Pengertian dan Jenis Robot Beroda

Pengertian dan Jenis Robot Beroda

Pengertian dan Jenis Robot Beroda - Masih ingat di artikel sebelumnya mengenai salah satu jenis robot? Yak, benar! kali ini kita akan membahas mengenai Robot yang berpindah menggunakan sistem mekanik yang berbentuk lingkaran (ban), yaitu Robot beroda. Robot beroda adalah robot yang menggurakan roda sebagai penggerak untuk berpindah tempat. Untuk para pemula robot ini merupakan solusi untuk mempelajari dasar-dasar mengenai sistem robotika dan juga untuk yang sekedar hobi saja.
Nah, Di artikel kali ini saya akan membahas mengenai jenis-jenis dari robot beroda, yang di aplikasikan dalam dunia edukasi maupun dunia industri, apa saja kah itu? yuk simak lebih lanjut.

1. Robot Beroda Satu 
Mendengar kata robot beroda 1. Saya sendiri masih belum menjamin mengenai robot yang satu ini. Mungkin di dunia ini ada robot beroda 1 tapi belum jelas informasinya atau belum di publikasikan mengenai robot ini? hehehe... Mungkin untuk kedepannya diharapkan robot beroda 1 sudah diriliskan sebagai golongan robot beroda.

2. Robot Beroda Dua
Nah Robot Beroda 2 merupakan robot yang memiliki roda (ban) 2, hehehe.. mendengar judulnya saja mungkin pembaca sekalian sudah tau robot beroda 2. Robot ini sering disebut dengan robot segway. dimana dalam sistemnya membutuhkan sensor gyro sebagai penstabil pergerakan robot (sebagai keseimbangan). Selain itu sensor gyro sekarang sudah diaplikasikan ke HP canggih atau biasa disebut Smartphone.
3. Robot Beroda Tiga
Robot ini merupakan robot yang paling sering dibuat dikalangan pemula sebagai media edukasi (pembelajan), Robot ini memiliki 2 buah roda sebagai penggerak dan 1 roda sebagai penahannya agar robot tidak rubuh. Nah ada 2 jenis ni pada robot beroda tiga yaitu robot omni dan robot castor. Di antara ke 2 macam robot tersebut, Robot Omni merupakan robot yang paling bagus dalam bergerak karna ke-3 roda tersebut merupakan penggerak utamanya. kalian bisa lihat pada gambar dibawah ini.

Robot Omni

Robot Castor
4. Robot Beroda Empat
Yap!, Robot ini merupakan robot yang sering kali dijumpai, hampir sama dengan robot beroda 3. Robot beroda empat ada 2 jenis, yaitu model castor dan omni, pada model castor terdapat 2 buah penggerak robot yang berada di bagian belakang (umumnya) namun ada juga yang dipakai diposisi depan sebagai penggeraknya, tergantung dengan pembuat robot. nah pada bagian depan robot castor biasanya menggunakan free well sebagai roda depan contohnya menggunakan tutup fresscare, ada yang bawaan dari pabrik dan masih lagi yang lainnya. Sedangkan robot Omni merupakan robot yang paling bagus dalam pergerakan robot beroda, namun biasanya robot ini membutuhkan program yang cukup rumit untuk memprogramnya. Untuk mengetahui lebih lanjut bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Omni Roda 4

Robot Castor roda 4 
5. Robot Beroda Tank
Robot terakhir, Robot ini adalah robot yang menggunakan tali belting tank untuk penggeraknya, ya bisa dibilang tali belt karena bentuknya yang mirip belting. Robot ini dapat melewati medan yang cukup sulit, karena didukung oleh belting itu sendiri. Mungkin robot ini cocok untuk main off road hehehe... Di bawah ini merupakan gambar Robot Tank.
Tank Robot
Mungkin cukup sekian pembahasan mengenai jenis-jenis robot beroda, kalian bisa berkunjung di web kami untuk menambah wawasan mengenai teknologi.

***
Tag : Robotic
0 Komentar untuk "Pengertian dan Jenis Robot Beroda"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top