki bilah potong yang pendek.

11. Keyhole Saw



Gergaji jenis ini mempunyai bentuk seperti kunci. Memiliki gagang (Gripper) yang bundar dan bilah tunggal yang meruncing dari pangkal ke ujung. Gergaji ini sangat berguna jika digunakan dalam pengerjaan dry wall. Terutama untuk mengganti bagian yang berukuran kecil, cukup bermanfaat.



***
Tag : Mechanical
3 Komentar untuk "Jenis-Jenis dan Fungsi Gergaji Tangan"

Makasih gan informasinya, baru tau saya ada banyak jenis gergaji tangan.. dan masing masing gergajji memiliki fungsinya masing-masing..

Gan minta reviews gergaji mesin dong

saya salut, cukup lengkap pembahasannya

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top