Pengertian,Jenis dan Fungsi Mikrokontroller


A. Pengertian Mikrokontroler
Mikrokontroler, Mikro artinya ukuran yang kecil sedangkan kontroller adalah pengendali, Jadi Mokrokontroller adalah sebuah chip yang diciptakan untuk pengontrol rangkaian elektronika dan umumnya biasanya digunakan untuk menyimpan program didalamnya. Miktokontroller  juga bisa menyimpan program yang terdiri dari  memori, I/O tertentu dan CPU (Central Processing Unit) dan unit pendukung seperti analog-to-digital Conventer atau biasa disebut dengan (ADC).  Selain itu terdapat kelebihan yang terdapat pada Miktokontroller, yaitu tersedianya RAM dan peralatan pendukung seperti I/O yang membuat ukuran broard Mikrokontroller menjadi ringan dan kecil.

Kalo menurut saya sendiri Mikrokonroller adalah sebuah komponen lektronik berbentuk IC yang diberi program untuk menjalankan program yang telah dimasukan ke dalam IC.

Di bawah ini merupakan contoh antara Mikrokontroler Pabrikan dengan rakitan sendiri.

Arduino (mikrokontroler Pabrikan)
Mikrokontroler rakitan sendiri
B. Fungsi Mikrokontroler
~ Sebagai sebuah Kontroller (pengendalil), Maksudnya yaitu sebagai pengontrol dalam sebuah rangkaian.
~ Sebagai alat untuk menciptakan sebuah Flip-Flop. Dalam mikrokontroller kita bisa membuat sebuah sistem Flip-Flop
~ Menciptakan Timer. Kita dapat membuat sistem Waktu dalam mikrokontroller, dengan memebuat sebuah program timer
~ Untuk perangkat ADC. ADC digunakan untuk mengubah sistem analog menjadi konventor / perubahan
~ Terciptanya sebuah sistem Counter. Mungkin kalian mengerti arti dari counter itu sendiri
~ Untuk menciptakan sebuah alat yang dapat mempermudah pekerjaan manusia.  Contohnya yaitu dapat membuat Timer, Sistem kontrol pada remot (Remot AC, Remot TV)
~ Sebagai otaknya Robot. Dengan adanya Mikrokontroler kita dapat membuat sebuah robot, seperti robot line follwer, soccer dan sebagainya.

C. Jenis - Jenis Mikrokontroller
Pada Miktokontroler terdapat spesifikasi / jenis yang berbeda. antara lain :

1. AVR Merupakan komponen yang sering sekali digunakan untuk sebuah modul, projek dan pembelajaran. Termasuk saya sendiri sering menggunakan chip ini.

2. MCS51 Meupakan komponen yang mudah dicari dan didapat. selain itu chip ini dijual dengan harga yang murah. Jadi bagi para pemula yang ingin membuat robot, bisa menggunakan komponen Chip ini.


3. PIC. Sejenis AVR, namun komponen ini lebih kecil.
4. ARM 

D. Pengaplikasian Mikrokontroler dalam aktifitas sehari - hari
  • Dalam bidang seni, mungkin kita bisa mengaplikasikan mikrokontroller untuk membuat sebuah Running Text, Lampu Flip Flop dan kontol pada lampu taman
  • Dalam dunia industry. kita bisa menggunakan sensor suhu atau temperatur untuk mesin konveyor, bisa juga untuk mengecek wiring pada PCB yang baru jadi dan masih banyak lagi.
  • Dalam bidang rumah tangga, kita bisa menciptakan jam Digital untuk Timer On dan Timer Off dan masih banyak lagi
***
Tag : Electrical
3 Komentar untuk "Pengertian,Jenis dan Fungsi Mikrokontroller "

Jadi makin paham, saya kira Microkontroller itu udah satu set sama PCB and komponen lainnya, rupanya cuman IC nya doang.. heheheh

Terimakasih sudah berkunjung gan!

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top