Definisi,Fungsi dan Jenis-Jenis Robot

Definisi,Fungsi dan Jenis-Jenis Robot


A. Definisi Robot
"ROBOT", mungkin dari pembaca sekalian tidak asing dengan kata Robot.Yap! Robot. merupakan alat yang tidak bisa dilepas dalam kehidupan kita sehari-hari, dengan adanya Robot, pekerjaan yang awalnya berat menjadi ringan, dengan adanya robot pekerjaan manuasia bisa dikerjakan oleh robot. Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak bisa lepas dari hal itu. Banyak sekali robot didunia ini, namun kali ini kita akan membahas definisi dari robot itu sendiri. Beberapa ahli robotika memberikan definisi mengenai robot, antara lain :

1. Robot adalah sebuah alat manipulator yang bisa di program untuk memindahkan material, atau peralatan tertentu dengan berbagai program pergerakan yang sudah dibuat untuk berbagai tugas dan pengendalian serta mensinkronkan (Menghubungkan) peralatan dengan pekerjaannya, oleh "Robot Institute of America".

2. Robot merupakan sebuah sistem mekanik yang mempunyai fungsi sebagai penggerak analog untuk fungsi gerak organisme hidup atau kombinasi dari banyak fungsi gerak oleh "official Japanese".

B. Jenis-Jenis Robot
Banyak sekali jenis-jenis pada Robot, ada yang beroda, ada yang berkaki dan masih banyka lagi yang lain. Tanpa basa basi langsung kita bahas dibawah ini.

  1. Robot Beroda (Mobile Robot)
    Robot beroda merupakan robot yang menggunakan Roda sebagai penggeraknya, ada banyak tipe dari robot beroda. Ada yang beroda 1,2,4 bahkan ada yang beroda 8. Sebenarnya robot beroda adalah basic dari jenis-jenis robot yang ada. Cara pembuatan robot beroda pun tidak terlalu rumit, dengan adanya sebuah micro controller,driver motor, 2 roda, battrei, Motor DC, bluetooth dan kerangka robot dapat kita buat menjadi sebuah robot sederhana, seperti Robot Soccer. Robot ini banyak disukai dikalangan pemula, karena proses pengerjaan yang tidak begitu sulit, biaya pembuatannya pun cukup terjangkau. untuk lebih jelas mengenai robot beroda bisa dilihat gambar dibawah ini.
    Robot Beroda

  2. Robot Berkaki
    Robot berkaki merupakan jenis robot yang menggunakan kaki mekanik yang sudah didesain untuk menopang robot. dalam robot berkaki memiliki tipe kaki yang berbeda-beda, ada yang panjang ataupun pendek. Bahkan jumlah kaki yang terdapat pada robot berkaki bisa mencapi 4,8 sampai 12 kaki. untuk pembuatan robot berkaki cukup rumit bagi para pemula, karena susunan mekanik yang harus diperhitungkan dan harga servo yang begitu mahal membuat peminat robot berkaki berkurang. Robot berkaki biasa berbentuk seperti sebuah serangga. Biasanya di apllikasikan dengan bentuk laba-laba, belalang dan lain sebagainya.
    Robot Berkaki

  3. Flying Robot
    Flaying robot, atau biasa disebut dengan robot terbang, Yap! robot ini merupakan robot yang di desain untuk terbang layaknya helikopter, sekarang sebutan Flying Robot biasanya disebut "Drone", robot ini digunakan untuk memantau kondisi dari bawah. Dilengkapi dengan camera untuk melihat keadaan di bawah.
    Flying Robot

  4. Under Water Robot
    Robot bawah laut. Robot ini merupakan robot yang dapat menyelam di bawah laut, dilengkapi dengan kamera yang digunakan untuk memantau kondisi dibawah laut.

    Robot penyelam
    Under Water Robot

  5. Humanoid
    Pasti diantara pembaca sekalian sudah pernah mendengar "Humanoid", yap!, Humanoid merupakan sebuah robot yang bentuknya persis seperti manusia, lengkap dengan kepala, tangan, kaki dan anggota tubuh. Humanoid saat ini terus dikembangkan oleh pakar robotika untuk membuat sebuah mekanik yang dapat bekerja layaknya manusia. Di bwah ini merupakan contoh robot Humanoid, yaitu "ASIMO"

C. Fungsi Robot
Robot memiliki fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan tujuan pembuatan robot itu sendiri. Namun secara umum, robot memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk mempermudah pekerjaan manusia. Untuk menambah wawasan kita mengenai fungsi robot, berikut ini merupakan beberapa hal yang dapat dilakukan oleh robot secara umum.
  • Dalam dunia industri, robot dapat meningkatkan produksi, akuras, serta daya tahan pada suatu perusahaan
  • Untuk membantu / menggnti manusia melaksanakan tugas-tugas yang berbahaya, kotor, dan juga beresiko tinggi.
  • Dalam hal pendidikan, robot banyak digunakan untuk menarik minat belajar siswa mengenai  teknologi
  • Membantu meringankan pekerjaan manusia di rumah, seperti mengepel, menyapu dan sebagainya.
  • Sebagai sebuah media pertunjukan dan hiburan bagi masyarakat, seperti di adakannya pameran ataupun perlombaan.
D. Kelebihan dan Kekurangan ROBOT
  1. Kelebihan dari Robot
    ~ Untuk meningkatkan kestarbilan dan kualitas dari produk yang di produksi
    ~ Waktu penggunaan Robot di dunia industri bisa aktif sampai mendekati 24 jam / hari dari pada manusia.
    ~ Dapat menghemat Sumber Daya
    ~ Dapat mengurangi biaya produksi
    ~ Hematnya material dan juga suku cadang untuk merepair mesin yang rusak
    ~ Solusi dalam menangani masalah kurangnya tenaga yang terampil
  2. Kelebihan dari Robot
    ~ Pada saat membuat sebuah robot, membutuhkan biaya yang lebih besar
    ~ Dapat mengurangi tenaga manusia yang mengakibatkan pengangguran
    ~ Dapat menimbulkan karakter manusia yang malas.

***
Tag : Robotic
0 Komentar untuk "Definisi,Fungsi dan Jenis-Jenis Robot"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top